Hewan Vertebrata

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id akan menyampaikan artikel tentang Hewan Vertebrata – lengkap dengan pengertian dan contoh serta gambar, ciri ciri struktur atau golongannya supaya mudah di pahami.

Hewan Vertebrata itu,,, hal ini adalah salah satu jenis kelompokan dari berbagai hewan yang memiliki ciri yang khas yang dapat mudah berkembang biak dengan petumbuhan nya dapat memberikan telur dan menetas pada habitatnya agar mudah berkembang biak dalam waktu yang singkat dan akan menghasilkan lebih banyak pada habitatnya, lansung saja simak pembahasan artikel kami dibawah ini.

Pengertian Vertebrata

Hewan-Vertebrata

Hewan Vertebrata adalah sekelompokan hewan yang memiliki tulang punggung yang terdapat di belakangnya berasal dari pengembangan yang melalui poros penyangga pada tubuh dengan sistem pendukung tubuh pada tulang belakang.

Hewan Vertebrata juga dapat berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan dari berbagai jenis spesisnya masing-masing, dengan melalui perubahan pada alam di sekitarnya.

Baca Juga: Hewan Ovovivipar

Ciri Ciri Hewan Vertebrata

Dalam perkembangan yang lebih maju dibandingkan dari berbagai jenis hewan yang lainnya maka jenis hewan ini memiliki ciri diantaranya.

  • Memiliki tulang dibagaian belakang nya
  • Memiliki perkembangan dengan baik
  • Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi
  • Mempunyai alat gerak yang aktif
  • Memiliki alat pada pencernaan yang baik
  • dapat melakukan perkembangan sebagai vertebrata yang dilindungi oleh tengkorak
  • Memiliki suhu yang cenderung dapat beradaptasi pada lingkungan
  • Memiliki penciuman yang sangat tajam.
  • Memiliki organ reproduksi yang sangat baik

Baca Juga:  Hewan Ovipar

10 Contoh Hewan Vertebrata

Dari kutipan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh kelompok pada hewan Hewan Vertebrata diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Kadal (reptil)

kadal-lama

Kadal adalah salah satu jenis spesies yang termasuk dalam reptil dan merupakan bagian dari hewan ovovivipar maka kadal sebagai makhluk berdarah dingin yang dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan kondisi disekitar terhadap sikap tubuh terasa enak.

Misalnya, ketika suhu dingin setelah hujan, reptil dapat menghangatkan tubuhnya.

2. Kodok (amfibi)

Kodok atau katak adalah salah satu jenis hwan amfibi yang sangat mudah ditemukan dan memiliki proses metamorfosis yang sangat sempurna kodok juga dibuahi secara eksternal di luar tubuh sehingga dapat melakukan bertelur dan menetas.

Hewan kodok bernafas melalui insang dan kemudian tumbuh menjadi dewasa dengan menarik bagian depan dan belakang organ pernapasan berubah menjadi paru-paru dalam bentuk insang dan memiliki penyebab kodok pada Amphibi.

3. Snakes (reptil)

Snakes

Snakes atau ular adalah salah satu jenis reptil yang tidak memiliki kaki dan hewan ini dapat bernafas dengan kulit dan paru-paru sehingga tingkat ular yang bisa membantu dengan membunuh mangsa.

Snakes atau ular adlah hewan yang muncul di berbagai daerah dengan warna dan ukuran yang berbeda. sehingga dengan mudah untuk melakukan perkembang biakan.

4. Salmon (ikan)

Salmon

Salmon adalah salah satu jenis hewan yang memiliki tulang punggung yang sejenis dengan ikan hiu hal ini akan menjadikan salmon memiliki bentuk tubuh bilateral.

Ikan ini dikenal sebagai ikan yang kaya akan Omega 3, yang sangat baik untuk kesehatan anak-anak dan salmon ditemukan di Atlantik dan Pasifik yang memiliki keunikan saat bertelur di air tawar, sehingga pada saat melakukan perkembang biakan memiliki sistem dari cuaca di sekitarnya.

5. Salamander (Amphibi)

Salamander adalah salah satu jenis hewan yang bisa hidup di alam yang terdapat di air jenis hewan ini juga salamander memiliki proses dengan pengembangan di saluran udara mereka.

Hewan ini dapat melakukan pernafasan melalui insang dalam kondisi ruangan kecil sehingga salamander dapat berkembang biakan dengan cara bertelur.

6. Hiu (ikan)

Hiu adalah salah satu jenis hewan yang termasuk dalam vertebrata dan ikan ini juga berasal dari Superordo Seachimorpha yang dikenal sebagai predator yang memiliki tulang punggung yang membentang dari kepala ke ekor.

Ikan ini dikenal jenis ikan predator atau konsumen teratas dalam rantai makanan dengan gigi taring yang tajam sering ditakuti oleh orang-orang dan kelompok hewan lainnya.

Ikan ini bernafas dengan insang yang terdiri dari lima lubang dan ikan hiu memiliki enam hingga tujuh lubang insang dari lapisan kulit hiu yang dilindungi oleh lapisan kulit yang melindungi dalam mikroorganisme parasit dan berbagai penyakit.

7. Penguin (Aves)

Penguin

Penguin adalah salah satu jenis spesies burung yang tidak bisa terbang karena hal ini memiliki sayap yang dapat berenang yang baik yang bisa bernafas dengan paru-parunya.

8. Parrot (Aves)

Parrot adalah salah satu jenis hewan seperti burung beo yang memiliki sayap dan akan membantunya terbang pada tempat yang tinggi untuk membantu tubuh dapat terbang.

9. Kanguru (mamalia)

Kanguru

Kanguru adalah salah satu jenis hewan mamalia dengan marsupial karena mereka dapat melahirkan bayi yang lebih muda sehingga mereka masih membutuhkan tas untuk tinggal bersama ibunya.

10. Kelelawar (mamalia)

Kelelawar adalah sala satu jenis hewan mamalia yang dapat terbang dengan sayapnya hewan ini memiliki lengan yang berkembang seperti sayap sehingga bisa terbang.

Baca Juga: Perbedaan Sel Hewan dan Sel

Manfaat Hewan Vertebrata

Dari beberapa pembahasan di atas maka kami juga akana menyampaikan beberapa manfaat yang terdapat pada Hewan Vertebrata diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kelas ikan adalah sebagai sumber makanan yang kaya protein, sebagai produksi dengan cara peliharaan.
  • Kelas amfibi, sebagai bahan makanan
  • Di kelas reptil sebagai bahan untuk obat-obatan
  • Kelas Aves dapat digunakan sebagai bahan makanan yang mengandung protein
  • Kelas mamalia sebagai sumber protein untuk produksi

Demikian sobat pembahasan dari kami tentang Hewan Vertebrata, lengkap dengan ciri dan pembahasan nya, serta gambar, semoga apa yang sudah kami samaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Gerak Pada Tumbuhan