Hewan Ovovivipar

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id akan membahas artikel tentang Hewan Ovovivipar – lengkap dengan contoh den pengertiannya, ciri ciri struktur dan golongannya supaya mudah di pahami.

Hewan Ovovivipar itu adalah salah satu jenis jenis dari berbagai hewan yang dapat bertahan dan akan mudah berkembang biak pada petumbuhan dengan cara yang teratur dengan perkembangan nya, unutk lebih lengkap nya lansung saja simak pembahasan artikel kami dibawah ini.

Pengertian Ovovivipar

Hewan Ovovivipar

Ovovivipar adalah salah satu dasar dengan sistem pengembang biakan terhadap hewan dan dapat berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan sehingga hal ini termasuk dalam poros yang terletak pada hewan yang mudah berkembang biak.

Ovovivipar ini juga disebut sebagai hewan yang berkembang dalam telur dan berada di tubuh ibu sampai telur menetas dengan cara individu namun hal ini juga sebagai golongan spesies jenis embrio.

Ciri khas hewan ovovivipar adalah bahwa embrio yang menetas dan tumbuh dalam telur dan dalam keturunan dari tubuh ibu dan akan mendapatkan cadangan makanannya dari telur yang didudukinya.

Ciri Hewan – Hewan Ovovivipar

Hewan Ovovivivpar dengan perkembang biakkan yang menggunakan telur dan memiliki karakteristik sendiri sehingga dapat berkembang dalam kulit telur yang berada di perut ibu.

Berikut adalah ciri-ciri bahwa Ovovivipar.

  • Pembuahan akan terjadi di tubuh ibu
  • Telur akan dibuat setelah proses pembuahan
  • Zigot akan tumbuh pada embrio yang terdapat dalam telur
  • Telur akan langsung menetas

Baca Juga: Ekosistem Darat

8 Contoh Hewan Ovovivipar 

Dari pembahasan singkat di atas, maka kami jga akan memberikan beberapa jenis dan contoh beberapa hewan Ovovivipar diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kuda Laut

Kuda-Laut

Kuda laut adalah salah satu jenis hewan Ovovivipar yang berada dilaut, yang memiliki sifat fisiologis dan sangat tidak biasa dibandingkan dengan spesies hewan yang lainnya.

Secara umum hewan laut memiliki inkubator yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan inkubasi telur di dalam tubuhnya dengan melalui proses perkawinan dengan menyuntikkan telurnya ke dalam kuda ikan laut jantan sehingga akan terjadi ovulasi.

2. Ular Boa

Ular-Boa

Ular Boa adalah salah satu jenis hewan yang bertelur dan akan lahir pada tempat yang sepi dan biasanya berbeda ketika musim kawin tiba.

Hewan ini bisa hidup sampai 20 dan 25 tahun dan tetapi siap kawin setelah ular boa berusia 2 hingga 3 tahun sehingga dapat mudah dalam berkembang biak.

Baca Juga: Ekosistem Laut

3. Ikan Pari

Ikan-Pari

Ikan pari adalah salah satu jenis hewan laut yang berkembang biak melalui Ovovivipar yang melalui proses perkawinan jantan dan betina dengan membuahi dalam bentuk membentuk telur.

Namun, telur akan disimpan dalam tubuh ikan pari sampai embrio tumbuh dan berkembang menjadi titik optimal dalam rahim agar dapat mencapai titik dari perut betina.

Ikan pari ini adalah fase pembuahan ddengan membutuhkan waktu yang sangat singkat 90 detik untuk pemupukan dan akan membutuhkan 9-12 bulan selama kehamilan.

4. Bunglon

Bunglon

Bunglon adalah salah satu jenis hewan yang berkembang biak dalam Ovovivipar karena banyaknya spesies yang tidak mengherankan bahwa spesies ini dapat berkembang biak dari Ovovivipar.

Hal ini dapat terjadi di beberapa daerah dalam seleksi alam dengan memiliki karakteristik kamuflase yang dapat mengubah warna seluruh tubuh

Baca Juga: Ciri Makhluk Hidup

5. Iguana

Iguana

Iguana adalah salah satu jenis hewan Ovovivipar yang sebangsa dengan kadal yang memiiki karakteristiknya dengan keunikan yang menyerupai ikan mas dan ekornya cukup panjang.

Hewan ini sering ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah dengan metode untuk platipus sekitar 90-100 hari untuk dilahirkan.

6. Kadal

Kadal

Kadal adalah salah satu jenis hewan Ovovivipar yang dapat berkembang biak dengan bertelur karena spesies ini sebagai siklus kehamilan iguana.

Namun iguana dapat berkembang biak melalui dari proses perkawinan dari jenis hewan betina dan hewan jantan dengan pembuahan dari telur, dan laki-laki akan melindungi dengan bertindak lebih agresif

6. Salamander

Salamander

Salamander adalah salah satu jenis hewan Ovovivipar yang memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan kadal kecuali bagian tubuh mereka lebih ramping dan memiliki hidung yang pendek dan ekor panjang.

Salamander adalah hewan yang menyukai tempat berair atau lembab karena salamander juga hidup di darat dengan diklasifikasikan sebagai amfibi.

Salamander memiliki durasi hidupnya sekitar 2 tahun untuk mencapai ketinggian 600-1000 m di atas permukaan laut dan berada dengan ketinggian 1400-1700 m di atas permukaan laut.

Baca Juga: Gerak Pada Tumbuhan

7. Ikan Hiu

Ikan-Hiu

Ikan hiu adalah salah satu hewan predator laut yang paling liar dan ditakuti oleh hwean laut yang lainnya di ekosistem laut karena hiu dapat berburu ikan yang dilaut.

Dalam hal ini ikan hiu akan mengalami pemijahan yang sama seperti ikan pari akan membutukan waktu yang lama dalam perkembang biakan nya, mencapai 5-20 bayi potensial.

8. Platypus

Ikan-Hiu

Platypus adalah salah satu jenis hewan ovovivipar yang dapat melakukan berkembang biak dengan bertelur pada lapisan platipus yang sama dengan pembuahan yang dapat menyerap nutrisi dari bagian kuning telurnya.

Sekian pembahasn dari kami pembahasan tentang Hewan Ovovivipar lengkap dengan pengertian dan contohnya, semoga apa yang sudah kami bahas di atas dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Hewan Ovipar