Hewan Ovipar

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id akan membahas artikel tentang Hewan Ovipar – lengkap dengan pengertian dan contoh serta gambar nya, ciri ciri struktur dan golongannya supaya mudah di pahami.

Hewan Ovipar itu adalah salah satu jenis dari berbagai hewan dengan memiliki siri yang khas yang dapat mudah berkembang biak pada petumbuhan nya dengan cara bertelur dan menetas pada habitatnya agar dapat mudah berkembang biak dalam waktu yang singkat untuk lebih mudah memahaminya lansung saja simak pembahasan artikel kami dibawah ini.

Pengertian Ovipar

Hewan-Ovipar

Ovipar adalah salah satu jenis hewan dengan ciri khas bertelur dan akan menghasilkan spesies baru yang mirip dengan induknya, sehingga hal ini juga dapat berkembang biak pada habitatnya masing-masing.

Hewan Ovipar bisa juga diartikan sebagai hewan yang embrio berkembang biak di telur yang dapat menerima makanan dari cadangan yang ada di dalam telur degan mengembangbiakan di indukya.

Ciri Hewan Hewan Ovipar

Hewan Ovipar adalah dekenal sebagai hewan yang dapat berkembang biak dengan cara bertelur dan akan menetaskan dari hasil pembuahan terlurnya yang berada di perut ibu.

  • Tidak memiliki daun telinga
  • Induk tidak menyusui anak
  • Bukan termasuk dari hewan mamalia
  • Tidak mempunyai kelenjar pada susu
  • Termasuk sebagai keluarga hewan yang berjenis unggas
  • Induk dapat mengerami telur sampai menetas
  • Telur terdapat di luar tubuh induknya

Baca Juga: Hewan Ovovivipar

14 Contoh Hewan Ovipar

Dari materi yang sudah kami sampaikn di atas maka kan kami berikan beberapa contoj dan jenis hewan Ovipar diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Hewan Ovipar Burung Hantu

Burung-Hantu

Burung Hantu adalah salah satu jenis hewan yang dapat menghasilkan sekitar 3-4 telur dan akan melalui reproduksi sekitar 32-36 hari hingga menetas.

2. Hewan Ovipar Capung

Capung

Capung adalah salah satu jenis hewan yang dimana dapat melakukan reproduksi sel telur yang akan berlangsung sampai capung dewasa dengan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Dengan perkiraan waktu mencapai 4-6 minggu untuk menghasilkan keturunan yang baru sehingga capung akan tumbuh dewasa.

3. Hewan Ovipar Kupu-kupu

Kupu-kupu

Kupu-kupu adalah salah satu jenis hewan yang berkembang biak secara ovipar dan akan menyebar di seluruh dunia yang melalui dari seleksi alam di setiap wilayah.

Kupu-kupu memiliki ciri dengan sayap yang berwarna-warni yang dapat hidup dengan tahapan pada berubah alam.

4. Hewan Nyamuk

Nyamuk

Nyamuk adalah salah satu jenis hewan yang dapat menghasilakn telur sepeeti jentik dan dapat tumbuh dengan cepat dari berbagai daerah terutama pada habitat air atau tempat-tempat yang lembab.

5. Hewan Ikan Nila

Ikan-Nila

Ikan nila adalah salah satu jeni hewan yang hidup seccara berkelompok dan hidup di air yang tenang sehingga dapat saling membutuhkan agar mudah berkembang biak.

Baca Juga: Gerak Pada Tumbuhan

6. Hewan Katak

Katak

Katak adalah salah sati contoh hewan yang memiliki khasiat dengan berlendir yang terdapat dilidahnya sebagai tahapan siklus dengan menghasilkan pada perubahan katak yang dewasa.

7. Hewan Semut

Semut

Semut adalah salah satu contoh hewan yang hidup dalam kelompok yang terdiri brebagai macam jenis semut dengan ukuran yang berbeda dan memiliki warna yang berbeda sehingga dapat menemukan makanan atau melindungi telur nya.

8. Hewan Ayam

Ayam

Ayam adalah salah satu contoh hewan yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita sehingga ayam dapat juga dijadikan sebagai makanan pokok dalam hidup manusia sebagai kebutuhan sehari-hari mereka.

9. Hewan Angsa

Angsa

Angsa adalah salah satu jenis hewan yang pada habitatnya hidup di air dengan ukuran yang lebih besar dari ayam den bebek tetapi kadang-kadang angsa dapat menghasilkan 3-8 telur dengan melalui proses dari inkubasi dengan ayam (29-30 hari).

Baca Juga: Ekosistem Laut

10. Hewan Ovipar Bebek

Bebek

Bebek adalah salah satu jenis hewan yang sebangsa unggas yang sering ditemukan di lingkungan sekitarnya dan bebek adalah salah satu cara berkembang biak dengan bertelur.

11. Hewan Ovipar Tokek

Tokek

Tokek adalah salah satu jenis hewan reptil kecil dan merupakan seperti jenis kadal namun hal ini memiliki kelompok dengan sejumlah yang sedikit karena hewan ini termasuk hewan yang langkah, dan unutk menemukan hewan ini juga memmutuhkan waktu yang lama.

12. Hewan Buaya

Buaya

Buaya adalah salah satu jenis hwean yang dikenal sebagai pemangsa unggas-unggas kecel dan buaya termasuk sebagai predator yang buas yang berbentuk dengan ukuran yang panjang.

13. Hewan Merpati

Merpati

Merpati adalah salah satu jenis hewan yang dikenal hewan yang jinak dengan karakteristiknya abu-abu dan coklat hingga putih tergantung di mana mereka tinggal.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan ulasan tentang hewan ovipar lengkap dengan pengertian ciri dan contohnya, semoga apa yang sudah kami berikan di atas dapat memberikan manfaat dan berguna unutk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Sel Tumbuhan