Hewan Omnivora

Posted on

10 Hewan Omnivora – Hewan adalah Salah satu Makhluk Hidup yang digolongkan, berdasarkan jenis dan makanannya. Dalam golongan hewan yang berdasarkan pada jenis makanannya, terbagi menjadi 3 golongan, yaitu : Herbivora, Karnivora, dan Omnivora.

10 Hewan Omnivora

Tetapi pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas tentang Hewan Omnivora beserta dengan Struktur-struktur yang terkait pada golongannya.

Pengertian

Omnivora (Sarwaboga) adalah Salah satu jenis Hewan yang sumber makanannya, meliputi Tumbuhan dan Hewan lainnya. Sedangkan secara Etimologi (Bahasa) kata Omnivora berasal dari Bahasa Latin, yaitu Omne yang artinya Makanan dan Vorera yang artinya Semua.

Omnivora tidak seperti Hewan Herbivora yang memiliki gigi khusus, yang berfungsi untuk memakan Tumbuhan dan Karnivora yang memiliki gigi khusus, yang berfungsi untuk memakan Daging.

Oleh karena itu Hewan ini, memiliki gigi yang tajam pada bagian depan, yang berfungsi untuk mengoyak makanan berupa Daging, dan gigi yang datar pada bagian belakang, yang berfungsi untuk menghaluskan makanan, yaitu baik antara Tumbuhan atau Daging.

Ciri Ciri

Adapun ciri-ciri dari Hewan Omnivora atau Sarwaboga ini, yaitu sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi Tumbuhan dan Daging.
  • Mempunyai pencernaan yang sempurna (Kompleks).
  • Mempunyai bentuk gigi yang tajam pada bagian depan.
  • Mempunyai bentuk gigi yang datar pada bagian belakang.

Keuntungan

Hewan Omnivora memiliki beberapa keuntungan dalam kehidupannya, yaitu Seperti mampu untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan dan memiliki pola makan yang fleksibel.

Hewan ini dapat memilih komponen makanan, yaitu Mengkonsumsi Tumbuhan dan Hewan yang berada disekitar lingkungan, oleh karena itu Omnivora memiliki lebih banyak pilihan jenis makanannya, daripada Hewan Herbivora dan Karnivora.

Hal tersebut sangat membantu bagi keberlangsungan hidup Hewan ini, karena apabila hanya bisa mengkonsumsi satu jenis makanan saja, dapat menyebabkan kepunahan bagi Hewan Herbivora dan Karnivora.

Sistem pencernaan yang dimiliki Omnivora telah dirancang dengan khusus, yaitu Pada sistem pencernaan Omnivora mampu mengkonsumsi segala jenis makanan, sehingga Hewan ini mampu bertahan hidup meskipun dalam kondisi yang sangat buruk.

Contoh

Spesies Hewan yang termasuk kedalam golongan Omnivora, sangat banyak jenis-jenisnya, yaitu sebagai berikut ini :

1. Ayam

10 Hewan Omnivora

Ayam termasuk kedalam golongan Hewan Omnivora yang berjenis Hewan Unggas. Ayam ini dapat memakan padi, gandum, kacang-kacangan yang termasuk kedalam Kingdom Plantae (Tumbuhan), serta dapat mengkonsumsi daging seperti Serangga, Ulat yang memiliki daging.

2. Beruang

10 Hewan Omnivora

Beruang merupakan golongan Hewan Omnivora yang memiliki indra Penciuman dan Pendengaran sangat baik, memiliki bentuk telinga yang bundar, berekor kecil serta pendek, berbulu panjang, lebat dan kasar, memiliki cakar yang lebar, tebal dan tajam pada telapak tangan serta tidak bisa ditarik masuk kembali.

Beruang memiliki moncong yang panjang, memiliki gigi sekitar 32 hingga 42 buah, gigi yang datar pada bagian belakang digunakan untuk menghaluskan ketika mengkonsumsi Tumbuhan dan gigi yang tajam pada bagian belakang digunakan untuk mengoyak Daging Hewan.

3. Flamingo

10 Hewan Omnivora

Burung Flamingo merupakan golongan Hewan Omnivora yang makanan utama sumber Beta Karoten, yaitu Udang dan Alga Biru atau Hijau. Dalam memburu mangsanya, Flamingo menyaring air untuk mendapatkan udang, dengan menggunakan Struktur Lemellae yang terdapat didalam paruhnya.

Warna merah muda yang terdapat ditubuhnya, disebabkan oleh Beta Karoten yang terkandung dalam makanan Flamingo, yaitu Udang dan Alga Biru atau Hijau.

Burung Flamingo merupakan Spesies Burung yang berkaki panjang, hidup dengan membentuk sebuah kelompok, dan termasuk kedalam genus familia Phoenicopterus atau Phoenicopteridae.

Spesies Burung Flamingo ini masih banyak dapat ditemukan pada belahan bumi bagian barat dan timur, tetapi sebagian besar terdapat di belahan bumi bagian timur.

4. Ikan Paus

10 Hewan Omnivora

Paus atau Lodan (Khusus yang memiliki gigi dan tidak berukuran kecil) adalah Suatu kelompok Hewan Mamalia yang hidup di dasar lautan. Sebutan Paus ini diberikan oleh anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar, oleh karena itu, Paus tidak termasuk kedalam golongan keluarga ikan.

Paus memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :

  • Pernapasan menggunakan paru-paru
  • Memiliki Rambut (Kebanyakan dimiliki oleh Paus dewasa)
  • Memiliki Darah yang bersifat panas
  • Memiliki Kelenjar susu (Mamalia)
  • Memiliki Jantung dengan empat ruang

Ikan Paus merupakan golongan Hewan Omnivora yang hidup di Lautan Samudera, Ikan Paus ini memakan Cumi-cumi dan Crustacea, yaitu Mysidacea dan Krill dalam jumlah yang kecil.

5. Landak

10 Hewan Omnivora

Landak termasuk kedalam golongan Hewan Pengerat (Rodentia), yang memiliki rambut tebal dan berbentuk seperti duri tajam. Hewan ini dapat ditemukan pada kawasan Asia, Afrika, ataupun Amerika, dan sebagian besar menyebar di kawasan beriklim Tropika.

Landak merupakan Hewan Omnivora, karena Hewan ini memakan berupa Sayuran, Buah, Jangkrik, Semut dan Serangga lainnya.

Landak ini merupakan Hewan Pengerat terbesar ketiga, yang diukur dari segi tubuh, setelah Kapibara dan Berang-berang. Hewan ini berbentuk agak membulat, serta tidak terlalu lincah dibandingkan dengan Hewan Pengerta lainnya, seperti Tikus.

6. Kura-Kura

10 Hewan Omnivora

Kura-Kura adalah Hewan yang memiliki sisik dan berkaki empat yang termasuk kedalam golongan Reptil. Bangsa Hewan yang disebut (Ordo) Testudinata (Chelonians) ini mudah dikenali, karena memiliki Tempurung (Bony Shell) yang keras dan kaku.

Tempurung Kura-Kura ini terdiri dari 2 bagian, yaitu Pada bagian atas yang menutupi punggung disebut Karapas (Sarapace) dan pada bagian bawah disebut Plastron.

Kura-Kura ini termasuk kedalam golongan Hewan Omnivora, karena Kura-Kura ini memiliki moncong yang keras dan tajam dibagian ujung mulutnya, yang berfungsi untuk mengoyak Daging dan merobek Tumbuhan.

7. Simpanse

10 Hewan Omnivora

Simpanse atau sering disingkat dalam Bahasa Inggris, yaitu Chimp adalah Nama umum yang dipakai untuk 2 jenis spesies Simpanse, yang masih hidup dari keluarga Kera dalam Genus Pan. Sungai Kongo terbentuk untuk membatasi habitat alamiah dari kedua Spesies ini.

Simpanse merupakan Hewan yang masuk kedalam golongan Omnivora, karena Simpanse memiliki gigi tajam pada bagian depan yang berfungsi untuk mengoyak dan merobek Daging Hewan dan pada bagian belakang memiliki gigi datar yang berfungsi untuk menghaluskan Daun-daunan.

Simpanse adalah Anggota dari keluarga Hominidae, yaitu berupa Manusia, Gorila dan Orang Hutan, tetapi Simpanse terpisah dengan manusia, dalam ranting keluarga sekitar 4 – 6 juta tahun yang lalu.

8. Serigala Merah

10 Hewan Omnivora

Serigala Merah (Canis Rufus/Canis Lupus Rufus) atau dikenal sebagai Serigala Florida atau Serigala Mississippi Valley. Secara Morfologis, Serigala Merah ini merupakan gabungan antara Coyote dengan Serigala Abu – abu, yang memiliki warna kemerahan agak kecoklatan pada tubuhnya.

Serigala Merah ini merupakan Spesies langka, yang terdaftar pada Federasi Amerika Serikat serta dilindungi oleh Undang-undang. Serigala Merah ini juga telah terdaftar oleh IUCN, sebagai Spesies yang terancam punah sejak tahun 1996.

Serigala Merah ini merupakan termasuk golongan Hewan Omnivora, karena Hewan ini sering sekali memakan Buah-buahan apabila makanan utamanya, yaitu Hewan lain sedang menurun jumlahnya.

9. Ikan Lele

10 Hewan Omnivora

Lele atau Ikan Keli merupakan Jenis ikan yang hidup pada air tawar. Lele ini sangat mudah dikenali, karena memiliki bentuk tubuh yang agak pipih memanjang, licin, dan memiliki kumis panjang yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.

Ikan Lele ini termasuk kedalam golongan jenis ikan Omnivora, karena memakan Ganggang, Lumut, Tumbuhan Air, Ikan Kecil, Serangga Air, Cacing Tanah, dan Katak.

Lele ini bisa hidup di dalam air yang sangat keruh, dan juga bisa hidup dalam perairan yang sangat kotor. Lele termasuk ikan pemakan segala di perairan air tawar.

10. Musang

10 Hewan Omnivora

Musang atau Luwak adalah Hewan menyusui (Mamalia) yang termasuk kedalam suku Viverridae. Nama Ilmiah jenis Hewan ini adalah Paradoxurus Hermaphroditus.

Musang ini merupakan Hewan Omnivora, yaitu Hewan pemakan segala, karena Musang atau Luwak ini pada umumnya memakan Daging Hewan lain, tetapi juga terkadang Musang memakan Buah-buahan yang terdapat di ata Pohon.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Artikel ini yang meliputi beserta Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.