Hewan Mamalia

Posted on

Hallo sobat semua betemu lagi dengan kami dari rumus.co.id akan membahas artikel tentang Hewan Mamalia-lengkap dengan pengertian, contoh, gambar, ciri ciri struktur atau golongannya supaya mudah di pahami.

Hewan Mamalia itu,,, adalah salah satu jenis kelompokan dari berbagai hewan yang memiliki ciri yang khas yang dapat mudah berkembang biak dengan petumbuhan nya dapat memberikan telur dan menetas pada habitatnya agar mudah berkembang biak dalam waktu yang singkat dan akan menghasilkan lebih banyak pada habitatnya, lansung saja simak pembahasan artikel kami dibawah ini.

Pengertian Mamalia

Hewan-Mamalia

Hewan mamalia adalah sekumpulan hewan yang menyusui dan kelas vertebrata yang terutama ditandai oleh adanya kelenjar susu yang menghasilkan susu pada wanita sebagai sumber makanan bagi keturunannya

Hal ini terkenal dengan tubuh endotermik atau “berdarah panas” hewan ini dapat mengatur sistem peredaran darah pada jantung dengan empat ruang sehingga hewan mamalia dapat melakukan perkembangan dengan melakukan keturunan cara betelur dan melahirkan.

Baca Juga: Ciri – Ciri Iklan

Ciri Ciri Hewan Mamalia

Dari ulasan di atas, maka beberapa ciri yang terdapat pada jens hewan mamalia diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki anggota tubuh untuk berjalan
  • Memiliki kelenjar yang terdapat pada susu
  • Memikiki tulang belakang
  • Memiliki rambut yang menutupi tubuhnya
  • Memiliki kuku dan cakar
  • Memiliki gigi yang bertaring
  • Memiliki alat bantu pada pernapasan disebut denan paru-paru
  • Memiliki alat yang daoat mengatur makanan
  • Dapat Berkembang biak secara internal

Baca Juga:  Hewan Ovipar

10 Contoh Hewan Mamalia

Dari beberapa pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan contoh dari jenis hewan mamalia diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Rusa ( Cervus Sp )

Rusa

Rusa adalah salah satu jenis hewan yang banyak diburu danjenis hewan ini memiliki 4 kaki sebagai alat gerak sehingga dapat berjalan ketika diburu oleh predator hwan ini juga memiliki kelenjar susu yang berguna untuk melahirkan bayi nya dan tempat untuk melahirkan.

2. Kelinci

Kelinci

Kelinci adalah salah satu jenis hewan yang umum dikenal dengan kelucuan tetapi hewan ini juga memiliki beberapa jenis dan warna terkgantung pada perkembangan dam habitatnya.

3. Singa ( Panthera Leo )

Singa

Singa adalah salah satu jenis hewan yang sejenis pemangsa, dan termasuk pada hewan predatora yang sangat buas, yang hidup dengan cara berkelompok, untuk mendapatkan hewan lain untuk di makan. sejenis kucing besar. Singa akan hidup berkelompok.

4. Harimau ( Panthera Tigris )

Harimau

Harimau adalah adalah salah satu jenis hewan langka yang banyak di temukan di pulau sumatra dan Jawa hewan ini banyak sehali diburu dan hewan ini juga sebagai hewan predator yang pemakan daing atau hewan yang kecil,

Harumau sebagai Satwa yang tersisa ada di wilayah Sumatra. Hewan-hewan ini juga mengalami kesulitan reproduksi dan memiliki anak karena jangkauannya yang luas.

5. Lumba Lumba ( Delphinus sp )

Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah salah satu jenis hewan mamalia akuatik hewan ini hidup di air dan memiliki alat pernapasan seperti hewan darat yang bekerja dengan paru-paru.

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang sangat ramah terhadap manusia yang dapat mengenali gelombang yang tidak terlihat jika mereka tahu gerakan hal ini dadpat berkembang biak saat lahir dengan kelenjar susu.

6. Kelelawar ( Pteropus sp )

Kelelawar adalah salah satu jenis hewan mamalia tyang erbang yang aktif di malam hari yang akan mencari makanan buah-buahan, tergantung spesiesnya.

Mereka memiliki kehidupan secara berkelompok dan kelenjar susu yang digunakan setelah kelahiran anak kelelawar dengan struktur dan jaringan tulang mamalia terbang di organ pergerakannya

7. Tikus ( Rattus Norvegicus )

Tikus

Tikus adalah salah satu jenis hewan yang pada umum di daerah perumahan dan memiliki anatomi yang sangat mirip dengan manusia hal ini dekenal sebagai hewan yang jorok atau kotor karna hiduonya di tempat -tempat yang kotor dan bauk.

8. Kanguru ( Dendrolagus Sp )

Kanguru-1

Kanguru adalah salah satu jenis hewan yang ditemukan di wilayah Australia dengan keunikan hewan ini sebagai yang dapat melahirkan bayi dan kemudian menyimpannya.

Hewan ini memiliki kaki belakang yang lebih panjang sehingga mereka dapat melompat dengan ketinggian pada sat berlari dengan sistem ekskresi vertebrata .

Baca Juga:  Hewan Ovovivipar

Karakteristik Hewan Mamalia

  • Pesanan Artiodactyla, yang meliputi sapi, domba, kerbau, babi, kambing, jerapah,
  • Proboscidea, yang termasuk gajah.
  • Ordo Karnivora, yang mencakup singa, harimau, anjing, kucing, beruang, musang,
  • Rodentia, yang meliputi tikus, hamster, marmut,
  • Ordo Lagomorpha, yang termasuk kelinci,
  • Cetacean yang mencakup paus dan lumba-lumba.
  • Sirenia, yang mencakup duyung, manate
  • monotremata, yang meliputi platypus, Echidna.
  • Perissodactyla yang mencakup zebra, badak, kuda, tapir,
  • primata dengan gorila, simpanse, orangutan,

Demikian lah sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Hewan Mamalia, lengkap dengan pengertian dan contoh nya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Hewan Vertebrata