Hewan Karnivora

Posted on

Hallo sobat betemu lagi dengan kami rumus.co.id akan membahas artikel tentang Hewan Karnivora – meliputi dari pengertian, contoh, gambar, ciri ciri dan struktur atau golongannya supaya mudah di pahami.

Hewan Karnivora – Adalah hean karnivora yang berasal dari bahasa Latin (caro berarti “daging” dan vorare berarti “makan”) dan salah satu kelompokan dari berbagai hewan yang mempunyai ciri yang khas yang dapat berkembang biak pada petumbuhan nya dengan memberikan telur dan menetas pada alam dan habitatnya masing-masing agar mudah berkembang biak dalam waktu yang singkat, nah unutk kami kami akan membeirkan pembahasanya secara detail, lansung saja simak ulasan artikel kami dibawah ini.

Pengertian Karnivora

Hewan-Karnivora

Karnivora adalah sekelompok hewan yang pada umumnya memiliki kemampuan khusus untuk melumpuhkan mangsa diantaranya singa yang dapat berlari sangat cepat untuk memburu mangsa, dan hewan – hewan yang lainnya yang memiliki taring atau sebagai hewan yang dapat membunuh,

Hewan karnivora sangat bergantung pada daging sebagai sumber makanan dan akan dijadikan sebagai kebutuhan nutrisi dalam waktu yang tertentu, hewan karnivora terdapat di darat ataupun di perairan.

Baca Juga:  Hewan Ovovivipar

Ciri Ciri Hewan Karnivora

Dari pengertian di atas disini juga akan kami berikan beberpa ciri – ciri yang termasuk kedalam hewan karnivora adalah.

  • Memiliki gigi taring yang sangat tajam
  • Memiliki kuku yang tajam sebagai mencengkeram mangsa
  • Kemampuan bergerak yang cepat
  • Sebagai hewan predator yang liar dan berbahaya
  • Memiliki mata yang tajam dan penciuman unutk mencari magsa

Baca Juga: Hewan Vertebrata

8 Contoh Hewan Karnivora

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan membrikan beberpa contoh kelompok hewan karnivora diantranya adalah sebagai berikut.

1. Srigala

Serigala adalah salah satu contoh hewan karnivora , yang ukurannya lebih kecil dari lainnya. Meski berbentuk seperti anjing, serigala ini sebagai binatang yang sangat liar yang dapat mematikan hewan lain yang ada disekelilingnya pada malam hari dan siang.

2. Komodo

Komodo adalah salah salah satu contoh hewan endemik dari pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur Indonesia hewan ini dikenal sebagai sejeni reptil dan spesies kadal yang terbesar dan terliar yang pernah ada.

Komodo juga sebagai hewan yang habitatnya sangat dilindungi oleh pemerintah karna hal ini termasuk sebagai hewan yang sangat langkah dan jarang sekali ditemukan keberadaannya.

3. Burung Elang

Elang adalah salah satu contoh sebagai hewan karnivora dan elang memiliki kemampuan terbang cepat dan akan mudah unutk mencari mangsa degan kecepatan

Burung elang adalah memiliki kecepatan sekitar 400km / jam yang tidak memiliki gigi tetapi hal ini termasuk kedalam bagian hewan yang dapat mematikan magsanya dngen mudah karna memiliki cakar yang sangat tajam .

4. Cheetah

Cheetah adalah salah satu jenis karnivora yang hidup di Afrika dan Timur Tengah Cheetah adalah hewan darat tercepat di dunia denga kecepatannya mencapai 110 km / jam.

Cheetah dapat memburu mangsa dengan mengejar dan melumpuhkan mereka dengan kaki yang tajam dan memiliki kulit dengan bintik-bintik bernoda.

5. Harimau

Harimau adalah salah satau jenis hewan seperti kucing yang sangat besar dan memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat mencapai 60 km / jam untuk jarak pendek.

Harimau dapat melumpuhkan mangsanya dengan mengejar lehernya dan kemudian dapat juga untuk mencekiknya sampai mangsanya mati dan Harimau memiliki cakar yang sangat tajam dan kuat yang mampu merobek mangsanya.

6. Paus Pembunuh (Orcinus orca)

Paus pembunuh adalah salah satu jenis hewan laut yang hidup berkelompok dan selalu mencari mangsa ikan ini di kenal sangat besar yang dapat mudah untuk membunuh mangsa dalam waktu yang sangat cepat.

7. Kucing ( Felis sp )

Kucing adalah salah satu jenis hewan kucing kecil yang juga suka makan banyak daging dan ikan kucing dapat membuat perubahan morfologis pada anak-anak.

Kucing memiliki gigi yang tajam yang dapat memungkinkan untuk memakan dengan menciuman yang kuat untuk menemukan daging yang berbau seperti daging.

8. Ular Piton (Python sp)

Ular adalah salah satu jenis hewan yag berukuran sangat besar ular ini juga banyak ditemukan di hutan Sumatra dan Kalimantan yang dapat bergerak perlahan.

Ular ini dapat diklasifikasikan sebagai reptil yang keluar saat matahari panas untuk menghangatkan tubuh dan akan mencari makanan agar dapat di jadikan makanan pokonya.

Nah dari pembahasan di atas dengan penjelasan tentang Hewan Karnivora dan Ciri-ciri, semoga dengan adanya artike yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Hewan Mamalia