Hewan Herbivora

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id akan mngulas artikel tentang Hewan Herbivora – meliputi dari pengertian, contoh, gambar, ciri – ciri dan struktur dengan golongannya supaya mudah di pahami.

Hewan Herbivora- Adalah hewan yang berasal dari bahasa Latin berarti hewan yang memakan rumput dan dedaunan dan sebagai kelompokan hewan yang mempunyai ciri dari jenisnya yang dapat melakukan perkembangan biakan dengan pertumbuhan yang dapat memberikan telur atau dengan menetas pada alam dan habitatnya masing-masing agar dapat berkembang biak dengan cepat, lansung saja simak ulasan artikel kami dibawah ini.

Pengertian Herbivora

Hewan-Herbivora

Hewan herbivora adalah sekelompok hewan herbivora yang dapat bertahan hidup mengandalkan dengan tanaman yang ada di sekitar mereka.

Hewan herbivora termasuk hewan yang jinak dan mudah dikendalikan, dengan baik dalam menemukan makanan yang tersedia di alam, misalnya di padang rumput, hutan dan semak-semak,

Hewan herbivora pada umumnya tidak memiliki gigi taring yang tajam. Karena giginya tidak terlalu tajam, ia dapat dengan mudah mencerna makanannya.

Baca Juga: Hewan Ovovivipar

Ciri Ciri Hewan Herbivora

Dengan mengetahui ulasan singkat diatas maka kami juga akan memberikan beberpa ciri ciri yang terdapat pada hewan ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Makanan utama adalah rumput atau dedaunan lainnya
  • Umumnya mereka membiakkan vivipar
  • Biasanya sekelompok mamalia atau mamalia
  • Tinggal dalam grup
  • Beberapa hewan herbivora hidup di darat karena sumber makanannya ada di darat
  • Termasuk dalam kelompok hewan berdarah panas
  • Memiliki geraham lebar
  • Beberapa herbivora berkaki empat
  • Termasuk dalam kelompok hewan dengan tulang punggung
  • Memiliki banyak keunggulan bagi manusia
  • Beberapa herbivora adalah mangsa karnivora

Baca Juga: Hewan Mamalia

9 Contoh Hewan Herbivora

Dari pembahasan yang kami kutip diatas, sini juga akan kami berikan beberapa contoh jenis Hewan Herbivora diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tapir

Tapir

Tapir adalah jenis hewan herbivora dan biasanya hewan ini makan daun daunan dan rumput tapir memiliki tubuh seperti babi telinga seperti badak, dan moncong panjang yang menyerupai sisik.

Tapir adalah hewan tunggal yang hidup sendiri dan suka berhubungan dengan hewan yang lain hewan ini sangat aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari. Ciri – Ciri Iklan

2. Unta

Unta

Unta adalah hewan salah satu jenis herbivora yang hidup di padang pasir dan dapat menyimpan cadangan makanan di punuk mereka, unta memiliki satu punuk dan memiliki empat kaki.

Unta ditemukan di daratan Afrika dan padang pasir di Asia dengan hidup rata-rata antara 30 dan 50 tahun dan dapat digunakan untuk transportasi tradisional.

Baca Juga: Hewan Vertebrata

3. kuda

kuda

Kuda adalah salah satu jenis hewan herbivora yang banyak digunakan untuk moda transportasi tradisional seperti Delman dan gerobak yang ditarik kuda.

Kuda memakan tanaman seperti rumput dan daun dan memiliki kecepatan berjalan yang berada di atas rata-rata hewan yang berkaki empat lainnya dalam bentuk gegunaannya.

3. Anoa

Anoa

Anoa adalah salah satu jenis hewan endemik dari Sulawesi Tenggara tinggal di sabana dan di padang rumput yang hidup di daerah dekat air seperti rawa.

Anoa termasuk herbivora, memakan makanan berair seperti rebung, rumput, pakis, buah-buahan, dan beberapa jenis umbi dan dapat bertahan hidup sekitar 20 hingga 25 tahun. Hewan Ovipar

4. Rusa

Rusa-we

Rusa adalah salah satu jenis hewan seperti sapi dan kambing yang memiliki tanduk yang sangat panjang dan sapat juga mencerna makanan dalam bentuk rumput. Rusa biasanya hidup di dekat air karena mereka selalu membutuhkan air.

5. Jerapah

Jerapah

Jerapah adalah salah satu jenis hewan herbivora dengan leher yang sangat panjang dan dapat memungkinkan jerapah mencari makanan dalam bentuk daun di pohon yang tinggi.

Jerapah memiliki empat batu hoof yang memungkinkannya berjalan dengan cepat sehingga mampu bertahan hidup yang lama dan berat mencapai 1.360 kilogram.

6. Badak

Badak

Badak adalah binatang yang keberadaannya semakin punah karean badak hanya ditemukan di Indonesia di provinsi Banten dengan margasatwa klan Ujung Kulon, badak adalah hewan .

7. Sapi

Sapi

Sapi adalah contoh paling sederhana dari hewan pada Umumnya, sapi memakan rumput dan daun hewan ini yang makanan pokoknya tidak bergantung pada rumput.

8. Kambing

Kambing

Kambing adalah hewan yang memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengunyah rumput dan memiliki kaki empat yang dapat melakukan berlari begitu cepat sehingga ia dapat menghindari serangan binatang buas.

9. Gajah

Gajah

Gajah adalah salah satu jenis binatang (mamalia) dengan tubuh yang cukup besar dan hidung yang merupakan belalai gajah sebagai hewan herbivora yang dapat kita temukan di habitat yang berbeda.

Gajah yang dapat bertahan hidup dalam kelompok dan keluarga yang terdiri dari satu perempuan dengan keturunannya atau beberapa perempuan yang terkait dengan keturunannya.

Gajah dapat memakan tanaman di sekitar mereka untuk bertahan hidup dan memiliki cukup geraham untuk mengunyah makanannya hewan ini sebagai kombinasi hidung gajah dan bibir atas.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan menganai ualasan tentang Hewan Herbivora, lengkap dengan contoh dan gambarnya, semoag apa yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Hewan Karnivora