Hak Istimewa Voc

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id, akan membahas artikel tentang Hak Istimewa Voc diindonesia dalam bidang ekonomi lengkap dengan pengertian, jenis, ciri ciri, struktur, tujuan, karakteristik dan contoh, supaya mudah di pahami.

Hak Voc itu – adalah upaya untuk menyatukan aktivitas perdagangan di nusantara dalam persaingan antara pedagang Belanda dan akan mengatasi persaingan dengan struktur kepemimpinan yang akan dikendalikan oleh pejabat dari satu proses dengan tahapan yang tertentu.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Voc

Hak-Istimewa-Voc

VOC adalah salah satu organisasi independen yang mencakup dari berbagai negara VOC juga singkatan dari Vereenigde Oost Indian Compagnie yang berarti organisasi Perdagangan India Timur.

VOC telah berdiri sejak 1602 dengan secara resmi yang didirikan oleh Belanda pada 20 Maret 1602 sebagai bentik dari perdagangan Belanda untuk memonopoli perdagangan di Asia.

Dalam menghindari persaingan perdagangan yang tidak adil antara pedagang Belanda untuk mencapai keuntungan yang maksimum dan akan memperkuat persaingan dengan negara-negara Eropa yang lainnya yang dapat membantu pemerintah Belanda untuk memerangi Spayol.

Baca Juga: Identitas Trigonometri

Kebijakan Istimewa VOC

Dari pembahasn singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa kebijakan dalam keistimewaan VOC diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Memonopoli dari perdagangan yang dapat mengendalikan pelabuhan dan membangun sebagai benteng dalam kendalikan.

2. Untuk memerintah kerajaan dalam mengejar politik devide-et-impera, yang dapat memecah belah pemerintah.

3. Tunjuk seorang Gubernur untuk memperkuat posisinya

4. Manfaatkan hak istimewa yang diberikan oleh pemerintah Belanda.

5. Pendirian markas di Jayakarta (Batavia) yang berlokasi di Banten dan Ambon.

6. Sebagai Implementasi dalam pelayaran Hongi (putri Hongi).

7. Memiliki hak dalam menghancurkan rempah-rempah yang melampaui ketentuan.

8. Adanya leverantie untuk hadir sebagai sistem Ppersaingan.

Baca Juga: Angiospermae

14 Tujuan Hak Istimewa VOC

Didirikan nya voc sebagai bentuk dari organisasi untuk membentuk dan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh pemerintah dan berdirinya VOC yang dapat diselesaikan masalah dengan lancar.

Berikut adalah beberapa tujuan dalam berdirinya VOC:

1. Menguasai Pelabuhan di Nusantara

Menguasai Pelabuhan di Nusantara dalam hal ini adalah untuk menguasai titik-titik yang penting dalam pelabuhan yang dapat memeriksa pelabuhan penting di nusantara.

Maka dapat diuntungkan nya dengan memfasilitasi dukungan dari kapal dalam pelabuhan di kepulauan untuk proses perdagangan dengan meningkatkan sektor ekonomi pemerintah.

Baca Juga: Pendekatan Saintifik

2. Menghindari perdagangan yang tidak sehat

Menghindari perdagangan yang tidak sehat hal ini adalah sebuah kepulauan yang banyak pedagang karena lokasinya sangat strategis dan kekayaan produk pertanian.

Maka berdirinya VOC mereka dapat meminimalkan terjadinya perdagangan yang sehat dari Sabang ke Merauke dengan menguntungkan banyak pihak dan akan memberikan hasil yang maksimal.

3. Memperkuat pemerintah Belanda

Memperkuat pemerintah Belanda adalah sebuah pembentukan dengan pemerintah untuk memperkuat pemerintah dari berbagai sektor yang dapat diharapkan dalam menyelesaikan masalah.

Jika VOC dapat menguasai sektor-sektor penting oleh pemerintah Belanda, maka pemerintah secara otomatis akan menjadi kuat dan dapat bekerja secara optimal pada pemerintah Belanda.

4. Monopoli perdagangan di nusantara

Monopoli perdagangan di nusantara adalah sebuah kepulauan untuk memonopoli dalam perdagangan di Indonesia untuk mendukung pemerintah dengan sektor ekonomi yang dapat memperluas kepulauan sebagai pusat perdagangan.

5. Mendukung pemerintah Belanda

Mendukung pemerintah Belanda adalah untuk mendukung pemerintah Belanda dengan negara-negara lain sehingga dapat berperang dengan negara Spanyol untuk mempertahankan wilayah.

Kemudian membentuk untuk memperkuat berbagai bidang untuk membantu pemerintah Belanda dalam menangani perang melawan Spanyol.

6. Menaklikan kerajaan di kepulauan

Menaklikan kerajaan di kepulauan adalah untuk mengendalikan kerajaan di nusantara dengan mengendalikan kerajaan di kepulauan dengan mengambil alih tentara dengan kerajaan sebagai meningkatkan kekuatan perang.

Baca Juga: Cara Menghitung IPK

Hak – Hak Dalam VOC

Pembahasn diatas maka pembentukan voc berfungsi dalam mempertahankan pemerintah dengan tujuan dan hak istimewa VOC diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Hak monopoli

Hal ini adalah untuk memperkuat dalam perdagangan di nusantara sehingga dapat mengendalikan rempah-rempah dari berbagai titik di nusantara untuk mendukung sektor ekonomi.

2. Hak menerbitkan uang

Hak menerbitkan uang adalah sebuah proses dalam perdagangan dengan menimbulkan perselisihan dengan ide untuk mengeluarkan dan mencetak mata uang.

Dalam hal ini pemerintah akan memperkuat sektor ekonomi yang sangat penting dan dapat digunakan sebagai salah satu aturan untuk menyewa tanah pada saat menempati nusantara.

Baca Juga: Keseimbangan Ekosistem

3. Hak Dalam angkatan bersenjata

Dlam keistimewaan ini dapat memperkuat pemerintah dengan membentuk tentara dari berbagai sektor melalui darat, laut atau udara bertujuan untuk memperkuat kekuatan tempur.

Naka Hak Dalam angkatan bersenjata dengan negara-negara lain harus fokus dalam membangun negara dan dapat melawan Portugis atau Spanyol sebelum kemerdekaan Indonesia.

4. Hak dalam kontrak raja

Dalam hal ini adalah Untuk mencapai mengendalikan dinusantara dengan mengadakan perjanjian dengan raja-raja kerajaan untuk mencapai kesepakatan dengan Raja.

Maka dalam membangun kerajaan memiliki perjanjian dalam pembelian tanah untuk membangun area VOC pusat di Jawa dan pemerintah VOC di Batavia (Jakarta).

5. Hak di nusantara

Hak di nusantara dalam hal ini adalah sebuah proses untuk memerintah semua orang di koloni mereka dengan memiliki hak untuk menginstruksikan pemerintah untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

6. Hak membentuk dan memecat

Hak membentuk dan memecat adalah sebuah proses kinerja yang dianggap tidak memuaskan dan tidak mencapai hasil untuk memaksimal kan proses pengembangan pemerintah dan memiliki hak untuk menunjuk jenderal atau karyawan sebagai pemimpin di kawasan.

7. Hak Membentuk benteng

Hak Membentuk benteng hal ini adalah sebuah tahapan dalam pembentukan pemerintah untuk mengusir Portugis dan membangun benteng yang disebut Benteng Victoria

8. Hak menentukan perang

Hak menentukan perang hal ini adalah untuk penjajah dari negara lain dengan memperjuangkan tujuan dalam berdamai dan akan menegosiasikan sebuah kerajaandari kesepakatan yang akan dicapai untuk tujuan bersama.

Faktor Hancurnya VOC

Dalam menetapkan tujuan dan hak istimewa VOC, maka kami juga akan menyampaikan beberapa faktor yang akan menghancurkannya pemerintah sebagai faktor-faktor diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Hutang

Faktor Hutang adalah salah satu upaya untuk membiayai biaya perang yang tinggi dan kebutuhan dalam meningkat pemerintah dengan utang-utang yang segera dilunasi secara signifikan.

2. Faktor Biaya

Faktor Biaya adalah salah satu upaya dengan meningkatkan kebutuhan makanan, pakaian dan tempat tinggal sehingga peralatan perang akan terpenuhi meskipun pendapatannya tidak sebanding.

3. Faktor Korupsi

Faktor Korupsi adalah sebuah faktor yang memiliki hak untuk menunjuk dan memecat yang dianggap pantas atau tidak pantas dengan melakukan korupsi yang akan mempengaruhi sektor ekonominya.

Itulah pembahasan dari kami tentan hak istimewa VOC lengkep dengan pengertiannya, semoga artikel kami dapat beguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pendekatan Saintifik