Gerak Pada Tumbuhan

Posted on

Gerak Pada Tumbuhan – Mungkin pernah terbersit didalam fikiran kalian apakah tumbuhan itu bergerak layaknya seperti manusia? Dan jawabannya iya, namun gerakan pada tumbuhan hanya terjadi di bagian-bagian tertentu saja.

Misalnya seperti di bagian ujung akar, ujung tunas dan pada lembar-lembar daun tertentu. Gerakan tersebut juga tidak dihasilkan sendiri, namun terdapat faktor yang mempengaruhinya seperti rangsangan yang berasal dari lingkungan.

Gerak Pada Tumbuhan

Nah, untuk mengetahui beberapa hal yang ada diatas secara jelas, mari kita simak penjabaran yang ada dibawah ini mengenai Gerap Pada Tumbuhan beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Apa itu Gerak Tumbuhan?

Gerak Tumbuhan adalah penyerapan rangsangan yang datang baik dari dalam maupun dari luar tubuh tanaman itu sendiri. Oleh karena itu, terjadinya gerakan pada tanaman merupakan indikasi dari adanya iritabilitas.

Gerakan yang terjadi pada tanaman, itu disebabkan karena adanya rangsangan yang merupakan bagian dari sistem organ pada tanaman ini. Stimulus yang dapat membuat tanaman bergerak yaitu cahaya, sentuhan dan perubahan gravitasi serta suhu.

Baca Juga : Sel Tumbuhan – Pengertian, Gambar Struktur, Fungsi, Dan Contoh

Macam – Macam Gerak Pada Tumbuhan

Jenis-jenis gerakan yang terjadi pada tanaman dapat diklasifikasikan menurut arah gerakan dan sumber dari rangsangan, sehingga gerakan menjadi salah satu ciri dari makhluk hidup.

Dibawah ini terdapat beberapa macam gerakan pada tumbuhan, yaitu diantaranya adalah :

1. Gerakan Tumbuhan Berdasarkan Sumber Stimulus

Jika dilihat berdasarkan dengan sumber stimulusnya, gerakan tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

A. Gerak Endonom

Endonom yaitu merupakan sebuah gerak tumbuhan yang terjadi karena tidak adanya pengaruh rangsangan dari luar atau dengan kata lain non – faktor. Gerakan ini dapat terjadi dalam sel sebagai sistem organ pada tanaman. Berikut contohnya :

  • Protoplasma adalah contoh gerakan yang tidak terpengaruh oleh rangsangan yang terlihat pada sel-sel Elodia.
  • Pergerakan kromosom dalam nukleus sel juga dapat dilihat selama proses pembelahan berlangsung. Pembelahan sel dibagi menjadi dua yaitu pembelahan mitosis serta pembelahan meiosis.
  • Contoh lain dari gerakan tanaman adalah ketika kulit kering tanaman rusak. Maka itu akan membuat suara dan menghasilkan gerakan.
  • Gerakan yang terjadi pada gigi peristomal. Gigi tersebut bergerak di sisi sporangium yang ditemukan dalam organisme lumut. Gerakan dalam lumut ini disebut dengan gerakan Higroskopis.

B. Gerak Etionom

Etionom merupakan salah satu gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh adanya rangsangan. Jenis gerakan ini akan terjadi jika terdapat sebuah stimulus yang berasal dari luar.

Contoh stimulus yang berasal dari luar yaitu stimulus secara fisik, kimia dan juga meanik. Berikut ini penjelasannya :

  • Gerakan tanaman yang dipengaruhi oleh adanya stimulus fisik yaitu adanya efek suhu, cahaya serta kekuatan.
  • Gerak tanaman yang dipengaruhi oleh stimulsu mekanis bisa berasal dari sentuhan ataupun angin.
  • Contoh dari gerak tanaman yang berasal dari adanya stimulus kimia adalah jumlah racun yang muncul.

Baca Juga : Pengertian dan 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan

2. Gerak Tanaman Berdasarkan Arah Stimulus

Jika dilihat berdasarkan dengan arah datangnya stimulus, maka gerakan tumbuhan ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

A. Tropisme

Gerakan Tropisme merupakan salah satu gerakan yang terjadi pada tanaman yang arahnya tergantung dari mana arah stimulus itu berasal. Gerakan Tropisme ini dikategorikan menjadi dua kelompok yaitu :

  • Tropisme positif merupakan salah satu jenis gerakan yang terjadi karena mendekati arah rangsangan.
  • Tropisme negatif merupakan salah satu gerakan yang terjadi karena menjauhi rangsangan.

Gerak tropisme berdasarkan dengan sumber arah rangsang dapat dikelompokkan menjadi enam macam yaitu :

  1. Geotropisme, merupakan sebuah gerakan tropisme yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari gravitasi.
  2. Fototropisme, merupakan salah satu gerakan tropisme yang disebabkan oleh pengaruh dari adanya rangsangan cahaya.
  3. Tigmotropisme, merupakan salah satu gerakan tropisme yang disebabkan karena adanya sentuhan yang mempengaruhi gerakan tumbuhan.
  4. Hidrotropisme, merupakan salah satu gerakan tropisme yang disebabkan karena adanya stimulasi yang berasal dari air.
  5. Termotropisme, adalah salah satu gerakan tropisme yang dipengaruhi karena adanya stimulasi yang berasal dari suhu udara.
  6. Kemotropisme, adalah salah satu gerakan tropisme yang dipengaruhi karena adanya stimulasi yang berasal dari zat kimia.

B. Nasti

Gerak Pada Tumbuhan

Nasti Motion adalah gerakan tanaman yang berlangsung dalam arah gerakan yang tidak dipengaruhi oleh rangsangan eksternal. Tetapi, gerakan nasti ini disebabkan oleh adanya perubahan tekanan turgor.

Tekanan ini terjadi pada jaringan yang terdapat pada tulang daun. Gerakan nasti dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Fotonasti, adalah sebuah gerakan yang terjadi akibat adanya pengaruh dari stimulasi cahaya, misalnya yang terjadi pada kembang pukul empat (Mirabilis Jalapa).
  • Niktinasti, merupakan sebuah gerakan yang terjadi akibat dipengaruhi oleh adanya stimulasi dari suasana misalnya gelap.
  • Termonasti, adalah sebuah gerakan nasti yang dipengaruhi karena adanya pengaruh dari suhu udara. Misalnya gerakan yang terjadi pada bunga tulip yang terjadi pada musim semi.
  • Seismonasti, merupakan salah satu gerakan nasti yang terjadi karena adanya pengaruh dari sentuhan yang berasal dari luar. Misalnya seperti bunga putri malu yang jika disentuh atau mendapat getaran akan menutup daunnya.
  • Nasti Kompleks, adalah sebuah gerakan nasti yang diakibatkan karena adanya beberapa pengaruh sekaligus, misalnya seperti gerakan terbuka dan menutupnya stomata daun.
  • Hidronasti, merupakan salah satu gerakan nasti yang diakibatkan karena kurangnya kandungan air pada tumbuhan. Misalnya seperti rerumputan yang menggulung daunnya.

C. Taksis

Gerakan taksis merupakan sebuah gerakan yang terjadi hanya pada sebagain anggota tubuh dari tumbuhan saja. Misalnya seperti pucuk daun yang mendekati cahaya. Taksis dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Fototaksis, adalah gerakan taksis yang diakibatkan karena adanya cahaya yang datang. Misalnya seperti, kloroplas yang bergerak ke sisi sel untuk mendapatkan sinar matahari.
  • Kemotaksis, merupakan sebuah gerakan taksis yang diakibatkan karena adanya stimulasi yang berasal dari zat kimia. Misalnya seperti yang terjadi pada sel gamet tanaman lumut. Karena gamet jantan akan bergerak mendekati gamet betina.
  • Galvanotaksis, adalah gerakan taksis yang diakibatkan karena adanya pengaruh dari arus listrik yang mengalir.

Baca Juga : Ciri Makhluk Hidup

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Gerak Tumbuhan?

Gerak Tumbuhan adalah penyerapan rangsangan yang datang baik dari dalam maupun dari luar tubuh tanaman itu sendiri.

Gerak Tumbuhan berasal dari?

Gerakan yang terjadi pada tanaman, itu disebabkan karena adanya rangsangan yang merupakan bagian dari sistem organ pada tanaman ini.

Fungsi dari Tumbuhan adalah?

1. Mengubah energi matahari menjadi sebuah energi yang dapat digunakan langsung oleh hewan dan juga manusia (fotosintesis).
2. Menyerap karbon dioksida dan kemudian menghasilkan oksigen.
3. Menghasilkan kayu yang digunakan untuk bahan bangunan serta kerajinan seperti perabot rumah tangga.

Demikianlah ulasan dari artikel kali ini tentang Gerak Pada Tumbuhan, semoga menambah wawasan baru bagi para pembaca setia Rumus.co.id

Related posts: