Garis Lintang

Posted on

Garis Lintang – Seperti yang sudah kita bahas dalam kesempatan yang sebelumnya. Bahwa di dalam ilmu Geografi, di bumi kita ini memiliki unsur-unsur geografi yang tidak bisa dan juga dapat dilihat.

Garis Lintang

Nah, pada saat sedang melihat peta atau globe, kita tentunya sering menjumpai garis – garis khayal yang dengan sengaja dibuat untuk membagi wilayah daratan ke dalam kategori waktu dan juga iklim.

Selanjutnya, keberadaan dari garis-garis khayal tersebut juga mempunyai fungsi dalam upaya untuk menentukan lokasi dari suatu daerah berdasarkan dengan posisi astronominya.

Di dalam kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan membahas mengenai salah satu dari garis khayal atau imajiner yang terdapat pada peta dan juga globe, yaitu Garis Lintang. Untuk mengetahui secara rinci tentang Garis Lintang, yuk simak penjabarannya dibawah ini.

Definisi Garis Lintang

Garis lintang adalah sebuah garis maya atau khayal yang umumnya dipakai untuk menetapkan lokasi yang ada di bumi, dimana garis ini berpusat terhadap Equator belahan utara dan juga selatan.

Latitude ini akan mengitari bumi yang dimulai dari bagian Equator sampai ke bagian kutub utara dan juga selatan. Garis utara Equator disebut sebagai Latitude Utara (LU), sementara itu, pada garis selatan Equator disebut juga sebagai Latitude Selatan (LS).

Jarak di antara garis yang satu dengan garis yang lainnya dihitung dengan menggunakan derajat. Karena Equator dipakai sebagai referensi, maka garis khatulistiwa ini berada pada titik nol derajat.

Semakin ke sebelah utara atau semakin ke sebelah selatan dari Equator, maka jumlah derajatnya akan semakin meningkat hingga 90 derajat.

Pembagian Garis Lintang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, berdasarkan dengan pembagian wilayah Equator, Latitude dibagi menjadi dua wilayah yaitu Lintang Utara dan Lintang Selatan. Berikut ini penjelasan dari pembagian Latitude, yaitu :

  • Garis lintang utara, merupakan Latitude yang berada di belahan bumi bagian utara, garis ini memiliki jarak dari 0° hingga 90° LU. Semakin ke utara, maka panjangnya akan semakin kecil, bahkan pada 90° LU yang hanya berupa sebuah titik, yaitu titik Arktik.
  • Garis lintang selatan, merupakan Latitude yang berada di belahan bumi bagian selatan, garis ini memiliki jarak dari 0° hingga 90° LS. Semakin ke selatan, maka panjangnya akan semakin kecil, bahkan pada 90° LS, yang hanya berupa sebuah titik, yaitu Kutub Selatan.

Baca Juga :
Garis Khatulistiwa
Letak Geografis Indonesia
Iklim Koppen

Fungsi Garis Lintang

Berikut ini merupakan beberapa fungsi secara umum dari Latitude, yaitu diantaranya adalah :

  • Bersama dengan garis bujur, Latitude ini memiliki fungsi sebagai penentu dari suatu tempat. Ketika ditentukan, lintang akan ditampilkan sebagai sumbu X dan bujur sebagai sumbu Y pada sistem koordinat.
  • Latitude ini juga berfungsi sebagai referensi untuk menentukan perbedaan zona iklim yang ada di bumi. Dengan bantuan dari Latitude ini, maka kita bisa menemukan iklim yang terdapat di beberapa bagian negara dengan iklim tropis atau subtropis.

Pembagian Iklim Sesuai Latitude

Distribusi iklim di bumi menurut Latitude adalah klasifikasi iklim matahari. Pembagian iklim matahari terjadi atas dasar banyak atau tidaknya sinar matahari atau disesuaikan dengan posisi dan letak dari matahari pada permukaan bumi.

Dalam jangka waktu satu tahun, matahari dapat mengalami 4 macam posisi dan juga iklimnya, yaitu diantaranya adalah :

  • Pada 21 Maret, matahari berotasi di ekuator. Sehingga, pada titik ini matahari akan berada pada Latitude 0°.
  • Pada 21 Juni, matahari akan berotasi pada garis balik utara. Sehingga, pada titik ini matahari berada di posisi 23,5° LU.
  • Pada 23 September, matahari akan berotasi di Equator. Hal ini sama seperti di tanggal 21 Maret, dimana matahari akan ada di Latitude 0°.
  • Pada 22 Desember, matahari akan berotasi pada garis balik selatan. Sehingga, pada titik ini, maka matahari akan ada di posisi 23,5° LS.

F.A.Q

Apa itu Garis Lintang?

Latitude adalah sebuah garis maya atau khayal yang umumnya dipakai untuk menetapkan lokasi yang ada di bumi, dimana garis ini berpusat terhadap Equator belahan utara dan juga selatan.

Pembagian iklim matahari terdiri dari?

1. Tropical climate, yaitu iklim dari suatu wilayah yang berada di posisi garis lintang 0°–23½° LU dan 0°–23½° LS.
2. Subtropical climate, yaitu iklim dari suatu wilayah yang berada di posisi garis lintang 23 ½°–40° LU dan 23 ½°–40° LS.
3. Medium Climate, yaitu iklim dari suatu wilayah yang berada di posisi garis lintang 40 –66 ½° LU dan 40°–66 ½° LS.
4.Cold climate, yaitu iklim dari suatu wilayah yang berada di kutub.

Apa saja istilah yang dipakai untuk menggambarkan Latitude di bumi yaitu?

1. Latitude 0° derajat, disebut juga sebagai garis khatulistiwa atau Equator.
2. Garis Lintang 23 ½°, disebut juga sebagai garis balik.
3. Latitude 66 ½°, disebut juga sebagai garis lingkaran kutub.
4. Garis Lintang 90°, disebut juga sebagai titik kutub.

Sekian pembahasan dari ulasan dalam kesempatan kali ini, semoga membantu kalian yaaaa untuk memahaminya.