Gangguan Pada Tenggorokan

Posted on

Gangguan Pada Tenggorokan – Tenggorokan merupakan salah satu organ dalam tubuh kita yang posisinya terletak pada bagian leher dan tersusun atas faring serta laring. 

Gangguan Pada Tenggorokan

Bagian ini mempunyai membran otot yang disebut sebagai epiglottis, yang tugasnya adalah memisahkan kerongkongan dari trakea dan mencegah makanan serta minuman memasuki area saluran pernapasan.

Sama seperti organ-organ yang lainnya, Tenggorokan juga memiliki peran yang cukup penting yaitu membantu proses pernapasan serta membantu untuk mengantarkan makanan dan minuman ke tahap yang selanjutnya.

Karena tenggorokan memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh makhluk hidup. Maka kita sangat diharuskan untuk selalu menjaga kesehatan dari tenggorokan.

Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa Tenggorokan juga dapat mengalami berbagai macam penyakit dan gangguan yang menyebabkan si penderitanya merasakan hal yang tidak nyaman serta rasa sakit.

Dalam ulasan singkat ini, Rumus.co.id akan menjabarkan dan menjelaskan tentang berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang Tenggorokan. Yuk kita simak pembahasan di bawah ini.

Gangguan Pada Tenggorokan

Sakit Tenggorokan bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Sakit tenggorokan ini dapat ditandai dengan timbulnya rasa sakit, iritasi atau kekeringan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Selain infeksi, radang tenggorokan juga bisa menjadi gejala beberapa penyakit. Berikut ini merupakan daftar atau beberapa contoh gangguan yang terjadi pada Tenggorokan, diantaranya adalah :

1. Tonsilitis 

Tonsillitis atau yang lebih dikenal dengan Radang Amandel yaitu salah satu kondisi yang ditandai dengan adanya peradangan yang terjadi pada Amandel. Secara umum, penyakit ini sering menyerang anak-anak yang berusia dibawah 10 tahun.

Meskipun begitu, radang amandel juga dapat menyerang orang dewasa. Amandel merupakan sebuah sepasang kelenjar yang terdapat pada tenggorokkan dan letaknya berseberangan.

2. Faringitis

Faringitis merupakan suatu kondisi peradangan yang terjadi di bagian hulu kerongkongan atau lebih dikenal dengan Radang Tenggorok. Umumnya penyakit ini bisa diakibatkan oleh virus ataupun bakteri dan juga bisa diakibatkan oleh daya tahan tubuh yang lemah.

Radang tenggorok bisa menyebabkan tenggorokan terasa sakit ketika hendak menelan makanan ataupun minuman. Kondisi ini disebabkan karena adanya peradangan di saluran yang berfungsi untuk menghubungkan mulut atau hidung dengan esofagus ataupun laring.

3. Laringitis

Laringitis adalah suatu kondisi di mana pita suara menjadi meradang, menyebabkan pita suara membengkak dan suara menjadi serak. Pita suara adalah sebuah lipatan yang terletak di selaput lendir laring.

Ketika sedang mengalami peradangan, maka suara-suara yang terbentuk dari udara dan kemudian melewati pita suara akan merubah menjadi serak. Umumnya, peradangan yang terjadi pada pita suara bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih 2 hingga 3 minggu.

Baca Juga :
Gangguan Pada Telinga
Kelainan Pada Hidung
Kelainan Pada Mata

4. Infeksi Mononukleosis 

Infeksi Mononukleosis merupakan salah satu kondisi yang disebabkan oleh infeksi virus Epstein Barr. Sakit tenggorokan yang satu ini merupakan kondisi yang cukup serius.

Terjadinya Infeksi yang satu ini ditandai dengan munculnya berbagai macam gejala mulai dari pembengkakan kelenjar getah bening, demam serta sakit di tenggorokan sehingga kesulitan untuk menelan makanan ataupun minuman. 

5. Tumor Tenggorokan

Tumor Tenggorokan merupakan suatu kondisi dimana terdapat tumor yang tumbuh pada tenggorokan di bagian atas, bawah ataupun pita suara. Pada kasus ini umumnya menyerang orang dengan rentang usia sekitar 40-an, namun lebih sering dialami oleh pria yang usianya sekitar 50-70an.

Tumor ataupun kanker umumnya berkaitan erat dengan kebiasaan hidup yang tidak baik seperti merokok atau mengkonsumsi minuman keras.

Nyeri yang berasal dari tumor ini, biasanya terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, suara serak yang tak kunjung membaik selama 2 minggu, sulit untuk menelan makanan serta minuman, mengalami penurunan berat badan, sulit untuk bernafas bahkan sampai batuk darah.

6. Epiglottitis

Penyakit ini merupakan sebuah kondisi peradangan serta pembengkakan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri maupun cedera pada tenggorokan. Epiglottitis ini adalah sebuah jaringan yang berada di bawah lidah, tepatnya berada di belakang tenggorokan.

Jaringan ini secara umum berfungsi untuk menutup bagian batang tenggorokan atau yang disebut juga dengan trakea pada saat makan. Sehingga, makanan atau minuman yang dikonsumsi tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

F.A.Q

Bagaimana cara menjaga kesehatan Teggorokan?

1. Hindari suhu yang terlalu dingin.
2. Usahakan jangan bergantian peralatan makan dengan orang lain.
3. Gosok gigi secara rutin.
4. Rajin-rajin kumur dengan air garam.
5. Konsumsi air jahe dengan madu.

Apa saja makanan yang bisa menyebabkan Radang Tenggorokan?

1. Jenis makanan yang rasanya pedas.
2. Makanan yang rasanya Asam.
3. Produk olahan susu.
4. Makanan kering dan juga keras.
5. Jenis makanan yang banyak mengandung minyak.
6. Makanan yang berkafein dan beralkohol.

Buah apa saja yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan Radang Tenggorokan?

Terdapat beberapa buah yang diyakini ampuh untuk mengatasi radang Tenggorokan, yaitu Nanas, Pisang, Jeruk Nipis, Belimbing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, itu dia informasi yang bisa disampaikan oleh Rumus.co.id dalam ulasan singkat kali ini. Semoga bisa membantu kalian untuk mempelajarinya.

Related posts: