Gangguan Pada Telinga

Posted on

Gangguan Pada Telinga – Pada tubuh manusia terdiri dari lima Panca Indera yang saling berhubungan satu sama lain, dan salah satunya adalah Indera Pendengaran atau yang disebut sebagai telinga.

Penyakit Pada Telinga

Telinga merupakan salah satu anggota panca indera yang tidak kalah pentingnya dengan anggota panca indera yang lainnya. Sebab, Telinga akan mengirimkan sebuah informasi dalam bentuk gelombang suara ke otak yang kemudian di proses.

Sebagai salah satu dari anggota panca indera yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh kita, terkadang telinga juga sering kita lupakan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihannya.

Padalahkan, telinga adalah panca indera yang rentan terhadap masalah kesehatan karena ringannya telinga, yang terkena berbagai kontaminan dari luar.

Untuk ulasan kali ini, Rumus.co.id akan menjabarkan kepada kalian apa saja penyakit atau gangguan yang sering menyerang Telinga manusia. Yuk simak penjabarannya..

Gangguan Pada Telinga

Penyakit atau gangguan yang menyerang telinga bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai macam hal, baik itu karena penumpukan kotoran di dalam telinga sampai infeksi yang disebabkan oleh virus atau benda asing dalam Telinga.

Kondisi-kondisi tersebut membuat bagian-bagian yang ada di dalam telinga menjadi terganggu, bahkan dapat menyebabkan telinga mengalami penurunan fungsi untuk mendengar, baik terhadap anak-anak atau orang dewasa.

Berikut merupakan gangguan-gangguan yang menyerang telinga, yaitu diantaranya adalah :

1. Menumpuknya kotoran telinga

Serumen atau kotoran telinga merupakan sebuah zat lilin yang diproduksi secara alami oleh kelenjar khusus yang berada di bagian terluar telinga. Zat lilin ini umumnya berfungsi untuk mencegah agar debu dan juga partikel kecil lainnya masuk ke telinga.

Biasanya, kotoran telinga tersebut akan mengering serta akan keluar sendiri dari dalam telinga. Akan tetapi, kadang-kadang kotoran telinga juga dapat menumpuk serta menyumbat saluran dalam telinga.

Kebiasaan membersihkan bagian dalam telinga dengan kapas atau cotton bud dapat membuat lilin menembus lebih dalam dan membuat situasinya semakin buruk.

Akumulasi kotoran ini dapat menyebabkan berbagai keluhan, seperti telinga terasa gatal, sakit di dalam telinga, telinga penuh, dering di dalam telinga, pusing serta gangguan pendengaran.

2. Otitis eksterna

Otitis eksternal merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada bagian luar telinga, salah satunya adalah yang disebabkan karena masuknya air ke bagian dalam telinga. Kehadiran air pada saluran telinga dapat membuat telinga menjadi lembab serta memfasilitasi pertumbuhan dan reproduksi bakteri.

Gejala yang dirasakan seperti timbulnya rasa sakit pada bagian dalam telinga (terutama saat sedang mengunyah makanan), terasa gatal pada bagian saluran telinga, adanya cairan yang keluar dari dalam telinga, serta telinga terasa seperti penuh.

Kondisi seperti ini sering menyerang orang yang kerap menghabiskan waktunya di dalam air, seperti atlet renang. Oleh sebab itu mengapa gangguan telinga jenis ini disebut juga sebagai telinga perenang.

Baca Juga :
Kelainan Pada Hidung
Kelainan Pada Mata
Bagian Bagian Pada Telinga Beserta Gambar dan Fungsinya

3. Otitis media

Otitis media adalah infeksi telinga yang terjadi di bagian tengah telinga dan umumnya menyerang anak-anak serta orang dewasa. Kondisi ini terjadi ketika dinding tuba Eustachius membengkak akibat adanya reaksi alergi, flu atau infeksi yang terjadi pada hidung.

Hal ini disebabkan karena tuba eustachius tersumbat serta mudah untuk mengalami infeksi. Jika terserang pada anak-anak, penyakit ini dapat menyebabkan gejala berupa sakit telinga, gangguan tidur, demam, rewel serta kurangnya respons terhadap kebisingan.

Sedangkan, jika menyerang orang dewasa, gejala yang muncul dapat berupa rasa sakit yang terjadi di dalam telinga, adanya cairan yang keluar dari dalam telinga serta kurangnya kemampuan untuk mendengar.

4. Tinnitus

Tinnitus atau yang lebih dikenal dengan telinga berdenging merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika terdapat bunyi “nging” atau dengung yang hilang muncul atau secara terus-menerus. Suara ini dapat didengar di satu atau kedua telinga.

Tinnitus biasanya terjadi karena kerusakan pada saraf pendengaran di telinga bagian dalam. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang tua di atas usia 60 tahun.

Selain menyerang pada usia tua, terdapat berbagai kondisi lainnya yang kerap memicu timbulnya penyakit telinga yaitu kebiasaan mendengarkan suara bising dalam waktu yang lama, adanya penumpukan kotoran, terjadinya perubahan struktur tulang pada telinga serta penyakit dari Meniere.

5. Tuli Konduksi

Tuli konduktivitas adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan gangguan telinga satu ini yaitu :

  • Penebalan atau pecahnya gendang telinga.
  • Adanya penyumbatan pada saluran telinga yang disebabkan oleh kotoran telinga.
  • Terjadinya pengapuran terhadap tulang-tulang telinga.
  • Terjadinya Kerusakan saraf pendengaran.
  • Kekakuan hubungan antara stapes di tingkat oval.

Tuli membuat telinga menjadi tidak bisa mendengar karena adanya kerusakan yang terjadi pada konduktor getaran suara. Tuli konduksi ini sebenarnya bisa diatasi dengan membersihkan bagian dalam telinga supaya kotoran yang berada di dalam telinga dapat dikeluarkan.

F.A.Q

Bagaimana cara merawat Telinga?

1. Tidak membersihkan bagian dalam telinga memakai cotton bud.
2. Jangan mendengarkan musik dengan volume yang terlalu besar.
3. Upayakan untuk menjaga area dalam telinga tetap kering.

Bagaimana cara mengatasi Telinga yang sakit?

1. Usahakan tidur dengan posisi tubuh yang lebih tepat.
2. Kompres telinga.
3. Konsumsi air rebusan jahe.
4. Membersihkan telinga dengan benar.

Gejala apa saja yang timbul jika telinga mengalami gangguan?

1. Mengalami kesulitan untuk mendengar.
2. Sering meminta seseorang untuk mengulang pembicaraan.
3. Jika mendengarkan musik atau televisi harus dengan volume yang tidak biasa. Serta masih banyak lagi

Nah, itu dia ulasan singkat dalam artikel di kesempatan kali ini. Semoga informasi yang ada diatas, dapat membantu kalian yaa.

Related posts: