Gangguan Pada Lidah

Posted on

Gangguan Pada Lidah – Lidah merupakan salah satu anggota dari panca indera yang masuk sebagai indera pengecap yang memiliki berbagai macam fungsi dan tugas.

Gangguan Pada Lidah

Selain sebagai indera pengecap, Lidah juga mempunyai fungsi untuk membantu mengunyah makanan, berkomunikasi dan juga menelan makanan. Lidah menjadi organ dalam tubuh yang sangat kompleks.

Jika melihat fungsinya, maka lidah sangat rentan mengalami sariawan ataupun gangguan yang lainnya. Dalam pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan menjabarkan tentang berbagai macam penyakit yang dapat menyerang lidah mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Untuk mengetahui apa saja penyakit yang umumnya dapat menyerang lidah, yuk simak pembahasan di bawah ini.

Gangguan Pada Lidah

Gangguan Pada Lidah

Ada banyak sekali penyakit yang menyerang lidah, namun Rumus.co.id hanya akan membahas beberapa penyakit yang menyerang Lidah secara umum saja, yaitu antara lain :

1. Leukoplakia

Leukoplakia adalah penyakit lidah dengan bintik-bintik putih yang dapat muncul pada permukaan lidah, pada gusi ataupun pada dinding pipi bagian dalam.

Penyakit lidah ini umumnya berhubungan erat dengan kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau maupun mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Secara umum, leukoplakia dapat membaik dengan sendirinya tanpa melalui terapi.

Namun, jika bercak putih bertahan lebih dari dua minggu, seorang dokter harus dikonsultasikan. Dalam beberapa kasus leukoplakia ini, dapat beresiko menjadi terkena kanker lidah.

2. Kandidiasis

Kandidiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Candida albicans dan biasanya lebih sering terjadi pada orang yang memiliki sistem imun tubuh yang sangat rendah atau yang diobati dengan steroid.

Namun, tak jarang keadaan ini juga dapat mempengaruhi orang tua, anak-anak hingga bayi. Dokter mungkin akan meresepkan Anda untuk terapi antijamur untuk menangani kandidiasis ini.

3. Kanker Mulut

Perlu kalian waspadai jika Lidah mengalami benjolan yang secara terus-menerus tumbuh besar karena bisa diindikasikan sebagai gejala kanker mulut.

Penyakit lidah yang satu ini lebih sering menyerang orang-orang yang mengonsumsi minuman beralkohol dengan berlebihan dan juga para perokok berat.

Di tahap awal umumnya benjolan ini tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi tetap disarankan untuk terus mewaspadai keadaan ini.

Baca Juga :
Gangguan Pada Tenggorokan
Gangguan Pada Lambung
Sistem Pencernaan Pada Manusia

4. Sindrom Lidah Perih

Bagian lidah yang terasa tersiram dengan air panas merupakan sebuah kondisi yang sangat umum terjadi. Beberapa persen wanita yang sudah mengalami masa menopause mungkin mengalami keadaan ini.

Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan, sebab itu tidak menimbulkan hal-hal yang fatal. Biasanya kondisi ini hanya diakibatkan karena masalah saraf yang ringan.

5. Lidah Hitam dan Berbulu

Pada gangguan jenis ini lidah mengalami penumpukkan bakteri pada bagian papilla dan akan semakin luas seiring usianya bertambah. Bakteri tersebut dapat menyebabkan lidah menjadi berbulu dan berwarna hitam.

Umumnya, kondisi seperti ini tidak dianggap serius dan tidak perlu diwaspadai. Walaupun begitu, namun Anda tetap disarankan untuk selalu menjaga dan memelihara kebersihan mulut dan juga lidah.

Orang-orang yang lebih beresiko terkena kondisi lidah seperti ini yaitu mereka yang menderita diabetes, mereka yang tengah menjalani proses kemoterapi, ataupun orang yang sering mengkonsumsi antibiotik.

6. Glositis Atrofi

Glositis atrofi adalah sebuah kondisi dimana permukaan lidah mengalami bercak merah yang licin serta halus. Kondisi ini dapat terjadi karena kurangnya asupan vitamin B12, zat besi atau asam folat. Selain tampak berwarna merah dan juga datar, rasa sakit serta bengkak juga dapat terjadi pada kondisi ini.

Dengan senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut, mencukupi asupan vitamin dan juga mineral, serta mengkonsumsi obat-obatan antibiotik dengan sewajarnya, gangguan ini dapat dicegah dan diobati.

7. Fissured Tongue

Fissure tongue merupakan sebuah kondisi yang terjadi saat lidah mempunyai celah-celah yang kedalaman bisa mencapai 2-5 mm. Celah umumnya terjadi pada 1/3 bagian dari pusat lidah. Retak lidah ini lebih sering menyerang pria dibandingkan dengan wanita.

Seseorang dengan kelainan ini umumnya tidak akan mengalami gejala seperti rasa sakit atau gejala umum lainnya. Meskipun umumnya normal, namun lidah fisura juga dapat menjadi gejala dari sindrom Melkersson-Rosenthal, sindrom Down dan juga efek samping dari obat terapeutik.

F.A.Q

Apa sajah jenis-jenis Gangguan Lidah yang berwarna putih?

1. Leukoplakia
2. Infeksi jamur
3. Lichen Planus Oral

Bagaimana cara menjaga kesehatan Lidah?

1. Bersihkan lidah dengan menggunakan pembersih khusus.
2. Banyak konsumsi air putih.
3. Rutin kumur dengan air garam.
4. Hindari penggunaan perhiasaan pada lidah.

Zona rasa lidah terdiri dari?

1. Daerah Rasa Asam berada di sepanjang pinggir lateral lidah pada bagian posterior.
2. Zona Rasa Pahit berada di bagian dorsum lidah pada posterior.
3. Daerah Rasa Asin berada di sepanjang pinggir lateral lidah pada bagian anterior.
4. Zona Rasa Manis berada dibagian Lungau.

Demikianlah ulasan dari artikel singkat kali ini. Semoga dapat menjadi referensi baru untuk kita semua.