Gangguan Pada Lambung

Posted on

Gangguan Pada Lambung – Salah satu organ yang masuk kedalam sistem pencernaan adalah Lambung. Ya, Lambung (Ventrikulus) merupakan organ di dalam sistem pencernaan yang berupa sebuah kantong dan letaknya berada di bagian bawah dinding rongga badan.

Gangguan Pada Lambung

Secara umum, Lambung berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan sementara, memecah dan mengaduk makanan melalui sebuah gerak peristaltik yang disebabkan oleh kinerja lapisan dari otot lambung agar mudah diserap oleh tubuh.

Sama seperti organ-organ didalam tubuh yang lainnya, Lambung juga harus dijaga kesehatannya, sebab jika lambung dalam keadaan tidak baik maka dapat menyebabkan kinerja lambung tidak dapat berjalan dengan normal.

Dalam pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan menjelaskan berbagai macam penyakit yang dapat menyerang lambung kita. Untuk itu yuk kita simak pembahasannya dibawah ini.

Gangguan Pada Lambung

Apabila fungsi dari lambung sudah mengalami gangguan, umumnya penderita akan merasakan berbagai gejala yaitu seperti mual, kembung, muntah, nyeri pada bagian ulu hati serta nyeri di bagian perut yang timbul setelah mengkonsumsi minuman atau makanan tertentu.

Gangguan Pada Lambung

Ada banyak sekali jenis-jenis gangguan yang terjadi di lambung, untuk mengetahuinya simak penjabaran dibawah ini, diantaranya adalah :

1GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD merupakan salah satu kondisi lambung yang sama sekali tidak boleh dianggap remeh. Gastroesophageal Reflux Disease atau yang lebih dikenal dengan sebutan refluks asam lambung adalah sebuah keadaan di mana asam lambung beserta dengan isinya naik ke bagian esophagus. 

Sehingga, hal tersebut dapat menimbulkan iritasi pada bagian dinding esophagus dan juga menyebabkan rasa nyeri pada bagian ulu hati. Secara umum, gangguan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, obesitas dan merokok.

2. Gastritis

Gastritis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada lambung disebabkan karena lapisan pelindung dari dinding lambung mengalami kerusakan. Perlu kalian ketahui, bahwa dinding lambung ini tersusun atas jaringan kelenjar.

Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan serta asam lambung. Selain itu, dinding lambung dilindungi oleh sebuah lapisan (lendir) guna mencegah kerusakan pada enzim pencernaan serta asam lambung.

Apabila lapisan lendir ini mengalami kerusakan, maka peradangan akan semakin parah. Gejala yang umum ditimbulkan dari penyakit ini adalah mual, muntah, kembung bahkan sampai muntah darah.

Baca Juga :
Gangguan Pada Jantung
Penyakit Pada Paru-Paru
Gangguan Pada Tenggorokan

3. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah suatu kondisi di mana dinding pada lambung terluka yang disebabkan oleh lapisan (lendir) pada dinding lambung mengalami pengikisan. Luka tersebut bisa juga dialami oleh kerongkongan serta duodenum atau di bagian awal usus kecil.

Peptic Ulcer ini menyerang tidak mengenal usia, yang berarti bahwa anak-anak dan orang dewasa mempunyai potensi yang sama untuk mengidap penyakit tukak peptik ini. Namun, ada peningkatan risiko tukak lambung pada pria berusia 60 tahun ke atas.

Gejala yang umum ditimbulkan dari Tukak Lambung ini yaitu Perut kembung, nyeri pada bagian ulu hati, BB menurun, Feses disertai darah, sampai nafsu makan berkurang.

4. Gastroparesis

Gastroparesis merupakan sebuah penyakit yang mengakibatkan lambung sangat lambat mencerna makanan. Gangguan pada fungsi lambung ini terjadi saat otot-otot pada dinding lambung tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Secara keseluruhan, gastroparesis merupakan sebuah penyakit perut yang berhubungan dengan gangguan yang terjadi pada saraf lambung. Secara umum gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu perut terasa kembung, tekanan gula darah rendah, mual bahkan BB berkurang.

5. Dispepsia

Dyspepsia merupakan penyakit yang terjadi diakibatkan dari kumpulan gejala yang dipicu oleh berbagai macam penyakit lambung di perut bagian atas.

Penyakit Dispepsia atau yang lebih dikenal dengan Maag yaitu penyakit yang berhubungan dengan tukak lambung, Gastritis, Kanker Lambung serta jenis penyakit-penyakit Lambung yang lainnya.

6. Gastroenteritis

Gastroenteritis atau yang lebih dikenal dengan flu lambung yaitu penyakit yang dipicu oleh infeksi bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan lambung mengalami peradangan.

Pada anak-anak, gastroenteritis terjadi akibat infeksi norovirus dan rotavirus. Sementara itu, pada orang dewasa, flu lambung disebabkan oleh infeksi bakteri Campylobacter.

F.A.Q

Bagaimana cara mencegah terjadinya Penyakit Lambung?

1. Mengurangi konsumsi makanan pedas.
2. Istirahat dengan cukup.
3. Berhenti konsumsi rokok.
4. Hindari stres.

Obat-obatan apa yang dapat menurunkan Asam Lambung?

1. Antibiotik
2. Antasida
3. Antagonis reseptor H2
4. Obat untuk menghambat terjadinya pompa proton.

Fungsi dari Lambung adalah?

Lambung berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan sementara, memecah dan mengaduk makanan melalui sebuah gerak peristaltik yang disebabkan oleh kinerja lapisan dari otot lambung agar mudah diserap oleh tubuh.

Demikianlah informasi dari artikel dalam ulasan kali ini. Semoga penjabaran diatas menjadi pengetahuan baru untuk kita semua.