Gangguan Pada Jantung

Posted on

Gangguan Pada Jantung – Salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran paling penting adalah Jantung. Ya, Jantung merupakan organ yang ada di dalam tubuh setiap makhluk hidup yang terdiri atas sekumpulan otot yang berperan untuk memompa darah dan mengirimnya ke seluruh tubuh.

Gangguan Pada Jantung

Secara umum, jantung manusia akan berdenyut sebanyak 72 kali / menit ketika sedang dalam status beristirahat dan umumnya memompa darah sekitar 4 – 7 liter per menitnya.

Jantung memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh manusia, bisa dibilang bahwa jantung adalah pemimpin dari segala proses yang terjadi dalam tubuh. Oleh sebab itu, kita wajib untuk selalu menjaga kesehatan jantung agar bisa menjalani kinerjanya dengan baik.

Karena, jika jantung kita sudah bermasalah, maka kinerjanya akan memburuk serta dapat berakibat fatal bagi nyawa seseorang. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk mengenali berbagai macam penyakit yang menyerang Jantung serta gejala-gejalanya.

Yuk kita simak secara bersama-sama penjabaran dari berbagai macam penyakit atau gangguan Jantung.

Gangguan Pada Jantung

Gangguan Pada Jantung

Terdapat macam-macam gangguan pada jantung yang dapat menyerang manusia kapan saja, baik yang disebabkan oleh virus, infeksi bakteri ataupun karena adanya zat-zat kimia yang bersarang dalam tubuh, yaitu :

1. Penyakit jantung koroner

Penyakit Jantung koroner (PJK) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika arteri yang membawa darah menuju jantung ini mengalami penebalan dan penyempitan. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang menyebabkan pembekuan darah di arteri (atherosclerosis).

Penyempitan arteri mengakibatkan aliran darah serta kandungan oksigen di jantung berkurang, sehingga organ jantung tidak dapat berfungsi secara normal.

2. Serangan jantung

Serangan jantung adalah keadaan darurat yang disebabkan ketika pasokan darah ke jantung benar-benar tersumbat dan sel-sel otot jantung rusak. Kondisi ini biasanya dipicu oleh PJK (Penyakit Jantung Koroner).

Umumnya gejala yang muncul dalam bentuk nyeri pada dada, kesulitan untuk bernapas serta munculnya keringat dingin. Apabila serangan jantung tidak langsung diobati, maka hal ini akan berakibat fatal karena bisa merusak organ secara permanen.

Jika kerusakannya meluas, serangan jantung dapat menyebabkan henti jantung mendadak.

3. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah suatu kondisi yang disebabkan adanya kelainan yang terjadi pada bentuk serta kekuatan otot yang dimiliki oleh jantung, sehingga tidak bisa mengalirkan darah dengan baik ke seluruh tubuh.

Penyakit ini bisa dipicu oleh adanya kelainan genetik atau penyakit keturunan, sehingga si penderita terlahir ke dunia ini dengan membawa penyakit ini. Selain karena kelainan genetik, kardiomiopati juga dapat terjadi karena PJK, gagal jantung, penuaan bahkan hipertensi.

Baca Juga :
Penyakit Pada Paru-Paru
Gangguan Pada Tenggorokan
Kelainan Pada Hidung

4. Gagal jantung

Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung terlalu lemah untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Jika berlangsung lama, maka kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi serius seperti edema paru, henti jantung, gagal hati serta gagal ginjal.

Penyakit yang menyerang jantung ini berkembang secara perlahan dan juga bertahap. Kondisi ini umumnya didahului oleh komorbiditas lain, seperti: PJK, hipertensi, diabetes serta penyakit jantung bawaan.

Gejala utama dari penyakit gagal jantung yaitu nafas terasa sesak dan batuk, terutama ketika berbaring, nyeri pada dada setelah aktivitas fisik, kelelahan dan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

5. Penyakit katup jantung

Penyakit katup jantung adalah suatu kondisi yang terjadi ketika katup tidak dapat membuka atau menutup secara optimal, menyebabkan perineum atau penyumbatan aliran darah. Akibatnya, aliran darah ke seluruh tubuh terhenti.

Pasien dengan penyakit ini mungkin tidak akan mengalami gejala yang lama. Namun, terdapat gejala umumnya yang terjadi, seperti sesak nafas, kelelahan, nyeri dada, detak jantung tak teratur serta pembengkakan yang terjadi pada tubuh bagian-bagian tertentu, seperti kaki dan juga perut.

6. Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi yang terjadi pada jaringan ikat yang berfungsi melapisi dinding dan katup jantung. Infeksi ini diakibatkan pada saat kuman yang berasal dari bagian tubuh lain seperti mulut dan kulit memasuki dinding jantung melalui aliran darah.

Bakteri ataupun jamur yang menyebabkan terjadinya endokarditis dapat masuk melalui luka yang ada di tubuh ataupun mulut, memposisikan kateter, menggunakan jarum yang tidak higienis untuk membuat tato ataupun menyuntikkan obat.

Gejala-gejala endokarditis yang umum termasuk demam, kedinginan, sesak nafas dan nyeri pada bagian dada saat menghirup udara, memproduksi keringat secara berlebihan di malam hari, bengkak pada bagian kaki ataupun perut serta bunyi jantung yang abnormal.

F.A.Q

Bagaimana cara menjaga kesehatan Jantung?

1. lakukan olahraga ringan secara teratur.
2. Istirahat dengan cukup.
3. Jauhi atau berhenti merokok.
4. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat.
5. Jaga tekanan gula darah dan tekanan darah agar tetap stabil.

Apa fungsi dari Jantung?

Secara umum, Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dalam sistem peredaran darah.

Makanan yang baik untuk jantung adalah?

Berbagai macam makanan yang baik untuk jantung adalah Sayuran hijau, Gandum Utuh, Berry, Alpukat, Dark Coklat dan masih banyak lagi.

Sekian dulu ya ulasan singkat kali ini, semoga bisa menjadi illmu baru untuk kalian semua.