Gangguan Pada Hati

Posted on

Gangguan Pada Hati – Hati adalah salah satu organ di dalam tubuh yang memainkan peran dan tugas yang sangat penting serta kompleks demi menjaga kelangsungan dari seluruh kinerja organ didalam tubuh.

Gangguan Pada Hati

Organ yang satu ini berperan sebagai salah satu organ vital yang letaknya berada di bagian kanan atas dari rongga perut, tepat pada bagian bawah diafragma serta terlindungi dengan tulang rusuk. 

Secara umum, Hati mempunyai fungsi yang begitu penting di dalam tubuh kita, misalnya seperti :

  • Mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh.
  • Memetabolisme sebagian besar dari nutrisi yang diserap oleh usus.
  • Menyimpan dan juga menampung nutrisi.
  • Memproduksi protein.
  • Mendetoksifikasi darah dengan menghilangkan zat beracun seperti obat-obatan, alkohol dan bahan kimia yang berbahaya lainnya di dalam aliran darah dan akan membuangnya melalui sistem pencernaan ataupun saluran kemih.

Karena kerumitan serta pengelolaannya banyak berkaitan erat dengan berbagai zat yang berpotensi berbahaya seperti bahan kimia yang terkandung di dalam darah, maka hati sangat rentan terserang berbagai jenis penyakit.

Akan tetapi, secara alami, hati memiliki kemampuan tersendiri untuk melindungi diri yaitu dengan cara meregenerasi. Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang dapat menyerang fungsi Hati, sehingga Hati tidak bisa bekerja dengan baik.

Gangguan Pada Hati

Gangguan Pada Hati

Di bawah ini terdapat beberapa gangguan yang dapat menyerang dan mengganggu fungsi dari Hati. Berikut ini merupakan penjabaran dari gangguan pada Hati, yaitu sebagai berikut :

1. Hepatitis

Hepatitis adalah salah satu kondisi peradangan yang terjadi pada hati dan kondisi ini adalah yang paling umum mengganggu organ yang satu ini. Penyakit Hepatitis ini terdiri dari Hepatitis A, B, C, D, E dan juga hepatitis autoimun adalah jenis penyakit hati yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Sebelum virus hepatitis menimbulkan gejala pada pengidapnya, virus ini biasanya akan melewati masa inkubasi. Setelah waktu inkubasi terlewat, gejala yang muncul seperti muntah, panas, tinja pucat, sakit perut, penurunan bb, warna urin menjadi lebih gelap dan terjadi anoreksia.

2. Hemokromatosis

Hemokromatosis merupakan salah satu kondisi yang terjadi pada saat kadar zat besi yang ada di dalam tubuh jumlahnya terlalu berlebihan. Dampaknya, zat besi akan tertimbun pada organ yang dapat menimbulkan penyakit yang serius seperti gagal jantung.

Zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia, sebab zat ini bertindak sebagai penghasil dari hemoglobin, yang berfungsi untuk mengikat serta mengangkut oksigen ke dalam tubuh.

Secara umum, para penderita penyakit hemokromatosis akan merasakan serangkaian gejala yang muncul, yaitu seperti :

  • lemas
  • Nyeri sendi
  • Sakit perut
  • Bulu pada tubuh rontok
  • Menurunnya BB
  • Jantung terasa berdebar-debar
  • Kulit berwarna keabuan
  • Berkurangnya gairah seksual

Baca Juga :
Gangguan Pada Jantung
Gangguan Pada Lambung
Gangguan Pada Usus Besar

3. Sirosis

Sirosis adalah salah satu kondisi yang terjadi pada saat organ hati mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh terbentuknya sebuah jaringan pada parut, hal ini juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus hepatitis ataupun kecanduan dengan minuman beralkohol.

Infeksi virus atau alkoholisme secara perlahan dapat merusak struktur hati dan membuat kinerjanya terganggu. Kemudian organ ini akan memperbaiki lesi dengan cara membentuk sebuah jaringan parut yang akan mempengaruhi fungsi hati saat tumbuh menjadi lebih banyak.

4. Kanker Hati

Kanker hati adalah salah satu jenis kanker yang datang dari organ lain yang ada dalam tubuh dan kemudian menyebar hingga ke organ hati.

Gejala yang muncul dari penyakit ini ditandai dengan timbul rasa gatal, hilangnya nafsu makan, mual dan juga muntah, menurunnya BB, kelelahan, urin gelap, sakit kuning, memar, tinja putih dan pembengkakan pada hati.

5. Abses Hati

Abses hati adalah suatu kondisi ketika lubang kecil di hati terbentuk yang mengandung nanah. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri ataupun parasit.

Gejala yang muncul dari penyakit ini ditandai dengan demam, berkeringat, menggigil, mual dan muntah, diare serta sakit perut pada bagian atas sebelah kanan.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Hati?

Hati adalah salah satu organ di dalam tubuh yang memainkan peran dan tugas yang sangat penting serta kompleks demi menjaga kelangsungan dari seluruh kinerja organ didalam tubuh.

Apa saja fungsi dari Hati?

1. Mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh.
2. Memetabolisme sebagian besar dari nutrisi yang diserap oleh usus.
3. Menyimpan dan juga menampung nutrisi.
4. Memproduksi protein.
5. Mendetoksifikasi darah dengan menghilangkan zat beracun

Bagaimana cara mengatasi penyakit Hati?

1. Usahakan imunisasi sejak dini.
2. Banyak mengkonsumsi air putih
3. Makanlah makanan dengan gizi seimbang
4. hindari mengkonsumsi alkohol secara berlebihan

Sekian dari artikel singkat kesempatan kali ini, semoga membantu para readers untuk senantiasa menjaga fungsi organ Hati yaa.