Gangguan Pada Ginjal

Posted on

Gangguan Pada Ginjal – Ginjal adalah sebuah organ yang jumlahnya sepasang dan berfungsi untuk menyaring limbah atau zat-zat sisa dari hasil proses yang terjadi didalam tubuh seperti Racun ataupun cairan yang berlebihan di dalam darah setelah itu dikeluarkan dalam bentuk urin.

Gangguan Pada Ginjal

Jika kita melihat bagaimana fungsi dan kinerja dari Ginjal. Maka tak dapat dipungkiri bahwa organ yang satu ini rentan sekali terserang dengan berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga yang dapat berakibat fatal.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita mengetahui berbagai macam penyakit atau gangguan yang dapat menyerang Ginjal beserta dengan penyebab dan gejala-gejala yang muncul.

Dalam ulasan kali ini, Rumus.co.id akan menjabarkan hal-hal di atas untuk para readers setia dari website ini, agar kita selalu menjaga kesehatan Ginjal. Yuk simak pembahasannya..

Gangguan Pada Ginjal

Gangguan Pada Ginjal

Ada banyak sekali kondisi atau gangguan yang dapat menghambat kinerja dan fungsi Ginjal. Namun, di pembahasan kali ini, Rumus.co.id hanya akan menjabarkan beberapa gangguan pada ginjal yang umum terjadi, diantaranya adalah :

1. Infeksi ginjal

Pyelonephritis atau yang lebih dikenal dengan Infeksi ginjal adalah suatu kondisi yang terjadi karena bakteri yang bermigrasi dari kandung kemih ke ginjal.

Bakteri ini dapat ditularkan karena infeksi saluran kemih (ISK) yang tidak langsung diobati atau adanya penyumbatan yang terjadi pada saluran kemih, sehingga menimbulkan aliran urine menjadi terhambat.

Gejala umum yang muncul dari kondisi ini yaitu sakit pada bagian pinggang ataupun punggung, mual, lemas, demam, nyeri ketika BAK, bahkan terdapat darah ataupun nanah pada urine. Infeksi ini harus diobati menggunakan antibiotik yang sesuai dengan resep dokter.

2. Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut merupakan suatu kondisi yang terjadi saat ginjal secara tiba-tiba tak bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Secara umum kondisi ini diakibatkan oleh beberapa hal, seperti Perdarahan hebat, Dehidrasi Berat, Sepsis ataupun efek dari obat-obatan tertentu.

Gejala umum yang terjadi pada kondisi ini yaitu tungkai dan kaki bengkak, jarang BAK, sesak nafas, lemas, pingsan bahkan kejang. Apabilla kondisi ini tidak langsung ditangani, maka kondisi ini dapat berakibat fatal bagi penderitanya.

Pasien dengan gagal ginjal akut harus dirawat oleh dokter di rumah sakit. Selama perawatan, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk membatasi asupan garam dan kalium, untuk memberikan obat guna meningkatkan fungsi ginjal, dan untuk menjalani dialisis.

3. Batu ginjal

Batu ginjal adalah suatu kondisi yang terjadi pada saat zat-zat tertentu pada ginjal mengalami penumpukan dan pengendapan sehingga membentuk gumpalan yang keras seperti batu. Zat-zat tersebut bisa berupa oksalat, kalium dan juga asam urat.

Seseorang yang berisiko terkena penyakit ini adalah mereka yang menghadirkan berbagai faktor risiko seperti kurang konsumsi air putih, makanan asin dan juga manis ataupun penyakit tertentu seperti hiperparatiroidisme dan juga infeksi kandung kemih.

Batu ginjal yang masih ukurannya masih kecil umumnya tidak menunjukkan gejala. Sedangkan, ukuran batu ginjal yang sudah besar umumnya menimbulkan berbagai gejala seperti sering BAK, nyeri ketika BAK, Nyeri punggung yang menyebar ke punggung serta urin yang warnanya seperti teh.

Baca Juga :
Gangguan Pada Lambung
Gangguan Pada Jantung
Penyakit Pada Paru-Paru

4. Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis yaitu pengurangan fungsi ginjal yang berlangsung lebih dari 3 bulan. Kondisi ini bisa dipicu oleh gagal ginjal akut yang tidak segera diobati, efek samping dari obat pada beberapa penyakit seperti diabetes dan hipertensi.

Apabila masih tahap awal, kondisi ini umumnya tidak memunculkan gejala. Namun, jika sudah tambah parah, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai macam gejala seperti pembengkakan pada kaki, kelemahan, kehilangan nafsu makan, pucat, mual, kejang otot, gangguan tidur dan kesulitan untuk bernapas.

5. Sindrom Nefritik

Sindrom nefritik adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan glomerulus atau bagian dari ginjal yang memiliki tugas menyaring darah. Penyakit ini dapat disebabkan karena adanya infeksi, penyakit autoimun ataupun kelainan genetik.

Gejala umum yang muncul pada kondisi ini yaitu kencing berdarah, sakit perut demam bahkan menyebabkan bengkak di bagian-bagian tubuh tertentu seperti kaki, mata dan lengan akibat retensi air.

Pasien sindrom nefritik umumnya membutuhkan pengobatan dari dokter spesialis di RS. Guna menangani penyakit ini, dokter bisa memberikan obat serta menyarankan pasiennya untuk makan rendah garam dan juga kalium.

6. Sindrom Nefrotik

Sindrom nefrotik terjadi pada saat glomerulus hilang, sehingga ada banyak protein di dalam urin. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit tertentu misalnya seperti diabetes, infeksi dan juga lupus.

Gejala yang ditimbulkan yaitu berupa urine berbusa, terjadinya pembengkakan ataupun edema yang terjadi di sekitar mata, lengan, kaki, letih dan juga lesu bahkan penurunan nafsu makan.

Penyembuhan gangguan ini harus berdasarkan dengan penyebabnya. Misalnya, apabila penyakit ini dipicu oleh infeksi, maka dokter bisa memberikan obat-obatan guna mengatasi infeksi yang terjadi.

Apabila diakibatkan oleh lupus, maka dokter bisa memberikan obat kortikosteroid guna mengatasi peradangan yang terjadi.

F.A.Q

Cara menjaga kesehatan Ginjal yaitu?

1. Memakan makanan sehat.
2. Kurangi asupan garam.
3. Kontrol tekanan darah.
4. Banyak-banyak konsumsi air mineral.

Mengapa kita harus menjaga kesehatan Ginjal?

Jika mengingat betapa pentingnya kinerja ginjal maka kita harus senantiasa menjaga kesehatan ginjal kita agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Makanan apa saja yang dilarang untuk penderita Ginjal?

1. Makanan dengan tinggi protein.
2. Makanan yang banyak mengandung garam.
3. Makanan yang banyak mengandung kalium.

Demikian ulasan singkat kali ini, semoga bisa menjadi referensi baru untuk kita semua.