7 Fungsi Usus Besar Pada Tubuh Manusia

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan seberlumnya kita sudah memebahas mengenai fungsi usus halus. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi usus besar pada tubuh manusia terutama pada pencernaan.

Fungsi Usus Besar

Usus besar adalah bagian dari sistem pencernaan. Usus besar adalah lanjutan dari proses usus halus, dalam hal ini makanan yang sudah di serap nutrisinya oleh usus halus selanjutnya ke usus besar. Selanjutnya sisa makanan yang terdapat pada usus halus akan masuk kedalam usus besar dan akan melakukan proses selanjutnya.

setelah proses pada usus besar selesai maka sisa makanan dis ebut dengan veses akan keluar melalui anus. Sisa makanan tersebut sudah berbentuk racun dan tidak ada kandungan gizi.

Didalam usus besar tedapat bakteri baik yang mencegah menempelnya berbagai bakteri jahat yang ikut melalui makanan. Bakteri tersebut akan mencerna berbagai sisa makanan yang sudah tidak dicerna di bagian usus halus. Selain itu, berbagai bakteri baik tersebut juga memproduksi vitamin B dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bakteri yang berada di usus besar tersebut juga menjadi bagian dari feses, bakteri akan membuat tekstur feses menjadi lebih padat sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui anus.

Usus besar adalah usus yang terbesar dan terpendek pada bagian usus manusia. Usus besar adalah tahapan akhir proses pengolahan makanan yang nantinya akan di buang. Posisi usus ini berada di bagian luar yang melindungi bagian lainnya. Jangan sampai usus besar tekena infeksi, maka akan menimbulkan penyakit yang sangat serius.

Berikut ini adalah fungsi usus besar pada tubuh manusia antaralan:

1.      Menyerap Air

Usus besar berfungsi sebagai penyerap air. Makanan yang masuk kedalam usus besar akan mengalami penyerapan kadar airnya. Akan terjadi proses penyerapan air dan juga penyiapan limbah yang berupa feses untuk dikeluarkan melalui anus.

2.      Menyerap Vitamin

Didalam usus besar terdapat beberapa bakteri baik yang membantu pada proses pencernaan. Bakteri ini lah salah satu penghasil vitamin K pada tubuh. Rfek dari bekerjanya bakteri ini adalah buang angina.

3.      Mengurangi Keasaman

Makanan yang dicerna akan diuraikan oleh bakteri, tetapi ada bakteri yang mengakibatkan makanan menjadi asam. Didalam usus besar ini akan mengurangi keasaman makanan.

4.      Menyerap makanan yang tidak di serap usus halus

Dalam usus halus dilakukan penyerapan nutrisi, terkadang ada nutrisi yang tertinggal. Nah didalam usus besar ini akan menyerap ulang nutrisi yang belum terserap oleh tubuh.

5.      Memperkuat Sistem Kekebalan tubuh

Hal ini dapat di buktikan ketika mengalami diare. Seseorang yang mengalami diare akan buang air besar berkali-kali maka di dalam usus besar tidak tersisa. Maka reaksi tubuh akan mengalami lemas tidak berdaya.

6.      Memadatkan Feses

Memadatkan feses ini sangat penting bagi proses pembuangan feses. Jika tidak terjadi pemadatan maka akan seakan-akan diare.

7.      Melindungi Sistem Pencernaan

Bakteri baik dalam usus besar membantu untuk melawan patogen yang dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan. Lapisan mukosa pada usus besar juga berfungsi untuk mencegah penyerapan bakteri jahat pada usus.

Baca Juga:

9 Fungsi Usus Halus Pada Tubuh Manusia

Demikian Pembahasan yang menarik mengenai Fungsi Usus Besar Pada Tubuh Manusia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.