Fungsi Tulang Rusuk

Posted on

Fungsi Tulang Rusuk – Setiap makhluk hidup, terutama manusia dan hewan pasti memiliki tulang rusuk, baik itu wanita dan laki-laki atau jantan dan betina.

Masing-masing tulang rusuk terdiri antara 12 pasang, baik itu kanan maupun kiri jadi jumlah dari keseluruhan tulang rusuk yang ada di tubuh manusia adalah 24.

Fungsi Tulang Rusuk

Dengan adanya tulang rusuk, maka organ dalam seperti jantung, paru-paru dan juga hati akan terlindungi dari berbabai macam mara bahaya. Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Tulang Rusuk, yuk simak penjabaran dibawah ini.

Apa itu Tulang Rusuk?

Tulang rusuk atau iga (costa) merupakan sebuah tulang dengan ukuran yang cukup panjang dan bentuknya melengkung serta membentuk sebuah rongga rusuk.

Pada hewan mamalia, tulang rusuknya hanya terletak di bagian dada saja. Namun, berbeda dengan hewan reptil, tulang rusuknya terkadang berada di bagian leher hingga ke sacrum.

Baca Juga : 8 Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia

Struktur Tulang Rusuk

Fungsi Tulang Rusuk

Setiap tulang rusuk atau costa pasti saling berpasangan satu sama lian, baik itu bagian yang kiri maupun yang kanan dan masing-masing terdiri dari 12 tulang rusuk yang sama persis.

Akan tetapi, tak jarang juga manusia mempunyai satu tambahan tulang rusuk bahkan terkadang ada juga, yang justru kekurangan 1 tulang rusuk. pada jumlah tujuh pasang tulang rusuk yang pertama melekat di bagian depan dada.

Untuk tulang dengan konsistensi yang kuat berada di tengah dada dan tulang rusuk yang tersisa yang tidak melekat langsung ke tulang dada. 3 pasangan berikutnya terletak di bagian tulang rawan dari tulang rusuk.

Sedangkan untuk dua set tulang rusuk terakhir disebut dengan tulang rusuk melayang karena mereka tidak terhubung ke tulang dada. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena costa tetap melekat pada tubuh.

Macam – Macam Tulang Rusuk

Secara umum, tulang rusuk dibedakan menjadi tiga jenis beserta dengan letaknya masing-masing, yaitu diantaranya adalah :

1. Tulang Rusuk Sejati

Tulang rusuk sejati merupakan sebuah costa yang jumlahnya terdiri dari 14 atau setara dengan 7 pasang. Jenis Costa ini berada di belakang, yang berhubungan langsung dengan vertebra (tulang belakang).

Sementara itu di bagian ujung depannya berhubungan secara langsung dengan sternum yang diprantarai oleh tulang rawan.

2. Tulang Rusuk Palsu

Costa palsu adalah sebuah tulang rusuk yang terdiri dari 3 pasang atau terdiri dari 6 tulang rusuk. Tulang ini mempunyai ukuran yang sangat pendek dibandingkan dengan tulang rusuk sejati.

Secara umum, tulang ini berhubungan secara langsung dengan vertebra (tulang belakang), sedangkan ketiga ujung dari tulang anterior dihubungkan langsung oleh tulang rawan, yang kemudian terletak dibagian tulang dada pada satu titik.

3. Tulang Rusuk Melayang

Costa melayang adalah sebuah tulak rusuk yang jumlahnya terdiri dari 2 pasang. Tulang ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan tulang rusuk sejati.

Umumnya tulang ini berada di belakang, yang berhubungan langsung dengan vertebra (ruas tulang belakang). Tetapi pada bagian ujung depan bebas atau tidak terhubung ke tulang lainnya.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Pada Manusia

Fungsi Tulang Rusuk

Setelah menyimak beberapa penjelasan yang ada diatas, pada bagian ini akan dijelaskan mengenai fungsi-fungsi dari tulang rusuk, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai Pelindung Organ Dalam

Fungsi dari tulang rusuk yang satu ini yaitu untuk melindungi beberapa organ penting yang terdapat didalam tubuh manusia dan hewan, terutama organ yang terdapat dibagian dada seperti jantung, hati dan juga paru-paru.

Tulang rusuk akan membentuk sebuah rongga yang digunakan sebagai pelindung dari ketiga organ tersebut. Sebab, ketiga organ tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita.

2. Membantu Untuk Proses Pernafasan

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk membantu proses pernafasan dalam tubuh kita, yaitu pada saat otot-otot interkostal mengangkat dan menurunkan tulang rusuk, maka akan memfasilitasi dan membantu kita untuk menghembuskan nafas.

Tanpa adanya tulang rusuk, maka kita tidak bisa melakukan pernapasan dengan baik dan bahkan jika tidak mempunyai tulang rusuk maka tidak ada perlindungan bagi organ-organ yang penting dalam tubuh kita.

Gangguan Pada Tulang Rusuk

Hal ini sama seperti bagian tubuh lainnya, yaitu tulang rusuk dapat terserang penyakit yang membahayakan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Peradangan selaput dada

Pleuritis atau peradangan selaput dada merupakan suatu kondisi yang menyerang pleura. Pleura adalah sebuah lapisan yang sangat tipis dan berfungsi untuk membungkus dinding dada dan paru-paru. 

Umumnya, lapisan pleura ini memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan cairan (pleural fluid) yang dikenal sebagai cairan serous. Cairan ini selanjutnya akan berfungsi sebagai pelumas di dalam rongga dada sehingga tidak mudah teriritasi.

Khususnya, selama paru-paru sedang mengembang dan mengempis pada saat proses pernapasan berjalan. Namun sayangnya, jika adanya peradangan di bagian ini bisa memberikan rasa sakit pada bagian tulang iga.

2. Kanker paru-paru

Salah satu gejala yang paling umum terjadi dari kanker paru-paru adalah munculnya nyeri di dada. Rasa sakit ini biasanya akan memburuk ketika Anda sedang bernapas, batuk, bersin ataupun tertawa.

Tidak hanya itu saja, tetapi gejala lain yang juga harus kita waspadai dari penyakit ini adalah munculnya darah pada saat kita batuk atau dahak, sesak napas, dan juga napas berbunyi (bengek).

3. Kostrokondritis

Costochondritis adalah peradangan yang terjadi pada tulang rawan (cartilage) yang bertanggung jawab untuk melindungi tulang rusuk. Gejala yang umumnya dirasakan dari kondisi ini yaitu timbulnya rasa sakit pada dada ketika batuk atau bersin dan juga sesak napas.

Baca Juga : Sistem Gerak Pada Manusia – Rangkuman Makalah dan Fungsinya

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Tulang Rusuk?

Tulang rusuk atau iga (costa) merupakan sebuah tulang dengan ukuran yang cukup panjang dan bentuknya melengkung serta membentuk sebuah rongga rusuk.

Apa yang harus dilakukan ketika Tulang Rusuk patah atau retak?

Biasanya anda akan dianjurkan untuk mengurangi aktivitas fisik dan rutinitas untuk menggunakan kompres air dingin pada bagian tulang yang patah untuk mengurangi rasa sakit dan juga pembengkakan yang terjadi.

Apa saja bagian-bagian dari Tulang Rusuk?

1. Tulang Rusuk Sejati
2. Tulang Rusuk Palsu
3. Tulang Rusuk Melayang

Sekian pembahasan dari ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk para pembaca.