3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan

Posted on

Rumus.co.id – sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi tulang hasta dan tulang atas. Pada kali ini kita akan membahas mengenai fungsi tulang pergelangan tangan pada tubuh manusia. Simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan adalah daerah antara pergelangan tangan dan siku dan memiliki otot otot. Tulang lengan terdiri dari potongan potongn yang bersama sama menjalankan tugasnya sebagai alat yang berperan dalam berbagai aktifitas manusia.

Lengan manusia dapat terlihat kokoh, kuat, serta berbentuk karena memiliki tulang di dalamnya. Tanpa adanya tulang lengan tersebut, lengan manusia tidak akan mampu bergerak dengan bebas.

Tulang pergelangan tangan adalah tulang gerak yang tergolong tulang pendek atau carpal memiliki bentuk bulat dan pendek. Ada 8 tulang pendek yang tersusun membentuk pergelangan tangan. Selain itu tulang pergelangan tangan termasuk jenis tulang yang keras yang di bentuk oleh sel tulang memiliki saluran havers berisi pembuluh darah.

Tulang ini mengandung senyawa berupa zat kapur terdiri dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat yang di peroleh dari aliran darah. Otot yang menempel pada tulang pergelangan tangan sangat banyak contohnya otot-otot dari kelima jari. Jari-jari ini akan di gerakkan dengan otot yang sudah melekat pada pergelangan tangan.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Berikut ini adalah fungsi tulang pergelangan tangan:

1.      Sebagai Alat Gerak Tangan

Fungsi utama dari pergelangan tangan adalah menggerakan tangan. Semua gerak tangan melalui tulang pergelangan tangan terlebih dahulu. Otot yang ada di pergelangan tangan akan menggerakkan tangan. Di antara tulang-tulang yang menyusun pergelangan tangan terdapat sendi kaku yang memungkinkan pergerakan terjadi secara terbatas. Sedangkan sendi yang menghubungkan pergelangan tangan dengan telapak tangan adalah sendi pelana. Tulang pergelangan tangan sebagai alat gerak paling utama dalam tubuh manusia. Karena hampir semua aktivitas manusia membutuhkan tangan sebagai alat. Sehingga sangat penting sekali menjaga tulang dan otot-otot pada lengan.

2.      Tempat Menempelnya Otot

Otot yang menempel pada tangan semuanya adalah panduan otot pada lengan. Semua otot yang menempel di lengan adalah sensor gerakan-gerakan tangan. Otot ini merupakan otot yang sangat penting untuk tangan. Terdapat dua jenis otot pada pergelangan tangan yaitu otot ekstensor dan otot fleksor. Kedua otot ini memungkinkan berbagai gerakan terjadi dibantu dengn sendi kaku dan sendi pelana yang menghubungkan sekitar tulang pergelangan tangan.

3.      Penghubung Tulang Jari dan Tulang Pangkal Lengan

Pada jari terdapat ujung bawah tulang dan pada tulang pangkal lengan terdapat diantaranya tulang pergelangan lengan. Pergelangan tangan terdiri dari tulang-tulang berbentuk bulat dan pendek. Susunan ini membentuk pergelangan tangan atau carppal yang menghubungkan tulang-tulang jari dengan tulang pangkal lengan atau distal.

Fungsi di atas merupakan 3 fungsi tulang pergelangan tangan pada manusia. Tangan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan menusia. Hampir semua aktivitas menggunakan tangan. Selain kaki tangan merupakan alat gerak manusia yang sangat penting.

Jika tangan tidak dapat berfungsi dengan baik maka manusia tersebut akan mengalami kesusahan pada kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh kita makan saja menggunakan tangan, mengambil sesuatu, memasak, menulis dan mengetik sebuah laporan.

Baca Juga:

8 Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia

10 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia

Demikian Pembahasan yang menarik mengenai 3 Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.