Fungsi Tulang Jari Tangan

Posted on

Seperti apa yang sudah kita ketahui bersama – sama, telah ada beberapa jenis tulang yang ada di dalam tubuh manusia mulai dari berbagai jenis ukuran, berbagai jenis bentuk, berbagai jenis fungsi serta berbagai jenis nama yang berbeda beda satu dengan yang lainnya.

Oke sobat semua, jangan menunggu lama – lama di sini kami akan membahas pengertian Fungsi Tulang Jari Tangan, namun jenis tulang yang akan kami bahas di sini akan menjadi topik utama dalam artikel kali ini yaitu mengenai bagian dari tulang jari tangan.

Simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Fungsi Tulang Jari Tangan

Fungsi Tulang Jari Tangan

Fungsi tulang jari tangan yang ada pada manusia adalah tulang yang bernama pisiform yang sangat berfungsi untuk artikulasi tulang jari, dan untuk melakukan aktifitas kita sehari – hari.

Tulang jari ini memiliki jenis dan ukuran bentuk yang sangat fleksibel berbagai jenis dan fungsinya, di dalam melakukan aktifitas maka memang sangat penting ketika tulang jari kita berfungsi dengan baik.

Fungsi tulang jari Manusia

  1. Berguna sebagai fungsi untuk rangka anggota gerak bagian atas tubuh
  2. Berguna untuk menyentuh dan memegang benda atau melakukan aktifitas sehari – hari.

Bagian – bagian tulang jari

Adapun bagian – bagian tulang jari yang ada pada manusia :

  • Tulang sendi interfalang distal
  • Tulang sendi interfalang fraksimal
  • Tulang sendi metakafalang
  • tulang falang distal
  • tulang fraksimal
  • tulang falang maksimal
  • tulang trepezaid
  • tulng trepeziun
  • tulang fisifarmis
  • tulang hamatum

Sendi Tulang Jari Tangan

Yang sering terjadi pada kehidupan manusia dan yang sering di alami adalah sendi pada jari – jari, ruas jari atau ruas tulang jari sering terjadi gerakan yang yang berporos satu selain itu juga sendi pelana yang menjadi penghubung antara tulang jari dan ruas tulang telapak tangan.

Cedera tulang jari tangan

Cedera tulang jari tangan karena sering terjadi benturan dan di akibatkan kerja keras dan ngkat beban atau pun terjatuh dari ketinggian.

Ketika mengalami seperti di atas akibat nya akan menyebabkan patah tulang, maka tindakan yang harus di lakukan segera periksa ke dokter dan di tangani medis atau konsultasi ke ahli pengobatan tradisional.

Cidera ini juga akan menyebabkan keram, dan asam urat penyakit ini bisa menggangu funsi jari tangan untuk melakukan aktifitas.

Anggota tulang jari Tangan

Tulang jari yang ada pada manusia memang sangat memberi dukungan kepada setiap gerak bagian atas tubuh manusia kerena anggota tulang ini sangat bertanggung jawab untuk memberikan dukungan aktifitas sehari – hari.

Susuna Tulang Jari Tangan

Otot – otot tulang jari tangan di kelilingi oleh otot sistem atau otot syaraf yang ada di tubuh manusia dan pembuluh darah, yang menjadikan jari – jari tangan tampak indah dari segi fisik luar tubuh.

fungsi Ruas jari tangan

Fungsi otot ruas jari tangan adalah salah satu sebagai alat penggera kan anggota ruas jari tangan dan bisa juga untuk membatu sebagai penegak kerangka tubuh.

Apabila otot jari tangan mendapatkan rangsangan maka otot jari akan bekerja dengan baik dan bisa melakukan aktifitas dengan baik, otot jari tangan bisa mengatur kekuatan tubuh untuk memulihkan dalam gerakan kita sehari – hari.

Beberapa Funsi jari Tangan

Sebagai penunjang pertama dalam menyediakan suatu kegiatan dan menempelkan otot jari tangan, fungsi selanjutnya adalah menyimpan mineral yang penting bagi kegiatan Sel darah dalam tubuh.

Energi Jari Tangan

Kandungan energi yang ada di dalam jari tangan, jari tangan jga bisa menampung lemak dan sari makanan oleh karena itu Sel – sel adepose di sumsum tulang jari tangan merupakan gudang energi manusia, oleh karena itu fungsi tulang jari juga cukup vital sebagai penyimpanan energi.

Menjaga Kesehatan Tulang Jari Tangan

Untuk menjaga kesehatan tulang jari tangan kita tau juga bagai mana menjaga atau merawat kesehatan tulang adalah dengan cara:

  • Mengkonsumsi makanan yang cukup dan mengandung kalsium vitamin C dan vitamin D
  • Harus rutinitas olh raga yang teratur
  • Melakukan berjemur di pagi ataupun di siang hari yang baik karna untukmembantu pembentukan vitamin D, yang sangat penting sekali menyerap kalsium makanan.

Perlindungan Tulang Jari Pada Tubuh

Organ – organ tubuh yang satu ini perlu juga perlindungan dalam manusia karena tulang jari sangat berfungsi sebagai pelindung seperti tulang jari yang rusak akan mengakibatkan aktifitas kita akan terganggu.

Maka perlu kita lindungi dengan menggunakan :

  • Menggunakan sarung tangan dalam aktifitas
  • Memakai alat pelindung atau sefti
  • Menggunakan sarung tangan dalam melakukan pekerjaan yang menanggung resiko

Manfaat LimaTulang Jari Pada Manusia

Kita umumnya manusia memiliki lima jari yang sangat sempurna baik pada tangan maupun pada kaki, sehingga total jari yang kita miliki semuanya ada 20 jari setiap jari mempunyai arti dan fungsi yang berbeda – beda dan di bungkus dengan lapisan kulit atau masing – masing di setiap otot tulang jari.

Hikmah Tulang Jari Tangan

Adapun yang di maksud dengan bagian tulang jari tangan yang telah di jelaskan dalam artikel ini, tulang yang mempunyai fungsi untuk rangka anggota gerak bagian atas tubuh guna untuk penggerak hari tangan dan menyentuh atau memegang sesuatu yang berhubungan dengan tangan untuk memegang barang atau suatu benda tertentu.

Maka dari itu setiap tulang – tulang yang ada pada jari kita mempunyai fungsi dan bentuk yang berbeda sebagai jenis nama yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Demikianlah sobat pengertian tentang fungsi tulang jari tangan ini semoga dari artikel ini kita semua lebih mengetahui apa fungsi dari jari tangan kita, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga :