10 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kita kali ini akan membahas mengenai fungsi tulang hasta pada tubuh manusia. Tulang hasta dalah kita jumpai pada lengan. Simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Tulang Hasta

Pengertian tulang hasta adalah tulang yang menyimpan mineral dan menghasilakn sel – sel darah pada sum – sum tulang. Tulang hasta terletak searah dengan sisi jari kelingking, dekat dengan siku, medial lengan bawah, serta sejajar dengan tulang pengumpil. Tulang hasta sering disebut dengan ulna.

Tulang ini ibarat sebuah pipa yang mempunyai batang 2 ujung. Terletak di sebelah medial lengan bawah dan ukurannya lebih panjang dari pada radius atau tulang penumpil.

sebuah pipa yang mmepunyai sebuah batang dan dua ujung. Tulang ini terletak di sebelah di sebelah medial lengan bawah dan ukurannya lebih panjang dari pada radius atau tulang penumpil. Kepala tulang hasta ini berada pada bagian bawah, dan ulna ini terdiri atas tiga  bagian yakni ujung atas ulna, batang ulna dan ujung bawah ulna.

Berikut ini adalah fungsi tulang hasta antara lain:

  1. Sebagai penunjang kerangka tangan manusia
  2. Membantu pergelangan tangan untuk memutar
  3. Membentuk tulang lengan bawah
  4. Menunjang lengan bawah untuk mampu bergerak
  5. Menyimpan mineral dan mneghasilkan sel – sel darah pada sum sum tulang
  6. Bekerja sama dengan tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia
  7. Mendukung lengan bawah untuk pergerakan
  8. Melekatnya otot-otot lengan
  9. Sebagai penarikan otot
  10. Fleksibelitas sendi siku

Pada anak-anak umur empat tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang. Pada umur sepuluh tahun, terjadi pertumbuhan di olecranon. Pada umur enambelas tahun, bagian superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan pada bagian bawah terjadi pada usia kira-kira duapuluh tahun.

Berikut ini adalah gambar dari tulang hasta

10 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia

Ketika tulang hasta retak maka akan merasakan sakit pada bagian jari-jari juga, karena banyak otot-otot yang akan non aktif jika tulang hasta retak. Dalam hal ini tulang hasta sangat berpengaruh pada pergerakan hari dan lengan.

Banyak sekali otot lengan yang menempel di tulang hasta berikut ini adalah otot-ototnya:

  • Otot supinator
  • Otot triceps brachii
  • Otot extensor pollicis longus
  • Otot extensor indicis
  • Otot anconeus
  • Otot pronator teres
  • Otot flexor pollicis longus
  • Otot flexor digitorum profundus
  • Otot extensor carpi ulnaris
  • Otot flexor carpi ulnaris
  • Otot abductor pollicis longus
  • Otot brachialis
  • Otot pronator quadratus

Selain banyak otot yang melekat di tulang hasta, tulang hasta juga sebagai penyeimbang. Penyeimbang lengan dan tangan serta jari pada menusia. Tulang hasta juga sebagai pengendali pergerakan jari dan lengan. Jari-jemari yang setiap saat kita gerakkan merupakan control dari tulang hasta.

Selain itu tulang hasta juga sebagai penguat lengan, bayangkan jika tidak ada tulang hasta maka tangan akan mengalami kelumpuhan. Dan bentuk tangan akan cenderung kecil dan lemas. Proses olecranon (kepala proksimal dari ulna) berartikulasi dengan kepala distal humerus untuk memberikan gerakan terkontrol dan stabilisasi sendi siku.

Baca Juga:

10 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Demikian penjelasan mengenai fungsi tulang hasta. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.