Fungsi Prosesor

Posted on

Fungsi Prosesor Komputer – Processor atau prosesor termasuk kedalam salah satu komponen dalam komputer yang memiliki peran paling penting dari rangkaian komputer.

Fungsi Prosesor

Tanpa adanya alat yang satu ini, komputer tidak akan bisa digunakan alias tidak akan bisa dijalankan, karena prosesor merupakan otak dari sebuah komputer.

Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, maka ada baiknya jika kita memahami pengertian dan juga fungsi dari Processor Komputer. Yuk simak penjabaran berikut ini.

Definisi Prosesor

Processor atau yang dikenal juga dengan istilah otak komputer (CPU) merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting dalam komputer serta berfungsi untuk memproses data sekaligus mengontrol sistem yang ada dalam komputer.

Pada dasarnya, processor bertugas untuk membantu komputer dalam melakukan perhitungan dan juga menjalankan perintah-perintah yang diberikan oleh para pengguna komputer.

Umumnya, perangkat ini berada di motherboard yang diletakkan pada sebuah socket yang sudah disediakan. Uniknya, processor yang terdapat dalam sebuah komputer ternyata dapat diganti.

Namun, Processor yang dijadikan sebagai penggantinya harus disesuaikan dengan socket yang tersedia pada Motherboard. Apabila tidak sesuai, maka Processor atau CPU tidak bisa terkoneksi dengan komputer.

Pengertian Prosesor Menurut Para Ahli

Tidak hanya pengertian dari Processor yang ada di atas saja. Namun, terdapat beberapa para ahli yang menyatakan definisi dari Prosesor Komputer, yaitu antara lain sebagai berikut :

  • Juharis & Abdul Hamid
    Prosesor sering diartikan sebagai pusat eksekusi dari setiap perintah yang diberikan, baik itu berupa sebuah instruksi maupun data dalam sistem komputer.
  • Lia Kuswayatno
    Prosesor merupakan sebuah chip, yang tugasnya adalah menjadi prosesor utama sekaligus kendali pusat dari berbagai perangkat yang terkandung dalam komputer.
  • Rahmat Putra
    Processor sering diartikan sebagai komponen terpenting di dalam komputer dimana fungsinya untuk mengendalikan semua komponen yang terdapat pada komputer, untuk memproses data dan menjalankan semua sistem operasi yang diinstal pada komputer.
  • Ir. Sugiyono
    Prosesor merupakan salah satu perangkat komputer yang berperan sangat penting sebagai pelaksana dalam menjalankan perintah atau program yang ada di dalamnya.
  • Ajen Dianawati
    Prosesor merupakan suatu perangkat atau alat yang dipakai untuk mengolah sekaligus memproses sebuah data yang umumnya berupa tulisan, angka maupun gambar di dalam komputer.

Baca Juga :
Komponen Komputer
Pengertian Komputer
Perangkat Input

Komponen – Komponen Dalam Prosesor

Perlu kalian ketahui, bahwa dalam menjalankan tugasnya sebagai otak komputer atau CPU, Processor tersusun atas beberapa komponen di dalamnya, yaitu sebagai berikut :

  • Aritmatical Logical Unit (ALU), adalah komponen yang tugasnya melakukan semua bentuk perhitungan aritmatika atau matematika sesuai dengan instruksi yang ditentukan oleh program.
  • Control Unit (CU), adalah salah satu komponen Prosesor yang bertugas dalam mengatur lalu lintas data, misalnya seperti input dan juga output. Semua perangkat yang terdapat dalam sistem komputer dikendalikan oleh CU.
  • Memory Unit (MU), merupakan sebuah media penyimpanan yang berukuran kecil namun mempunyai speed akses yang lumayan tinggi.

Cara Kerja Processor

Cara kerja dari Prosesor ini terbilang sangat rumit yaitu mulai dari menerima perintah masukkan (input) baik yang berasal dari mouse, keyboard atau perangkat input data lainnya yang terkoneksi dengan komputer.

Kemudian, Prosesor akan menerjemahkan data-data perintah yang masuk ke komputer dan setelah itu akan dikeluarkan (output) melalui perangkat hardware atau software yang terhubung.

Fungsi Prosesor Komputer

Fungsi Prosesor

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari Processor secara umum, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pemrosesan data atau informasi dalam komputer, karena komputer terdiri dari serangkaian perangkat elektronik yang diatur sesuai dengan arsitektur beserta dengan pengaturan tertentu.
  2. Integrasikan semua komponen internal komputer sehingga dapat bekerja sama dengan baik.
  3. Berfungsi sebagai perangkat yang digunakan untuk mengurangi terjadinya overlapping tugas pada setiap perangkat komputer.
  4. Untuk melindungi serta menjaga performa dari kinerja sebuah komputer.
  5. Melakukan perhitungan algoritma dalam melaksanakan perintah yang diberikan oleh pengguna komputer.
  6. Sebagai perangkat yang digunakan untuk memastikan supaya komputer dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.
  7. Berfungsi untuk menjaga kualitas serta stabilitas dari setiap perangkat komputer yang sedang melakukan pekerjaannya.
  8. Berperan sebagai otak sekaligus pusat kendali dari semua proses yang terjadi dalam komputer.

F.A.Q

Apa itu Prosesor?

Processor (CPU) merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting dalam komputer serta berfungsi untuk memproses data sekaligus mengontrol sistem yang ada dalam komputer.

Bagaimana cara kerja dari Prosesor?

Cara kerja dari Prosesor ini terbilang sangat rumit yaitu mulai dari menerima perintah masukkan (input) baik yang berasal dari mouse, keyboard atau perangkat input data lainnya yang terkoneksi dengan komputer.

Fungsi utama dari Prosesor adalah?

Prosesor berfungsi sebagai otak dan juga pusat pengendali semua sistem yang terdapat di dalam komputer.

Itu saja yang dapat Rumus.co.id sampaikan dalam ulsan kali ini. Semoga membantu pembaca setia memahami Fungsi dari Prosesor Komputer.