7 Fungsi Mulut Pada Tubuh Manusia

Posted on

Rumus.co.id – Sebelum kita sudah membahas mengenai fungsi lambung dan fungsi usus halus. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi mulut pada tubuh manusia. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Mulut

Pengertian mulut adalah tempat di mana makanan mulai masuk kedalam tubuh dan di mana pencernaan dimulai (lihat sistem pencernaan). Mulut merupakan awal mula proses pencernaan makanan, didalam mulut juga ada proses kimiawi oleh air ludah yang kemudian menuju lambung melelui kerongkongan.

Mulut memiliki salah satu fungsi penghalus makanan, karena terdapat gigi, lidah dan air liur sebagai pelumat makanan. Selain berfungsi sebagai anggota pencernaan, mulut juga sebagai alat berbicara pada manusia. Manusia dapat berkomunikasi melalu mulut.

Pada setiap harinya kita sangat membutuhkan mulut. Mulut sebagai alat untuk kehidupan sehari-hari misalnya minum, makan, bicara, mengunyah dan lain-lain. Ada beberapa bagian di dalam mulut dibawah ini nanti kita bahas.

Dalam kehidupan sehari-hari mulut sangat berperan aktif pada segala aktifitas manusia. Fungsi utamanya adalah berkumunikasi di antara orang-orang banyak dan berbicara. Selain berbicara juga untuk bernyanyi, setiap orang memiliki suara yang berbeda-beda.

Fungsi Mulut

Berikut ini adalah fungsi tubuh manusia antara lain:

  1. Sebagai alat berbicara (komunikasi)
  2. Salah satu bagian dari sistem pencernaan
  3. Penafasan selain hidung
  4. Mengunyah dan menggiling makanan
  5. Merasakan makanan
  6. Menelan makanan
  7. Tempat pertama untuk makanan masuk pada pencernaan

Bagian-Bagian Mulut

Fungsi Mulut Pada Tubuh Manusia

Berikut ini adalah bagian-bagian mulut antara lain:

1.      Mulut

Dua struktur seluler dan otot yang membentuk pintu masuk ke mulut. Bibir menandai transisi dari kulit membran mukosa lembab.

2.      Gigi

Gigi digunakan untuk menghaluskan makanan pada setiap makanan masuk. Penghalusannya menurut teori 21 kali pengunyahan. Tetapi jika makanan yang sedikit lembek maka akan cepat halus.

3.      Lidah

Lidah untuk melumat semua makanan yang masuk dan sebagai indra perasa. Tanpa lidah kita tidak akan pernah merasakan lezatnya makanan.

4.      Gusi

Terdiri dari jaringan fibrosa dan padat yang melapisi lengkungan alveolar dan pelukan gigi. Gusi adalah langit-langit mulut tempat wadahnya makanan.

5.      Langit-langit Mulut

Langit-langit membentuk langit-langit mulut dan memisahkan mulut dari rongga hidung. Langit-langit terdiri dari dua bagian yang sangat berbeda. Selama menelan, langit-langit lunak dan uvula bergerak ke atas agar makanan tidak langsung masuk ke rongga hidung dan ke orofaring.

6.      Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah adalah kelenjar kecil, ditemukan di banyak bagian mulut, yang menghasilkan air liur. Semuanya terletak di bawah selaput lendir. Kelenjar ludah terbesar adalah kelenjar parotid yang terletak pada setiap sisi, hanya di depan telinga.

Gangguan Mulut

Berikut ini adalah beberapa gangguan mulut antara lain:

  • Infeksi seperti sariawan, herpes (sakit sariawan) atau tonsilitis
  • Halitosis (bau mulut)
  • Sindrom mulut kering
  • ulkus mulut
  • kanker mulut
  • Sumbing dan bibir sumbing
  • Masalah Tongue seperti permukaan retak atau dilapisi
  • Masalah gigi seperti karies gigi (gigi berlubang) atau dampak gigi bungsu

Sehingga kita harus menjaga kesehatan didalam mulut dengan menggosok gigi sebelum tidur, membersihkan kerang gigi, banyak mengkonsumsi vitamin C. karena mulut adalah asset tubuh manusia yang berharga.

Mulut juga ada kaitannya dengan telinga. Terkadang orang yang tidak bias berbicara maka dia akan mengalami gangguan pendengaran.

Baca Juga:

11 Fungsi Lambung Pada Tubuh Manusia

9 Fungsi Usus Halus Pada Tubuh Manusia

Demikian Pembahasan yang menarik mengenai fungsi mulut pada tubuh manusia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.