Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli – Manajemen dapat dikatakan sebagai peroses dari pelaksanaan tujuan, perencanaan, dijalankan dan juga pengontrolan suatu suatu sumber daya agar mencapai hasil yang efektif.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Pada kesempatan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjabaran dari Fungsi Manajemen. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang materi kali ini, ada baiknya jika kita mengetahui apa itu Manajemen?

Untuk itu, mari kita simak penjabaran yang ada dibawah ini.

Apa itu Manajemen?

Manajemen adalah ilmu yang sistematis yang digunakan untuk memahami proses manusia yang melakukan kegiatan kerjasama agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kelompok tertentu dan seluruh masyarakat.

Setiap individu pasti memiliki sistem manajemennya masing-masing, yaitu dimualai dari memanajemen diri sendiri yang terdiri dari jadwal serta rute yang di buat untuk berbagai aktifitas yang akan dilaksanakan.

Baca Juga : Manajemen – Pengertian, Definisi, Fungsi, Tujuan dan Unsur

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen yang dimaksud disini bukan fungsi secara kegunaan, tetapi fungsi sebagai pedoman bagi setiap anggota dalam suatu organisasi, diantaranya adalah :

1. Menurut Henry Fayol

Fungsi dari manajemen menurut Henry Fayol sudah dijelaskan didalam bukunya yang berjudul General and Industrial Manajemnet yang mengatakan bahwa terdapat 4 kegunaan manajemen, diantaranya adalah :

  • Perencanaan (Planning), merupakan sebuah perencanaan yang berkaitan dengan tujuan serta target perusahaan untuk mencapai hasil yang sempurna.
  • Pengorganisasian (Organizing), merupakan sebuah pengorganisasian beberapa hal agar mewujudkan tujuan perusahaan.
  • Pengarahan (Commanding), yaitu seseorang yang bertugas untuk memberikan arahan kepada seluruh karyawannya agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan.
  • Pengawasan (Controlling), yaitu suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengawasi berbagai macam kegiatan yang dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang tak diinginkan.
  • Pengkoordinasian (Coordinating), yaitu melaksanakan berbagai aktivitas agar tidak adanya kekacauan.

Kata commanding yang ada diatas berarti memberikan perintah, dimana biasanya yang dapat memberikan perintah hanyalah pemimpin yang memiliki pangkat tertinggi.

2. Menurut G.R Terry

Didalam bukunya yang berjudul Principle of manajemnet yang menjelaskan empat fungsi dari manajemen yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pengendalian dan juga Pelaksanaan.

Fungsi dari manajemen yang dijelaksan dalam buku yang diterbitkan oleh G. R terry mempunyai kesamaan dengan fungsi manajemen secara umum.

Baca Juga : Fungsi, Tujuan dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

3. Menurut Luther Gullick

Terdapat beberapa fungsi manajemen yang diungkapkan oleh Luther Gullick, yaitu sebagai berikut :

  • Perencanaan (Planning) : yaitu kegiatan pemilihan serta penentuan dari semua kegiatan dan sumber daya yang dilakukan di masa depan agar dapat mewujudkan tujuan tertentu.
  • Pengorganisasian (Organize) : yaitu suatu pembagian tugas yang terjadi antara orang-orang yang terlibat didalam sistem kerja sama atau tim di perusahaan.
  • Staf (penempatan) : yaitu suatu kegiatan yang digunakan untuk menunjuk, memilih, mempromosikan serta mengelola staf.
  • Briefing (Pengarahan) : yaitu pemberian penjabaran, instruksi, pertimbangan dan pengarahan yang melibatkan para petugas sehingga semua pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.
  • Koordinat (Coordinate) : adalah berbagai kegiatan yang dilakukan untuk menghindari berbagai kekacauan dan minimnya pembagian waktu dengan cara menyelaraskan pekerjaan yang ada sehingga dapat bekerja secara sinergis.
  • Laporan (Reporting) : yaitu memberikan sebuah informasi kepada manajer sehingga orang yang terlibat dapat mengikuti perkembangan serta kemajuan pekerjaan yang dilaksanakan.
  • Penganggaran (Budgeting) : yaitu pengawasan organisasi yang dilakukan melalui sebuah perencanaan pajak serta akuntansi berdasarkan dengan biaya yang diminta oleh suatu perusahaan.

4. Menurut Lyndall F. Urwick 

Terdapat beberapa fungsi manajemen yang diungkapkan oleh Lyndall F. Urwick, yaitu sebagai berikut :

  • Staffing (Penyusunan) : yaitu penyampaian peningkatan dari hasil kegiatan atau memberikan keterangan tentang segala hal yang berhubungan erat dengan tugas serta fungsi kepada pemimpin perusahaan.
  • Planning (Perencanaan) : yaitu berbagai macam batasan mengenai suatu perencanaan dari yang sederhana hingga ke yang sangat sulit.
  • Organizing (Pengorganisasian) : yaitu suatu anggota kelompok yang saling bekerjasama dengan menggunakan cara yang trstruktur dengan baik.
  • Controlling (Pengawasan) : yaitu memberikan sebuah penilaian terhadap apapun yang dilakukan oleh karyawannya supaya diarahkan ke jalan yang lebih baik dengan maksud dan tujuan yang sudah ditentukan.
  • Commanding (Pengarahan) : yaitu sebuah upaya yang digunakan untuk memberikan pengarahan, saran serta perintah kepada karyawannya agar dapat melaksanakan tugas masing-masing dengan baik.
  • Coordinating (Pengkoordinasian) : adalah melakukan berbagai macam kegiatan agar terhindar dari kesalahan fatal serta kosongnya jadwal kegiatan dengan cara memadankan semua pekerajaan karyawan sehingga terjalinnya kerjasama yang terkontrol.

5. Menurut John F. Mee

Terdapat beberapa fungsi manajemen yang diungkapkan oleh John F. Mee, yaitu sebagai berikut :

  1. Planning (perencanaan), yaitu sebuah proses perencanaan kegiatan yang dilakukan secara untuk masa depan.
  2. Organizing (pengorganisasian), merupakan sebuah proses mengelompokkan masyarakat, kagiatan, peralatan serta tanggungjawab sehingga organisasi dapat dilaksanakan secara keseluruhan.
  3. Motivating (motivasi), yaitu sebuah proses pemberian dorongan kepada karyawannya agar dapat meningkatkan kinerja mereka.
  4. Controlling (pengawasan), merupakan sebuah proses yang dilaukan untuk mengawasi pelaksanaan dari seluruh kegiatan yang dilakukan.

Baca Juga : Konsep Manajemen

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Manajemen?

Manajemen adalah ilmu yang sistematis yang digunakan untuk memahami proses manusia yang melakukan kegiatan kerjasama agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kelompok tertentu dan seluruh masyarakat.

Tujuan utama dari Manajemen adalah?

Tujuan utama dari penggunaan sistem manajemen yaitu agar memperoleh hasil yang maksimal namun dengan upaya serta sumber daya yang minimum.

Mengapa Manajemen itu penting?

Sebab, Manajemen merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mewujudkan berbagai tujuan yang diharapkan.

Demikianlah ulasan dari artikel kali ini, semoga menjadi wawasan baru untuk kita semua.