10 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Posted on

Rumus.co.id – Selain protein dan karbohidrat fungsi lemak cukup penting untuk tubuh manusia. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi lemak bagi tubuh manusia.

Fungsi Lemak

Lemak adalah senyawa kimia tidak larut air yang disusun oleh unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air), untuk melarutkan lemak dibutuhkan pelarut khusus seperti eter, klorofom dan benzen. Seperti halnya karbohidrat dan protein, lemak juga merupakan sumber energi bagi tubuh manusia.

Meskipun sumber energi dari karbohidrat, lemak juga sangat berperan dalam sumber energi cadangan ketika karbohidrat tidak ada. Lemak dalam kadarnya akan sangat baik digunakan tubuh manusia, tetapi jika lemak berlebihan akan menimbulkan banyak penyakit. Sehingga lemak dapat berpengaruh dalam bentuk tubuh manusia.

10 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Berikut ini adalah fungsi lemak antara lain:

1.      Menambah Energi

Seperti sudah dibahas di atas bukan hanya karbohidrat sumber energi tetapi lemak juga dapat menjadi cadangan energi ketika karbohidrat tidak ada. Mengkonsumsi karbohidrat akan berpengaruh pada lemak. Lemak sama saja dengan cadangan makanan dalam tubuh manusia. Dapat di gunakan jika makanan (karbohidrat) habis atau tidak ada.

2.      Membentuk Sel

Lemak sangat berperan aktif pada pembentukan sel-sel yang ada di dalam tubuh manusia. Dalam hal ini peran lemak akan sangat membantu dalam suplai sel-sel terus menerus.

3.      Menjaga Organ Tubuh

Salah satu fungsi lemak yang tidak terduga adalah menjaga organ tubuh. Hamper 45% organ-organ di dalam tubuh di lindungi oleh lemak. Dalam kadarnya lemak akan melindungi dan menjaga organ tetapi akan sangat berbahaya jika lemak berlebih.

4.      Menyerap Vitamin

Vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K akan larut kedalam lemak kemudian diserap oleh tubuh. Sehingga lemak dapat berperan aktif bagi penyerapan beberapa vitamin.

5.      Cadangan Makanan

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa lemak adalah cadangan makanan untuk energi tubuh manusia. Manusia akan tetap bisa beraktivitas walaupun belum makan karbohidrat, masih ada cadangan makanan yaitu lemak.

6.      Menjaga Suhu Tubuh

Salah satu kegunaan lemak adalah menjaga suhu tubuh. Orang yang gemuk akan kebal terhadap rasa dingin tetapi tidak akan tahan dengan panas. Begitu sebaliknya sebaliknya orang kurus tidak akan tahan dengan dingin.

7.      Membantu Buang Air Besar

Kandungan lemak jenuh dapat membantu proses pembuangan veses atau racun dalam tubuh manusia. Lemak akan membantu memperlancar pembuangan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh pada usus.

8.      Penghemat Protein

Fungsi lemak adalah penghemat protein. Karena lemak dapat menyaring enzim-enzim protein dengan sempurna. Jika tidak ada lemak maka banyak protein akan terbuang dengan sia-sia.

9.      Menambah Daya Pikir Otak

Lemak dapat menambah daya pikir otak pada saat berfikit. Karena selain karbohidrat lemak dapat membantu mengaktifkan sel-sel otak untuk berfikir keras saat digunakan dengan maksimal.

10.  Menambah Rasa

Dengan adanya lemak maka makanan rasanya akan sedikit bertambah enak. Kebanyakan makanan yang mengandung lemak adalah makanan yang enak dan lezat.

Jenis lemak

Berikut ini ada tiga jenis lemak yaitu lemak jenuh, lemak tidak jenuh dan lemak trans:

  1. Lemak jenuh

Berikut ini adalah makanan yang mengandung lemak jenuh susu, mentega, minyak kelapa, minyak kelapa sawit.

  1. Lemak tidak jenuh

Berikut ini adalah makanan yang mengandung lemak tidak jenuh minyak zaitun, alpukat, minyak jagung, minyak kacang, kacang-kacangan.

  1. Lemak trans

Lemak trans hampir sama dengan lemak jenuh, minyak ini mampu meningkatkan kolestrol dalam tubuh.

Baca Juga:

10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

14 Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

Demikian pembahasan mengenai 10 fungsi lemak bagi tubuh manusia. Kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat tentunya.