11 Fungsi Lambung Pada Tubuh Manusia

Posted on

Rumus.co.id – sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi tulang hasta dan tulang atas. Pada kali ini kita akan membahas mengenai fungsi lambungpada tubuh manusia. Simak penjelasan berikut ini

Pengertian Lambung

Lambung adalah bagian dari proses pencernaan makanan yang berfungsi sebagai menyimpan, memecah, membersihkan makanan. Lambung terletak di bagian atas sebelah kiri perut.

Setelah makanan masuk kedalam mulut dan melalui kerongkongan maka selanjutnya akan di proses di dalam lambung. Lambung memiliki peran penting pada pencernaan manusia. Makanan yang masuk kedalam lambung akan mengalami proses kimiawi. Lambung dapat mencerna protein, vitamin, enzim-enzim lainnya.

Lambung manusia tempat penyimpanan, memecah dan membersihkan makanan yang tertelan yang sebelum nya memasuki usus untuk pencernaan dan penyerapan. Fungsi lain dari lambung termasuk menyerap beberapa ion, air, dan beberapa senyawa larut lemak, seperti alkohol, aspirin, dan kafein.

Fungsi Lambung Pada Tubuh Manusia

Lambung dapat menyelesaikan tugasnya sekitar satu atau dua jam sebelum masuk kedalam usus untuk proses selanjutnya. lambung melepaskan zat yang disebut asam lambung, yang merupakan campuran dari lendir, asam klorida dan enzim. Zat ini mem-bu-nuh banyak bakteri dalam makanan dan membantu memecah berbagai komponen dalam makanan.

Lambung identik dengan asam lambung yang melilit pada lambung. Penyakit ini merupakan penyakit sederhana tetapi bisa berakibat fatal. Alat pencernaan ini terbuat dari zat protein, sehingga jika tidak dilakukan perlindungan maka getah lambung akan berkembang dan memecah perut. Didalam lambung memiliki lapidan tebal berlendir dengan enzim inhibitor dan bikarbonat untuk memecah asam lambung.

Fungsi Lambung

Berikut ini adalah fungsi lambung pada tubuh manusia khususnya proses pencernaan:

  1. Membantu proses pencernaan makanan tahap dua setelah dari mulut.
  2. Mengubah protein menjadi pepton
  3. Lambung juga mencerna lemak yang masuk kedalam tubuh melalui makanan
  4. Membekukan susu dan mengeluarkan kasein
  5. Makanan yang masuk kedalam lambung akan dicampurkan dengan HCl.
  6. Mengubah makanan menjadi bentuk bubur supaya mudah di cerna
  7. Menyimpan makanan sementara
  8. Memecah molekul-molekul makanan
  9. Menciptakan campuran semicair disebut chyme
  10. Perut bisa memproduksi dan mengeluarkan sekitar 2 sampai 3 liter asam lambung per hari, terutama lambung.
  11. Asam lambung (HCl) didalam lambung berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang terdapat dalam makanan yang ada di lambung.

Bagian-bagian Lambung

Didalam lambung ada beberapa bagian lambung. Berikut ini adalah bagian-bagian lambung antara lain:

  1. Kardia adalah pintu masuk makanan yang berasal dari kerongkongan. Kardia terletak di lambung bagian atas.
  2. Fundus adalah daerah lambung bagian tengah yang berbentuk bulat. Fundus merupakan tempat di mana gas-gas terakumulasi. Di dalam fundus pula makanan yang tidak dicerna disimpan selama kurang lebih satu jam.
  3. Pilorus adalah daerah lambung yang berada di bagian bawah. Bagian ini merupakan daerah yang berhubungan langsung dengan usus dua belas jari. Di bagian pilorus inilah proses pencernaan secara kimia terjadi.

Gangguan yang sering terjadi pada lambung adalah maag. Maag ini disebabkan karena lapisan dinding pada lambung rusak atau tipis. Sehingga asam HCL kandungannya berlebih mengakibatkan maag. Rasa maag sangat perih pada lambung dan melilit.

Baca Juga:

7 Fungsi Usus Besar Pada Tubuh Manusia

9 Fungsi Usus Halus Pada Tubuh Manusia

Demikian Pembahasan yang menarik mengenai fungsi lambung pada tubuh manusia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.