10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Posted on

Rumus.co.id – Karbohidrat adalah zat yang sangat penting bagi tubuh manusia selain protein. Berikut ini kita akan membahas mengenai fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia dengan penjelasannya yang lengkap. Simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang dapat menjadi energi bagi tubuh manusia. Tanpa adanya karbohidrat maka manusia tidak akan mempunyai energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam hal ini karbohidrat sangat berperan aktif dalam kelangsungan hidup manusia.

Sebagian besar fungsi utama karbohidrat adalah nutrisi energi. Tetapi ada juga hal lain yang berkaitan dengan pengendalian berat badan. Biasanya seseorang yang melakukan penurunan berat badan akan menghindari berbagai macam yang berhubungan dengan karbohidrat karena akan menimbun lemak yang berlebih.

Fungsi Karbohidrat

Berikut ini adalah 10 fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia antara lain:

1.      Sumber Energi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dungsi utama energi sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. Kebutuhan energi dapat di cukupkan dengan mengkomsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.karbohidrat akan di pecah menjadi glukosa dan akan diserap pada aliran darah.

2.      Mempertahankan Massa Otot Tubuh

Fungsi karbohidrat juga mempertahankan massa otot tubuh bagi manusia. Ketika tidak ada cadangan makanan atau lemak energi akan menggunakan otot untuk beraktifitas. Dengan terus menerus menggunakan massa otot maka tubuh manusia akan merasa lemas tidak mempunyai tenaga.

3.      Menghindarkan Tubuh dari Resiko Penyakit

Fungsi karbohidrat menghindari tubuh dari resiko penyakit. Dalam hal ini karbohidrat sering di kaitkan dengan penyakit serangan jantung dan diabetes. Masyarakat beranggapan kelebihan karbohidrat. Semua itu tidak akan berlaku jika mendapatkan karbohidrat dari tanaman hijau atau sayur serta buah-buahan. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut maka akan terhindar dari penyakit jantung dan diabetes.

4.      Karbohidrat Penting untuk Fungsi Otak

Fungsi karbohidrat penting bagi fungsi otak manusia. Sering kali disebutkan bahwa memikir kerasa sangat membutuhkan energi yang banyak. Hal itu sangat benar, karena otak membutuhkan energi untuk mengaktifkan sel-sel untuk berfikir lebih baik.

5.      Kesehatan Pencernaan

Fungsi karbohidrat juga sebagai kesehatan pencernaan. Karbohidrat nutrisi baik yang menciptakan energi dalam tubuh. Pencernaan yang baik adalah kandungan dalam makanan yang seimbang. Ketika perut dalam bermasalah berarti ada yang salah dalam asupan makan. Sehingga sebisa mungki harus makan makanan yang seimbang.

6.      Mengoptimalkan Fungsi Protein

Dalam hal ini karbohidrat juga ada kaitannya dengan protein. Karbohidrat dapat mengoptimalkan fungsi protein dalam tubuh manusia. Manusia harus mengoptimalkan asupan karbohidrat agar fungsi protein juga bias diserap dalam tubuh secara baik. Karena keduanya adalah bagian terpenting bagi tubuh manusia.

7.      Mengendalikan Berat Badan

Pernahkan anda menjalankan Diet? Tentu makanan yang sangat di hindari adalah karbohidrat. Karena karbohidrat dapat mengendalikan berat badan manusia. Karbohidrat dapat menjadi pemicu naik turunnya berat badan.

8.      Mencegah Berbagai Serangan Penyakit

Fungsi karbohidrat juga dapat mencegah berbagai penyakit. Serat yang terkandung dalam karbohidrat dapat mencegah berbagai penyakit dan sistem kekebalan dalam tubuh. Karbohidrat dalam kandungan sayur atau buah adalah nutrisi yang terbaik bagi tubuh. Oleh karena itu sangat di sarankan mengatur karbohidrat dengan baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

9.      Memelihara Kesehatan Jantung

Fungsi karbohidrat yang selanjutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Kandungan serat dari buah dan sayur dalap membuah kandungan jantung semakin sehat dan kuat. Tetapi tidak direkomendasikan nasi.

10.  Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Bukan hanya protein saja, tetapi karbohidrat dapat menyerap nutrisi lain dalam tubuh manusia. Nutrisi yang baik karbohidrat adalah laktosa yang sangat penting bagi tubuh manusia. Menjaga asupan karbohidrat adalah menjaga nutrisi daya tahan tubuh dan keseimbangan nutrisi tubuh.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Berikut adalah makanan yang mengandung karbohidrat antaralain:

  • Nasi
  • Roti
  • Gandum
  • Kentang
  • Jagung
  • Kedelai
  • Beras merah
  • Almon
  • Asparagus
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Pisang
  • Tomat

Baca Juga:

14 Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

10 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Demikian pembahasan mengenai 10 Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia. Kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik dan bermanfaat tentunya.