Fungsi Ginjal

Posted on

Fungsi Ginjal Dalam Sistem Ekskresi – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memainkan peran sangat penting dalam tubuh manusia, terutama dalam sistem ekskresi.

Fungsi Ginjal

Badan ini melakukan berbagai kegiatan, misalnya menyaring darah, membuang limbah dan juga racun serta mengeluarkannya sebagai cairan urin. Selain itu, ginjal bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan seluruh cairan yang ada di dalam tubuh.

Biasanya manusia memiliki dua ginjal yang ukurannya kira-kira sebesar kepalan tangan. Organ ini terletak di kedua sisi tubuh dekat dengan tulang iga bawah. Berikut ini merupakan anatomi dari organ ginjal yaitu …

Anatomi Organ Ginjal

Berikut ini merupakan anatomi dari organ ginjal yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Korteks renal

Pada bagian paling luar dari ginjal, disebut juga dengan korteks. Nah, pada bagian ini dikelilingi oleh kapsul ginjal dan juga lapisan lemak yang berperan untuk melindungi struktur organ ginjal dari berbagai macam kerusakan.

2. Medula renal

Medula merupakan sebuah jaringan yang terdapat pada ginjal yang bersifat sensitif. Pada bagian ini tersusun atas siklus Henle dan juga piramida ginjal, yaitu sebuah struktur kecil yang mengandung nefron serta tubulus.

Tubulus inilah yang nantinya digunakan untuk mengangkut cairan yang ada di ginjal dan mengeluarkan dalam bentuk sebuah urin dari dalamnya.

3. Pelvis renal

Pelvis renal merupakan bagian paling dalam dari ginjal yang memiliki bentuk seperti corong. Fungsi atau peran dari bagian yang satu ini yaitu sebagai jalur agar cairan dapat mengalir dari ginjal ke kandung kemih.

Baca Juga :
Larutan Penyangga – Pengertian, Komponen, Rumus, Fungsi
Anatomi Tubuh Manusia : Fungsi Sistem Organ Tubuh Manusia (+Gambar)
Sistem Hormon – Pengertian, Fungsi, Peran, Dan Cara Kerja
Sistem Ekskresi Pada Manusia

Fungsi Ginjal (Renal)

Ginjal menyaring sekitar 200 liter darah per hari. Selain menyaring darah, mengubah vitamin D ke dalam tubuh dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh, ginjal juga melakukan banyak fungsi lainnya, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai Organ Penghasil Hormon

Renal atau ginjal adalah organ yang memproduksi hormon. Hormon yang diproduksi oleh ginjal adalah hormon erythropoietin yang bertindak sebagai stimulan guna meningkatkan laju dari pembentukan sel darah merah melalui sumsum tulang.

2. Melindungi Keseimbangan Air

Ginjal memiliki fungsi untuk memantau dan juga mengendalikan keseimbangan air di dalam tubuh. Melalui organ ini, maka semua jaringan yang ada di dalam tubuh pasti akan menerima air agar dapat berfungsi dengan baik.

Ginjal bereaksi terhadap perubahan level air di dalam tubuh. Renal akan membendung air dan tidak akan membuangnya ketika tubuh sedang mengalami dehidrasi.

3. Menyaring dan juga Membuang Limbah

Ginjal memainkan peran yang sangat penting dalam menghilangkan racun, salinitas berlebihan dan juga urea atau limbah nitrogen yang dihasilkan oleh metabolisme protein.

Ketika urea terbentuk, maka darah akan mengalir ke organ ginjal untuk diangkat. Tanpa organ ini, maka limbah dan juga racun akan menimbun di dalam darah.

4. Untuk Mengatur Tekanan Darah dan Salinitas

Pengaturan tekanan darah dan juga kadar garam yang ada di dalam darah juga merupakan fungsi dari ginjal. Sebagai suatu proses, ginjal akan memproduksi enzim renin. Saat menyaring darah, maka ginjal memerlukan aliran serta tekanan darah yang konstan.

5. Sebagai Organ Untuk Menjaga Kadar Gula Darah

Fungsi ginjal selanjutnya sangat berkaitan erat dengan produksi insulin dan adrenalin, yang harus mengontrol kadar gula darah. Fungsi dari kedua hormon ini yaitu pada insulin berfungsi untuk menstabilkan kadar gula tinggi, sedangkan adrenalin berperan untuk meningkatkan kadar gula yang rendah.

6. Untuk Merangsang Pembentukan Sel Darah Merah

Ginjal mempunyai fungsi yang lain, yaitu untuk menghasilkan hormon erythropoietin. Hormon ini bekerja dengan cara merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Karena fungsinya yang sangat penting, maka ginjal harus dilindungi dengan baik.

F.A.Q

Ginjal adalah?

Ginjal adalah salah satu organ yang ada didalam tubuh manusia, dimana organ ini memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh manusia, terutama dalam sistem ekskresi.

Penyakit apa saja yang dapat menyerang Ginjal?

1. Batu ginjal
2. Kanker Ginjal
3. Batu Ginjal
4. Ginjal polikistik

Jenis-jenis tes yang dilakukan dalam pemeriksaan Ginjal?

1. Tes darah, adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui seberapa optimalkah bagian ginjal dalam menyaring darah.
2. Tes urine, adalah tes yang dilakukan untuk mengukur jumlah albumin (semacam protein) yang dilarutkan dalam urin.

Sekian ulasan yang dapat Rumus.co.id berikan untuk para readers setia, semoga bermanfaat ya eman-teman..

Related posts: