Fungsi Faring – Pengertian, Gambar, Struktur, Istilah, Dan Penyakit Faring

Posted on

Apa itu faring – Faring adalah sebuah tabung fubromuskular yang terletak di depan tulang leher. Berikut ini penjelasan materi makalah pengertian, istilah, gambar, fungsi faring serta penyakit yang menyerang pada faring, simkalah penjelasna berikut.

Faring dalam bahasa Yunani yakni pharynx ialah tenggorokan atau kerongkongan yang merupakan suatu bagian dari sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Istilah ini di pakai dalam ilmu kedokteran. Faring ialah sebuah tabung fibromuskular yang terletak persis di depan tulang leher yang berhubungan dengan rongga hidung, rongga telinga tengah, dan laring.

Pada umumnya faring ini dibagi ke dalam 3 buah bagian yaitu :

  • Faring nasal yakni yang berhubungan dengan rongga hidung
  • Faring oral yakni yang berhubungan dengan rongga paru – paru
  • Faring laryngeal yakni yang berhubungan dengan epiglotis dari laring serta menuju ke rongga Esofagus.

Istilah faring juga dapat digunakan untuk menggambarkan suatu bagian yang berbeda dari saluran pencernaan invertebrata. Pada beberapa jenis spesies seperti invertebrata, struktur nya yakni tebal dan berotot.

Terkadang dapat terjadi sebuah eversible (diputar atau diputar keluar) dan mungkin bisa memiliki lebih banyak fungsi. Misalnya yakni bersifat suctorial (untuk menghisap) dan peristaltik (sebuah gerakan meremas – remas pada dinding kerongkongan).

Pengertian Faring

Faring adalah sebuah lorong berbentuk kerucut yang mengarah dari rongga mulut dan hidung yang terletak di kepala ke arah kerongkongan dan laring. Ruang faring melayani suatu fungsi pernapasan dan pencernaan.

Gambar Faring

fungsi faring
faring

Fungsi Faring

Fungsi dari faring ialah untuk mentransfer makanan dari mulut ke kerongkongan dan bisa juga untuk menghangatkan, melembabkan dan menyaring udara sebelum bergerak ke dalam trakea. Faring ialah bagian kedua dari rongga pencernaan dan sistem pernapasan.

Serabut tebal otot dan jaringan ikat menempelkan faring ke pangkal tengkorak dan struktur yang ada di sekitar nya. Kedua otot tersebut melingkar dan memanjang yang terjadi di dinding faring, otot – otot yang melingkar tadi membentuk sebuah konstriksi yang membantu untuk mendorong makanan ke dalam kerongkongan dan mencegah udara tertelan, sementara serat longitudinal mengangkat dinding faring pada saat menelan.

Dan faring terdiri dari 3 buah bagian utama. Faring yang terletak di bagian belakang mulut dan hidung dikenal sebagai tenggorokan.

Ketika makanan di dorong ke arah bagian belakang mulut dengan lidah, trakea atau batang tenggorokan akan menutup, dan makanan akan bergerak ke arah faring.

Kemudian kombinasi dari kedua otot sadar dan tidak sadar ini bekerja untuk menelan makanan, dan memaksa masuk ke dalam kerongkongan, yang bergerak bersamaan ke arah perut. Sebuah lapisan tebal pada faring melindungi dari partikel makanan yang bersifat kasar dan keras dari komponen makanan kimia.

Namun ketika tidak sedang digunakan untuk mentransfer makanan, faring akan menyediakan tempat untuk udara untuk pemanasan dan memperoleh tingkat kelembaban yang tepat, sebelum memasuki trakea dan bergerak ke arah paru – paru.

Maka udara yang melewati hidung atau mulut akan langsung masuk ke faring. Lapisan lendir pada faring menyaring partikel debu dan kontaminan lain nya dari udara. Lalu udara tadi akan mengalir melalui laring di bagian atas trakea dan akan terus mengarah ke dalam paru – paru.

Faringalisasi

Faringalisasi yakni sebuah istilah fonologi. Fenomena ini merupakan artikulasi kedua dari bunyi vokal atau konsonan yang di ikuti oleh penyempitan dalam faring atau hulu kerongkongan. Contoh yang paling terkenal yakni faringalisasi dalam bahasa Arab yang dikenal sebagai konsonan emfatis. Konsonan ini dalam bahasa Arab mencakup fonem yang dilambangkan dengan huruf ع, ظ, ط, ض, dan ص.

Penyakit Pada Faring

Faringitis

Faringitis dalam bahasa Latin ( pharyngitis ), yakni sebuah penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau hulu kerongkongan ( pharynx ). Terkadang disebut juga sebagai radang tenggorokan.

Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, penyebab biasanya ialah karna daya tahan tubuh yang lemah. Faringitis biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Pengobatan nya dengan cara memberikan antibiotika namun hanya akan efektif apabila langsung terkena bakteri.

Kadangkala makanan yang sehat dengan buah – buahan yang banyak, disertai dengan vitamin bisa juga untuk menolong.

Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pertanda dari penyakit flu atau pilek.

Terdapat 2 jenis radang tenggorokan yakni akut dan kronis :

  • Faringitis akut yakni sebuah radang tenggorokan yang masih baru, dengan gejala nya nyeri tenggorokan dan kadang di sertai dengan demam dan batuk.
  • Faringitis kronis yakni sebuah radang tenggorokan yang sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama, biasa nya tidak di sertai dengan nyeri menelan, namun hanya akan terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan.

Itulah penjelasan lengkap tentang fungsi faring beserta dengan pengertian nya, fungsi, istilah, dan penyakit yang menyerang faring semoga bermanfaat…

Artikel Terkait :

Materi Terkait: