Fungsi Epidermis

Posted on

Ketahui Fungsi Epidermis pada Kulit, Batang, Akar, dan Daun Pada Tumbuhan – Dalam pelajaran Biologi kata epidermis tidak asing terdengar. Epidermis merupakan jaringan sel-sel pelindung yang berada pada lapisan paling luar.

Semua makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki jaringan epidermis tersebut. Pada manusia dan hewan, epidermis menjadi bagian dari kulitnya.

Sedangkan pada tumbuhan, epidermis merupakan lapisan paling luar dari akar, batang, daun, serta orang-organ lain.

Sebagai jaringan yang terdapat di tubuh makhluk hidup, epidermis ini memiliki peranan yang sangat penting.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa fungsi dari jaringan epidermis. Fungsi-fungsi tersebut perlu diketahui karena selain merupakan pengetahuan, ia juga terdapat sangat aktif berperan dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Jaringan Epidermis

fungsi epidermis

Berikut beberapa fungsi epidermis pada daun, barang, dan akar pada tumbuhan :

Sebagai Jaringan Pelindung

Epidermis memiliki fungsi sebagai jaringan pelindung. Dengan kata lain, epidermis merupakan jaringan utama yang berfungsi melindungi setiap organ yang ada pada tumbuhan.

Organ-ogan itu meliputi akar, batang, dan daun. Dengan adanya jaringan epidermis ini, organ-organ yang dilindungi jadi tidak mudah mengalami kerusakan akibat pengaruh buruk dari lingkungan.

Epidermis tersusun dari sel-sel yang berjejer rapi. Dikarenakan susunannya yang rapi itulah fungsi epidermis sebagai pelindung terpenuhi.

Ia dapat melindungi organ tubuh dari perubahan udara hingga infeksi bakteri.

Disebabkan oleh fungsinya sebagai pelindung itu pula lah sepertinya jaringan ini tercipta dengan sifat yang cukup keras.

Baca Juga : Sel Tumbuhan

Membatasi Penguapan

Epidermis juga berfungsi sebagai pengatur proses transpirasi. Jaringan ini dapat membatasi penguapan yang terjadi pada tumbuhan.

Jaringan epidermis dapat menyesuaikan diri demi teraturnya proses tersebut. Ia akan menutup pada saat udara dalam kondisi suhu yang tinggi.

Dengan demikian, meskipun panas, tumbuhan tidak akan kehilangan cadangan airnya.

Menyimpan Cadangan Air

Dalam kehidupannya, makhluk hidup sangat membutuhkan air. Dapat dikatakan bahwa air adalah kebutuhan vital. Kekurangan air bahkan tidak adanya air dapat menyebabkan hal yang fatal.

Contohnya pada tumbuhan. Jika suatu tumbuhan diletakkan pada tempat yang kering dan sama sekali tidak mendapatkan air, maka lama kelamaan tumbuhan tersebut akan mati.

Nah, fungsi epidermis yang ketiga merupakan penanggunakan dari masalah ini.

Pada tumbuhan, epidermis juga memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan air.

Penyimpanan cadangan air tersebut dapat dilakukan karena pada jaringan epidermis terdapat protoplasma. Protoplasma ini memiliki bentuk lebih pilih daripada jaringan yang lain.

Oleh karena itu, epidermis dapat menyimpan cadangan air pada tumbuhan dengan jumlah yang banyak.

Jadi, apabila suhu naik atau datangnya musim panas, tumbuhan tidak akan kekurangan air.

Merupakan Tempat Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida

Selain beberapa fungsi di atas, fungsi epidermis selanjutnya adalah sebagai tempat bertukarnya oksigen dan karbondioksida.

Pertukaran ini terjadi di saat tumbuhan melakukan respirasi dan sekresi. Dengan kata lain, proses tersebut terjadi ketika tumbuhan sedang melakukan proses fotosintesis

Sebagai Tempat Menyerap Air dan Unsur Hara

Sel-sel dari jaringan epidermis yang terdapat pada akar tumbuhan berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara.

Seperti diketahui bahwa air dan unsur hara adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan.

Jadi, dengan adanya fungsi dari jaringan epidermis atas dan bawah sebagai tempat menyerap kedua zat ini, maka sangat jelas betapa penting dan sangat diperlukannya jaringan epidermis bagi tumbuhan.

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa jaringan epidermis sangat memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup pada tumbuhan. Semua dapat diketahui dari fungsi epidermis pada tumbuhan yang telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.