Fungsi Enzim Tripsin

Posted on

Fungsi Dari Enzim Tripsin – Terdapat banyak sekali enzim di dalam tubuh kita, dan salah satunya yaitu Enzim Tripsin yang termasuk ke dalam golongan Enzim Pencernaan.

Fungsi Enzim Tripsin

Sama seperti dengan enzim yang lainnya, enzim tripsin mempunyai fungsi yang sangat penting di dalam tubuh. Akan tetapi, sebelum kita mengetahui fungsi penting dari enzim tripsin di dalam tubuh. Namun ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Enzim Tripsin.

Trypsin Enzyme Adalah?

Enzim Tripsin termasuk ke dalam golongan dari jenis Enzim Protease, yang merupakan sebuah enzim yang bisa menghidrolisis protein ke dalam ukuran yang jauh lebih kecil.

Trypsin Enzyme ini diproduksi oleh pankreas yang berperan sebagai enzim terpenting dalam proses pencernaan protein yang terjadi pada tubuh kita. Karena itu, dengan menghentikan produksi dari enzim ini tidak hanya menghambat pencernaan saja, akan tetapi juga bisa merusak pankreas.

Enzim Tripsin bisa juga diproduksi oleh jaringan yang lainnya, selain diproduksi oleh pankreas, umumnya hal ini diakibatkan oleh berbagai macam penyakit, seperti kanker.

Fungsi Enzim Tripsin

Berikut ini merupakan berbagai macam fungsi dan tugas dari Enzim Tripsin, yuk simak pembahasannya dibawah ini :

1. Mengubah Protein Menjadi Polipeptida

Guna protein agar dapat dicerna dengan mudah oleh usus kecil dan masuk kedalam aliran darah, maka mereka harus diuraikan menjadi ikatan peptida yang berukuran lebih kecil dan juga sederhana. Proses ini tidak hanya berhenti menjadi produk peptida saja.

Kemudian peptida ini dihidrolisis kembali oleh enzim (penguraian senyawa dengan kadar air yang tinggi) menjadi asam amino, yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh dan serta menembus aliran darah.

2. Menjaga Kesehatan Jaringan

Asam amino adalah protein yang telah berhasil dihidrolisis oleh Trypsin Enzyme. Asam amino ini tidak hanya sebagai zat yang mudah diserap oleh tubuh, tetapi Asam Amino berfungsi untuk menjaga jaringan agar tetap sehat, misalnya jaringan untuk pertumbuhan, perawatan serta perbaikan jaringan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Enzim ini juga berfungsi untuk mengatur proses penyerapan nutrisi yang berasal dari makanan dalam tubuh. Kurangnya enzim dalam tubuh bisa mengakibatkan gangguan dalam sistem pencernaan ataupun maladigesti.

Jika ini terus terjadi, maka akan menyebabkan gangguan penyerapan atau malabsorpsi, berat badan menurun bahkan kekurangan gizi. Takaran Enzim di dalam tubuh dengan jumlah yang cukup dan sesuai memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh kita sehingga terlindungi dari berbagai penyakit.

Baca Juga :
Fungsi Enzim Amilase
Fungsi Enzim Lipase
Macam – Macam Enzim

Gangguan Yang Menyerang Fungsi Trypsin Enzyme

Fungsi dan kinerja Trypsin Enzyme dapat terganggu jika kadar enzim yang ada didalam pankreas ini mengalami penurunan. Ketika tingkat enzim mengalami penurunan, maka berbagai macam penyakit bisa muncul dan menyerang tubuh, yaitu seperti :

  • Malabsorpsi

Malabsorpsi merupakan salah satu keadaan yang terjadi ketika pankreas tidak dapat menghasilkan enzim tripsin dengan kadar yang cukup dan sesuai. Kurangnya Trypsin Enzyme di dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan ketika proses mencerna nutrisi dari makanan, oleh sebab itu menyebabkan kekurangan gizi pada anemia.

  • Pankreatitis

Pankreatitis merupakan sebuah kondisi peradangan yang dapat menyerang organ pankreas, dan menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut, demam, jantung berdebar, mual dan muntah.

Keadaan pankreatitis ringan umumnya dapat sembuh hanya dalam waktu beberapa hari saja. Akan tetapi, jika keadaannya sudah parah bisa mempengaruhi fungsi dan kinerja dari dari enzim tripsin serta dapat menimbulkan gagal ginjal, infeksi hingga kematian.

  • Fibrosis kistik

Pada orang dewasa, kadar enzim tripsin dalam tubuh sangat rendah, bisa dijadikan sebagai pertanda atau diagnosis bahwa orang tersebut menderita penyakit fibrosis kistik.

Cystic fibrosis merupakan salah satu penyakit bawaan yang dapat mengakibatkan kerusakan yang serius terhadap paru-paru, saluran pencernaan serta pada organ tubuh yang lainnya.

F.A.Q

Enzim Tripsin adalah?

Enzim Tripsin termasuk ke dalam golongan dari jenis Enzim Protease, yang merupakan sebuah enzim yang bisa menghidrolisis protein ke dalam ukuran yang jauh lebih kecil.

Mengapa Enzim Tripsin memiliki peran sangat penting?

Karena Enzim Tripsin berfungsi untuk mengubah protein yang terkandung di dalam makanan untu menjadi asam amino sehingga mereka dapat diserap dengan mudah oleh usus kecil.

Bagaimana cara menjaga agar kadar Enzim Tripsin tetap seimbang?

1. Berusaha untuk menerapkan hidup sehat.
2. Konsumsi makanan yang mengandung kalori.
3. Kurangi mengkonsumsi obat maag secara berlebihan.
4. Perbanyak minum air putih.

Demikianlah ulasan dalam artikel yang ada diatas, semoga bisa membantu kalian untuk memahaminya..