Fungsi Enzim Ptialin

Posted on

Fungsi Dari Enzim Ptialin – Untuk membantu Sistem Pencernaan tentunya sistem ini membutuhkan berbagai macam Enzim, dan salah satunya adalah yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini, yaitu Ptialin Enzyme.

Fungsi Enzim Ptialin

Jenis Enzim yang satu ini termasuk kedalam golongan Enzim Amilase. Secara umum, Enzim Amilase terbagi menjadi tiga jenis yang bisa kita temukan di dalam air liur atau Saliva yaitu Alfa-Amilase, Beta-Amilase serta Gamma-Amilase.

Nah, Enzim Ptialin termasuk kedalam golongan dari jenis Alfa-Amilase yang berfungsi mengubah Karbohidrat seperti Pati (Amilum) menjadi Glukosa (Maltosa). Karena termasuk sebagai jenis Alfa-Amilase, maka Ptialin Enzyme hanya bisa memecah senyawa karbohidrat saja.

Enzim ptialin dapat digambarkan sebagai enzim yang memainkan peran cukup penting dalam proses awal saluran pencernaan, karena memang dalam saluran pencernaan diawali dengan mulut.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai fungsi dari Enzim Ptialin, yuk simak pembahasan di bawah ini.

Fungsi Enzim Ptialin

Berikut ini merupakan beberapa fungsi penting dari Ptialin Enzyme, yaitu diantaranya adalah :

  • Mengubah karbohidrat menjadi gula
    Ketika makanan memasuki mulut, terutama karbohidrat, makanan berinteraksi dengan enzim Ptialin di mulut. Enzim ini mengubah karbohidrat menjadi gula maltosa dan oligosakarida.

    Jika enzim Ptialin tidak bekerja dengan baik, usus tidak mungkin dapat menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi selama makan. Karena itu, fungsi enzim ini sangat penting untuk konversi karbohidrat menjadi gula sebagai sumber energi bagi tubuh.
  • Indikator penyakit kanker
    Enzim Ptialin juga dapat berfungsi sebagai indikator ketika gejala kanker muncul pada seseorang. Ini ditunjukkan oleh pemeriksaan medis jika jumlah dari enzim ptialin cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan keadaan sehat.

    Enzim Ptialin yang diduga tinggi dalam saliva adalah respon imun yang sangat alami bagi tubuh terhadap sel-sel kanker. Namun sampai saat ini, enzim ptialin belum menjadi satu-satunya metode yang tepat untuk mendeteksi adanya sel kanker.

    Banyak metode lain yang dapat dipakai untuk mendeteksi adanya sel kanker seperti tes darah, CT scan, rontgen dan biopsi.
  • Mengetahui level stres seseorang
    Semua orang sangat rentan mengalami Stres yang pemicunya bisa berasal dari mana saja. Situasi yang penuh dengan ketegangan rentan yang menyebabkan stres yang bisa membuat jumlah dari enzim amilase dan enzim ptialin meningkat.

    Sama seperti indikator orang yang dicurigai menderita kanker, jumlah enzim amilase dan ptialin lebih besar pada orang dengan stres akut. Ini juga dikatakan terkait dengan peningkatan hormon yang mengendalikan stres, terutama kortisol dan adrenalin.
  • Diagnosis masalah pankreas
    Selain kanker dan stres kronis, kadar enzim amilase serta ptialin juga bisa menjadi indikator dari terjadinya masalah pada pankreas seseorang. Umumnya, dokter akan melakukan tes darah guna mendiagnosis tingkat enzim amilase pada pasien dengan penyakit pankreas akut.

Enzim Ptialin, yang menjalankan fungsinya dapat ditemukan di dalam air liur. Dengan mengunyah dalam waktu yang lebih lama dapat membantu untuk mengoptimalkan fungsi dari enzim Ptialin.

Misalnya, jika seseorang mengunyah nasi putih untuk waktu yang lebih lama, maka nasi tersebut akan terasa manis di mulut. Ini terjadi karena Ptialin Enzyme mengubah karbohidrat menjadi gula yang lebih sederhana.

Tak hanya itu saja, dengan mengunyah makanan yang lebih lama juga dapat memudahkan proses pencernaan yang selanjutnya. Berkat adanya Ptialin Enzyme, seseorang dapat melakukan aktivitas dengan baik. Kehadiran energi dari gula maltosa dan oligosakarida memastikan bahwa seseorang dapat menghabiskan hari yang baik.

Baca Juga :
Metabolisme – Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya
Macam – Macam Enzim
Fungsi Ginjal

Cara Kerja Dari Ptialin Enzyme

Setelah kita bersama-sama mengetahui mengetahui fungsi dari Ptialin Enzyme. Tentu saja, kita juga perlu memahami cara kerja dari enzim ini. Ptialin Enzyme ini bekerja dengan cara memecah konsentrasi pati, yang sebelumnya padat, menjadi fraksi yang lebih halus.

Ketika sudah halus, pati diubah menjadi bentuk gula yang lebih sederhana seperti glukosa atau maltosa. Dapat dikatakan bahwa proses kerja enzim ini sangat cepat. Namun, kadang makanan sudah dicerna sebelum enzim ini berhenti bekerja di mulut.

Namun, enzim Ptialin masih dapat terus berfungsi sebelum makanan memasuki lambung dan proses pencernaan selanjutnya.

F.A.Q

Apa itu Enzim?

Enzim berupa sebuah biomolekul dalam bentuk protein yang bertindak sebagai katalis (yaitu sebuah senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa bereaksi) dalam reaksi kimia organik.

Enzim Ptialin dihasilkan oleh?

Ptialin Enzyme merupakan salah satu enzim yang diproduksi oleh kelenjar ludah atau liur yang berfungsi untuk memecah gula saat masih ada di dalam rongga mulut sampai masuk ke dalam perut.

Apa yang dimaksud dengan Enzim Ptialin?

Enzim Ptialin adalah salah satu enzim yang terkandung di dalam enzim amilase. Enzim ini bertanggung jawab untuk memecah esensi karbohidrat menjadi porsi kecil dalam bentuk glukosa atau gula. Gula dalam tubuh ini bertindak sebagai sumber energi yang dapat digunakan saat melakukan aktivitas.

Sekian ulasan dalam artikel kali ini, semoga bisa menjadi informasi tambahan untuk kita semua.