Fungsi Enzim Lipase

Posted on

Fungsi Dari Enzim Lipase – Enzim adalah sebuah senyawa yang memainkan peran sangat penting di dalam me-metabolisme tubuh manusia, sebab keberadaan dari enzim ini sangat membantu untuk mempercepat proses reaksi kimia di dalam tubuh.

Fungsi Enzim Lipase

Salah satu jenis enzim yang memiliki peran sangat penting di dalam tubuh kita adalah Lipase Enzyme. Secara umum, fungsi dari Lipase Enzyme yang paling utama adalah untuk memecah lemak yang ada di sistem pencernaan.

Akan tetapi tidak hanya itu saja, sebab Lipase Enzyme memiliki beragam fungsi yang sangat penting lainnya. Untuk mengetahui, apa saja fungsi dari Enzim Lipase yang lainnya, yuk kita simak pembahasan yang ada dibawah ini.

Definisi Enzim Lipase

Enzim lipase adalah jenis enzim yang dapat dengan mudah larut di dalam air dan memiliki tugas mengkatalisis hidrolisis ikatan ester dalam substrat lipid yang tidak larut dalam air seperti trigliserida rantai panjang.

Oleh karena itu, lipase diklasifikasikan sebagai enzim esterase. Enzim ini juga dapat mengkatalisis esterifikasi (pembentukan ikatan ester) serta transesterifikasi (pertukaran ikatan ester) pada media non-air. Lipase diproduksi dalam lipid berkarbonasi seperti minyak, asam lemak dan juga gliserin.

Secara khusus, lipase dapat beroperasi dalam berbagai kisaran pH dan juga suhu, meskipun lipase yang berasal dari bakteri lebih umum. Lipase adalah serolidrolase dan memiliki stabilitas tinggi dalam larutan organik.

Jenis – Jenis Lipase Enzyme

Secara umum, Lipase Enzyme ini dibedakan menjadi tiga macam, berdasarkan dengan lokasi pembuatannya. Enzim lipase dibuat di dalam mulut, pankreas serta lambung. Di bawah ini adalah masing-masing penjelasan dari jenis-jenis Lipase Enzyme, yaitu :

1. Lipase Pankreatik

Enzim lipase yang diproduksi dan dikeluarkan oleh pankreas disebut sebagai lipase pankreas. Enzim ini merupakan salah satu jenis enzim lipolitik yang bertugas menghidrolisis rantai ester dari trigliserida serta sebagai bentuk utama dari Lipase Enzyme.

Fungsi enzim lipase pankreas adalah memecah molekul lemak yang dicerna oleh makanan menjadi monogliserida dan juga asam lemak yang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

2. Lipase Lambung

Selain pankreas, Lipase Enzyme diekskresikan dari lambung melalui lambung atau sel utama.

Bersamaan dengan lipase dari mulut, lipase lambung akan membentuk lipase asam yang tidak sama seperti lipase pankreas, dimana enzim ini tidak membutuhkan asam empedu serta colipase untuk kegiatan enzimatiknya.

Pada bayi, kedua asam lipase ini memainkan peran penting di dalam upaya untuk memecah lemak sebelum digantikan oleh sebagian besar fungsinya dengan lipase pankreas.

3. Lipase Lingual

Saat sedang mengunyah makanan di dalam mulut, saraf otonom secara otomatis mengaktifkan sekresi saliva pada permukaan lidah, yang juga mengandung enzim lipase yang disebut dengan lingual lipase.

Enzim ini melakukan tugasnya dengan memakai trio katalis dalam bentuk histidin, serin dan aspartate. Ketiganya dapat mengurai trigliserida rantai panjang dan menengah menjadi trigliserida parsial dan asam lemak bebas.

Lipase lingual tidak hanya berperan dalam mengurai molekul lemak pada awal asupan makanan. Tetapi juga berfungsi untuk mempermudah proses penyerapan lemak di dalam perut dan juga usus kecil. Bahkan sekitar 30% lemak hanya dihidrolisis oleh lipase lingual saja.

Baca Juga :
Macam – Macam Enzim
Metabolisme – Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya
Fungsi Enzim Ptialin

Fungsi Enzim Lipase

Berikut adalah berbagai macam fungsi dari Enzim Lipase yang peru kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

1. Mengatur Reaksi Kimia

Sama halnya dengan enzim secara umum, fungsi dari enzim jenis ini sangat penting guna membantu untuk mempermudah mengatur reaksi kimia. Sedangkan, reaksi kimia bisa terjadi secara alami di dalam tubuh. Akan tetapi tanpa adanya bantuan dari enzim lipase, reaksi kimia akan berlangsung sangat lambat.

2. Memelihara Ketersediaan Energi

Enzim lipase juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa reaksi kimia terjadi hanya saat tubuh membutuhkannya saja. Ini membantu tubuh untuk menghindari terjadinya pemborosan energi pada proses reaksi kimia yang sesungguhnya tidak diperlukan.

3. Menguraikan Lemak

Lipase berfungsi untuk mengurai trigliserida (lemak) menjadi bentuk molekul asam lemak dan juga gliserin. Proses ini didukung oleh garam empedu, yang dapat mengurangi tegangan pada permukaan lemak sehingga enzime lipase bisa memecah lemak.

4. Untuk Menyerap Nutrisi

Fungsi lain dari enzim lipase yaitu untuk mencerna lemak yang berasal dari nutrisi. Ketika Anda mengkonsumsi makanan yang berlemak, lemak tersebut akan melewati lambung tanpa dicerna oleh usus kecil terlebih dahulu.

Di usus kecil, enzim lipase bertugas mengurai lemak menjadi partikel kecil yang bisa melakukan perjalanan melalui dinding usus. Kemudian, lemak yang dipecah ini akan memasuki saluran limfatik dan juga aliran darah.

5. Memindah Kolesterol

Pelepasan kolesterol juga menjadi tugas dari Lipase Enzyme yang paling penting. Pikirkan saja enzim lipase ini sebagai pembawa pesan yang membantu tubuh kita untuk mengemas kolesterol dan akan dikeluarkan melalui aliran darah.

Peran ini dimainkan oleh enzim lipase yang disebut sebagai lesitin kolesterol asiltransferase, yang menggabungkan kolesterol dengan asam lemak. Ketika kedua hal tersebut “disatukan”, partikel seperti HDL dan juga LDL muncul. Tubuh memindahkannya ke dalam atau ke luar sel.

6. Membantu bayi untuk menyerap lemak dari ASI

Enzim lipase membantu bayi menyerap lemak dari ASI. Karena sistem pencernaan bayi yang baru lahir tidak dapat menyerap lemak dengan baik. Karena itu, enzim lipase menguraikan lemak dalam ASI sehingga bayi bisa mencerna lemak dengan baik.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Enzim lipase melakukan kolaborasi dengan dua enzim yang lainnya, yaitu amilase dan juga protease dalam proses mencerna makanan. Lipase memiliki tugas untuk menyerap lemak, sedangkan amilase menyiapkan karbohidrat sementara itu protease mengurai protein.

Pada saat ketiga enzim tersebut ada pada tingkat yang cukup, proses pencernaan akan bekerja dengan optimal agar terhindar dari berbagai masalah seperti penyakit celiac atau cystic fibrosis.

F.A.Q

Apa itu Enzim Lipase?

Enzim lipase adalah jenis enzim yang dapat dengan mudah larut di dalam air dan memiliki tugas mengkatalisis hidrolisis ikatan ester dalam substrat lipid yang tidak larut dalam air seperti trigliserida rantai panjang.

Bagaimana cara kerja dari Enzim Lipase Pankreas?

Enzim Lipase pankreas adalah salah satu enzim yang bekerja pada bagian usus kecil Anda. Pertama-tama, kantung empedu diproduksi pada bagian hati kemudian dilepaskan pada usus guna mengonversi lemak makanan menjadi gumpalan-gumpalan lemak yang lebih kecil.

Fungsi utama dari Enzim Lipase adalah?

Fungsi dari enzim lipase yang paling utama adalah untuk menguraikan lemak yang ada di saluran pencernaan.

Demikianlah ulasan dalam artikel singkat kali ini, semoga menjadi informasi baru untuk para pembaca.