Fungsi Enzim Amilase

Posted on

Fungsi Dari Enzim Amilase – Enzim adalah sebuah kelenjar yang ada di dalam tubuh manusia yang mempunyai karakteristik tertentu. Setiap organ yang ada didalam tubuh manusia, atau setiap bagian dari tubuh kita tentunya memiliki ciri-ciri serta tugasnya masing-masing.

Fungsi Enzim Amilase

Keberadaan dari enzim ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan serta pertumbuhan tubuh manusia, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Hal ini tentunya berdasarkan dengan usia serta jenis kelamin.

Setiap organ tubuh manusia, tentunya memiliki enzim yang berbeda. Misalnya seperti pada bagian usus, terdapat enzim yang disebut sebagai Enzim Lactase dimana enzim ini berfungsi untuk membantu proses pengolahan makanan yang dikonsumsi.

Sedangkan untuk enzim yang ada pada bagian rongga mulut pun berbeda lagi. Enzim yang terdapat didalam rongga mulut disebut sebagai Enzim Amilase. Hal ini tentunya didasarkan dengan fungsi serta ketahanan pada derajat keasaman.

Enzim Amilase Adalah?

Enzim Amilase adalah salah satu enzim yang mempunyai karakteristik yang netral, di mana dalam enzim ini memiliki ph ataupun derajat keasaman 7.

Dalam rongga mulut tentunya memerlukan enzim yang dapat membantu untuk mengolah makanan yang mempunyai derajat keasaman netral atau pada tingkat 7.

Karena di dalam rongga mulut, kita memanfaatkan indera perasa makanan guna untuk menentukan makanan mana yang mempunyai rasa asin, asam, pahit, pedas ataupun manis.

Jika tidak ada dorongan dari enzim yang memiliki sifat netral, maka kita tidak dapat mengetahui makanan mana yang memiliki rasa sedap dan makanan mana yang tidak memiliki rasa atau hambar.

Jenis – Jenis Dari Amylase Enzyme

Secara umum, Amylase Enzyme dibagi menjadi dua jenis, yaitu di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Alpha Amylase Enzyme

Alpha Amylase adalah jenis enzim amilase yang diperoleh di dalam air liur manusia. Di sinilah enzim alfa-amilase bekerja secara kimiawi di dalam rongga mulut melalui proses hidrolisis pati.

Enzim Amilase Alpha ini dapat dijumpai tidak hanya di dalam rongga mulut saja, akan tetapi juga bisa kita temukan di tempat lain, seperti di pankreas.

  • Beta Amylase Enzyme

Beta Amylase adalah salah satu jenis Enzim yang dapat kita temukan di berbagai macam biji tumbuhan. Misalnya seperti biji mangga, papaya, nangka serta berbagai jenis tanaman yang lainnya.

Setelah ditelusuri, keberadaan dari enzim amilase tidak hanya ada pada tanaman, tetapi juga pada hewan, bakteri, ragi dan juga jamur. Sama seperti pada manusia, fungsi dari enzim amilase adalah membantu dalam proses mencerna makanan.

Baca Juga :
Fungsi Enzim Lipase
Fungsi Enzim Ptialin
Macam – Macam Enzim

Fungsi Enzim Amilase

Sama seperti enzim yang ada didalam tubuh yang lainnya, Amilase Enzyme memiliki fungsi yang sangat penting di dalam sistem pencernaan, yaitu diantaranya adalah :

  1. Mengonversi Pati menjadi Glukosa

Enzim amilase berfungsi merubah pati menjadi glukosa. Mengapa harus gula? Karena gula bisa meningkatkan energi dan juga memproduksi energi untuk tubuh kita. Berbagai macam kegiatan yang kita lakukan seperti tidur, makan, bekerja, sekolah, membaca tentunya memerlukan energi yang cukup banyak.

Oleh karena itu, mengapa komponen utama dari enzim amilase sangat penting untuk lebih mendukung pembentukan gula pada aktivitas sistem ekskresi manusia.

  1. Membantu Untuk Memproduksi Energi Di Dalam Tubuh

Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa fungsi dari enzim amilase yaitu untuk mendukung proses pembentukan pati menjadi zat glukosa. Hal ini tentunya sangat dekat dengan pembentukan energi.

Dalam produksi energi, sebelumnya dikenal sebagai proses metabolisme. Sekarang hasil dari proses metabolisme ini membantu kita menghasilkan energi.

  1. Membantu Untuk Mengurai Ikatan Polisakarida

Ikatan polisakarida merupakan salah satu bentuk ikatan gula yang terdapat didalam tubuh manusia. Setidaknya terdapat tiga jenis ikatan gula yang ada di dalam tubuh manusia. Awalnya ikatan ini dikenal dengan sebutan monosakarida, kemudian disakarida dan yang terakhir polisakarida.

Sebab ikatan polisakarida ini adalah bentuk ikatan yang sangat kompleks, maka ikatan tersebut harus dipecah terlebih dahulu untuk menjadi ikatan yang jauh lebih kecil. Dari hasil pecahan ikatan inilah yang kemudian membentuk molekul pati.

  1. Membantu Untuk Menyerap Gula

Maksudnya adalah gula yang dapat dijadikan sebagai energi tambahan bagi tubuh. Jika dalam keadaan sedang normal, maka tubuh manusia tidak dapat mengkonsumsi gula normal serta diubah menjadi energi.

Karena gula dari luar pertama-tama harus memecahkan ikatan dan bahan-bahannya menjadi bentuk yang jauh lebih sederhana. Salah satu kelebihan enzim amilase ini yaitu untuk memfasilitasi penyerapan gula di dalam bentuk sederhana.

  1. Sebagai Tempat Utama Penyimpanan Gula

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengkonsumsi banyak gula, misalnya gula yang berasal dari makanan yang kita konsumsi, seperti jagung, nasi, sagu dan sebagainya. Atau bisa juga berasal dari minuman yang biasa kita konsumsi, seperti susu, teh, sirup dan juga kopi.

Dari berbagai jenis makanan dan minuman diatas tentunya mengandung banyak zat gula. Apakah semua jenis makanan tersebut diolah dalam tubuh? Ya. Lantas apakah terdapat batasan dalam mengkonsumsinya? Tentu saja ada, seseorang yang memiliki kadar zat gula berlebihan dalam tubuhnya umumnya akan memiliki berbagai macam penyakit.

F.A.Q

Enzim Amilase adalah?

Enzim Amilase adalah salah satu enzim yang mempunyai karakteristik yang netral, di mana dalam enzim ini memiliki ph ataupun derajat keasaman 7.

Secara umum, fungsi dari Enzim Amilase adalah?

Enzim amilase bertanggung jawab untuk mendegradasi pati atau karbohidrat di dalam gula (glukosa). Saat mengunyah makanan yang berbasis karbohidrat, kelenjar ludah di mulut akan memproduksi amilase.

Letak dari Enzim Amilase ini berada di?

Enzim Amilase terletak didalam rongga mulut, saat kita mengunyah makanan maka enzim ini akan menjalankan tugasnya.

Sekian ulasan dalam pembahasan yang ada diatas, semoga bisa menjadi wawasan tambahan untuk kita semua.