Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Posted on

Fungsi Daun Pada Tumbuhan – Mengapa sebagian besar jenis-jenis Tumbuhan memiliki sebuah Daun? Apa fungsi dari Daun itu sendiri terhadap sebagian besar jenis-jenis Tumbuhan?. Sebagian dari kita mungkin masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari Daun tersebut.

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama mempelajari tentang Fungsi Daun Pada Tumbuhan, beserta dengan struktur-struktur komponen yang dimiliki oleh Daun.

Pengertian Daun

Pada umumnya Daun memiliki Warna Hijau dan Lebar, dengan bentuk seperti Hati, Panjang, Bulat, dan Lancip, serta bermacam-macam bentuk Tulang Daunnya, yaitu berupa Tulang Daun Menyirip, Tulang Daun Melengkung. Tulang Daun Menjari, dan Tulang Daun Sejajar, tergantung dengan jenis Klasifikasi tumbuhan itu sendiri, yaitu tumbuhan Dikotil atau Monokotil.

Perbedaan Struktur Daun

Pada perbedaan struktur Anatominya antara Daun pada tumbuhan Dikotil dan tumbuhan Monokotil, dapat kita lihat dengan jelas, dalam bentuk Tabel yang telah tersedia dibawah ini :

Perbedaan Daun Dikotil & Monokotil
Daun DikotilDaun Monokotil
Jaringan Epidermis yang dimiliki hanya SatuJaringan Epidermis yang dimiliki Dua
Stomata terdapat pada bagian atas dan bawah permukaan DaunStomata terletak sejajar pada bagian urat Daun
Mesofil terletak pada bagian lapisan atas dan bawah Jaringan EpidermisMesofil terletak pada bagian lengkungan urat Daun
Jaringan Kutikula melapisi permukaan atas dan bawah DaunTidak memiliki Jaringan Kutikula
Memiliki Rambut dan KelenjarTidak memiliki Rambut dan Kelenjar
Urat Daun terletak pada bagian helai DaunUrat Daun terletak pada bagian helai Daun

Dalam penjelasan Tabel diatas, Daun memiliki struktur-struktur yang berfungsi penting untuk perkembangannya, berikut penjelasannya secara detail :

1. Jaringan Epidermis dan Kultikula

Jaringan Epidermis ini berfungsi untuk melapisi dan melindungi seluruh bagian permukaan pada Daun, mengurangi pengeluaran Air yang terjadi, mengatur pertukaran antara Gas, mengeluarkan Metabolik dan menyerap Air dan Mineral untuk perkembangan pada Daun.

2. Stomata

Stomata ini berfungsi sebagai Alat Pernafasan bagi Daun. Organ ini akan mengambil Karbondikosida (Co²) untuk dijadikan sebagai Proses Fotosintesis, lalu kemudian menghasilkan O² dari Proses Fotosintesis.

3. Jaringan Mesofil

Jaringan Mesofil ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Jaringan Palisade dan Jaringan Spons.

A. Jaringan Palisade : Suatu jaringan yang terdapat didalam permukaan Daun, memiliki banyak Kloropas yang berfungsi untuk memproses pembuatan makanan.

B. Jaringan Spons : Suatu jaringan berongga yang terdapat didalam permukaan Daun, berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.

4. Pembuluh Berkas Angkut

Berkas Angkut ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Xilem dan Floem.

A. Berkas Angkut Xilem : Suatu komponen yang terdapat pada jaringan Daun, berfungsi untuk mengangkut Air dan Mineral menuju ke seluruh bagian dalam Daun.

B. Berkas Angkut Floem : Suatu komponen yang terdapat pada jaringan Daun, berfungsi untuk menyebarkan hasil dari Proses Fotosintesis ke seluruh bagian pada Daun.

5. Urat Daun

Urat Daun ini berfungsi sebagai tempat pembentukan Berkas Pengangkut yang ada pada permukaan Daun.

Jenis Bentuk Daun

Pada setiap Klasifikasi Tumbuhan memiliki macam-macam bentuk Daunnya, sebagai berikut :

1. Daun Menjari (Palminervis)

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Menjari seperti jari-jari tangan Manusia, dengan satu Tulang Daun yang cukup besar. Jenis bentuk Daun Menjari ini dapat kita lihat pada Tumbuhan Singkong, Pepaya, dan Pohon Jarak.

2. Daun Menyirip (Penninervis)

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Menyirip seperti sirip Ikan, dengan Tulang Daun yang tersusun secara rapih mulai dari Tangkai sampai Ujung Daun. Jenis bentuk Daun Menyirip ini dapat kita lihat pada Tumbuhan Pohon Mangga, Rambutan, Jambu, dan Pohon Beringin.

3. Daun Sejajar (Restinervis)

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Sejajar seperti garis-garis yang tersusun secara sejajar, dengan Tulang Daun yang Besar membujur ke arah tengah. Jenis bentuk Daun Sejajar ini dapat kita lihat pada Tumbuhan Jagung, Rumput, Tebu, Padi, dan Pohon Kelapa.

4. Daun Melengkung (Cervinervis)

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Bentuk Daun pada jenis ini, mempunyai bentuk Daun yang Melengkung seperti garis-garis yang tersusun secara melengkung, dengan Tulang Daun yang Besar membujur ke arah tengah sedikit melengkung. Jenis bentuk Daun Melengkung ini dapat kita lihat pada Tumbuhan Pohon Waru, Gadung, Genjer dan Daun Sirih.

Demikianlah penjelasan Materi mengenai tentang Daun beserta Pengertian, Struktur, Perbedaan, dan Bentuk-Bentuk Daun.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.