Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Posted on

Fungsi Batang Pada Tumbuhan – Pada umumnya setiap jenis Tumbuhan atau Tanaman, terdapat struktur-struktur organ tubuh dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu Daun, Bunga, Batang, dan Akar, untuk menjaga pertumbuhan atau perkembangan hidupnya.

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Tetapi pada kesempatan kali ini, kita bersama-sama hanya akan membahas tentang Fungsi Batang beserta dengan struktur-struktur yang terbentuk didalamnya.

Pengertian Batang

Batang merupakan bagian Organ Tubuh yang menjadi tempat penyanggah berdirinya pada setiap jenis Tumbuhan atau Tanaman untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa adanya Batang pada sebuah Tumbuhan atau Tanaman akan mengalami kematian atau akan mengalami kelayuan.

Oleh karena itu, pada saat ini marak sekali penebangan-penebangan liar yang dilakukan oleh Manusia yang tidak bertanggung jawab, sehingga Hutan-hutan yang menjadi tempat terbesar berkembangnya Beranekaragam jenis-jenis Tumbuhan atau Tanaman mengalami kepunahan.

Hal hasil pada seluruh Negeri akan mengalami pemanasan Global yang sangat dahsyat, yang menjadi ancaman besar bagi kelangsungan hidup seluruh Manusia dan juga Hewan.

Struktur Bagian Batang

Pada pembentukan Batang pada suatu Tumbuhan, memiliki struktur-struktur yang terdapat dalam bagian Batang, sebagai untuk kelangsungan perkembangannya. Dalam bentuk Batang ini terdapat 2 macam bentuk, yaitu Batang Dikotil dan Batang Monokotil.

Berikut dibawah ini merupakan penjelasan struktur-struktur Batang pada Tumbuhan Dikotil dan Monokotil yang terdapat dalamnya :

1. Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil

Pertama-tama kita akan membahas terlebih dahulu struktur-struktur Batang pada Tumbuhan Dikotil, sebagai berikut ini :

A. Jaringan Epidermis

Jaringan ini merupakan struktur yang terdapat pada Batang pada Tumbuhan Dikotil, yang tersusun dari Sel-Sel pipih yang tersusun dengan rapat. Jaringan Epidermis berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap jaringan-jaringan yang terdapat pada bagian dalam Batang.

B. Jaringan Lentisel

Suatu jaringan yang berupa lubang-lubang kecil terdapat pada bagian celah antara sel-sel pada kulit Batang suatu Tumbuhan, dan berfungsi sebagai tempat untuk melakukan proses pertukaran gas dan proses penguapan.

C. Jaringan Korteks

Suatu jaringan yang tersusun dari sel-sel Parenkim yang berfungsi sebagai jaringan dasar pada Batang suatu Tumbuhan. Jaringan Korteks ini juga terbentuk menjadi 2 macam bagian, yaitu Korteks bagian dalam dan Korteks bagian luar.

  1. Korteks Bagian Dalam : Pada bagian Jaringan Korteks bagian dalam ini terbentuk dari sel-sel Parenkim, dan memiliki sebuah biji tertutup, dengan lapisan sel yang akan mengalami pembentukan lingkaran berisi butiran-butiran pati (seludang pati).
  2. Korteks Bagian Luar : Pada bagian Jaringan Korteks bagian luar pada Batang terdiri dari sel-sel Kolenkim yang berkoloni atau bercampur menjadi satu bagian dengan sel-sel Parenkim, yang akan mengalami pembentukan lingkaran tertutup.

D. Jaringan Stele

Suatu jaringan yang berfungsi sebagai Silinder Pusat terdapat pada bagian dalam sebelah Endodermis. Jaringan Stele tersusun dari lapisan atas bagian luar dalam Batang, atau biasa disebut juga dengan Perikambium atau Perisikel.

Pada Perikambium atau Perisikel sendiri memiliki Empulur dan Berkas Vaskuler yang terdiri dari 2 macam bagian, yaitu Xilem dan Floem.

2. Struktur Batang Pada Tumbuhan Monokotil

Kedua kita akan membahas terlebih dahulu struktur-struktur Batang pada Tumbuhan Monokotil, sebagai berikut ini :

A. Jaringan Epidermis

Jaringan ini merupakan struktur yang terdapat pada Batang pada Tumbuhan Monokotil, yang tersusun dari Sel-Sel pipih yang tersusun dengan rapat sehingga Batang pada Tumbuhan Monokotil ini terlihat besar, karena terdapat Bulu-Bulu dan Stomata. Jaringan Epidermis berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap jaringan-jaringan yang terdapat pada bagian dalam Batang.

B. Jaringan Lentisel

Suatu jaringan yang berupa lubang-lubang kecil terdapat pada bagian celah antara sel-sel pada kulit Batang suatu Tumbuhan, dan berfungsi sebagai tempat untuk melakukan proses pertukaran gas dan proses penguapan.

C. Jaringan Korteks

Suatu jaringan yang tersusun dari sel-sel Sklerenkim berada pada bagian bawah Epidermis dan berupa pada Kulit Batang. Kulit batang sendiri berfungsi untuk mengeraskan dan memperkuat pada bagian-bagian luar pada Batang.

D. Jaringan Stele

Suatu jaringan yang tersusun dari sel-sel Sklerenkim yang terdapat pada bagian Korteks dan tidak memiliki batas yang jelas antara keduanya. Jaringan Stele didalamnya memiliki Berkas Vaskuler yang akan menyebar ke seluruh bagian dari Empulur, terutama yang akan mengalami konsentrasi dengan mendekati bagian Kulit Batang.

Fungsi Batang

Pada Batang memiliki fungsi-fungsi yang berguna untuk Tumbuhan, berikut penjelasannya :

  • Batang sebagai penyanggah bagian tubuh pada suatu Tumbuhan dengan berdiri tegak lurus ke atas. Batang juga berfungsi sebagai tempat bersandarnya pada Daun tumbuhan, Bunga, Buah Tumbuhan.
  • Batang berfungsi sebagai sarana Transportasi atau sebagai alat pengangkut Air dan Garam mineral yang terdapat pada bagian Akar, kemudian akan menyebar ke seluruh bagian Daun, melalui pembuluh Xilem, pada saat proses Fotosintesis.
  • Batang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan pada Tumbuhan saat kehabisan bahan Makanan untuk dikonsumsi.
  • Batang berfungsi sebagai Alat Pernafasan pada Tumbuhan untuk mendapatkan (O²) Oksigen melalui Lentisel dan melepaskan (CO²) Karbondioksida.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Fungsi Batang Pada Tumbuhan beserta dengan Pengertian, Struktur-Struktur, dan Fungsinya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.