Pengertian dan 7 Fungsi Akar Pada Tumbuhan

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian akar dan fungsi akar tumbuhan. Sebagaian besar tumbuhan memiliki akar yang berbentuk berbeda-beda tetapi hanya ada dua jenis yaitu tunggang dan serabut. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Akar

Pengertian akar adalah bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), meninggalkan udara dan cahaya.

Selain sebagai penopang berdirinya tumbuhan, akar juga berfungsi sebagai pencari nutrisi untuk tanaman di dalam tanah. Akar akan menyerap nutrisi yang di butuhkan tumbuhan terutama air. Dalam hal ini akar adalah bagian yang sangat penting untuk tumbuhan.

Pada ujung akar terdapat sel-sel hidup yang disebut tudung akar atau kaliptra yang berfungsi untuk membantu menembus tanah. Meskipun tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil memiliki sistem perakaran yang berbeda, tetapi fungsi akar pada tumbuhan tersebut sama.

Fungsi Akar

Berikut ini adalah fungsi akar antara lain:

1.      Penopang Tumbuh Tegaknya Tanaman

Seperti yang sudah di bahas di atas bahwa fungsi akar sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman. Akar akan menahan dengan mengembangkan dan memanjangkan akarnya agar tanaman kuat tertiup angi atau terkena badai sekalipun.

2.      Fungsi Penyerapan Air dan Hara

Fungsi air selanjutnya adalah menyerap air dan unsur hara yang ada di dalam tanah. Nutrisi-nitrisi yang ada di tanah akan di resap oleh akar dan akan di salurkan ke seluruhan. Akar-akar mampu menyerap nutrisi organik dan anorganik. Hamper 80% tumbuhan memerlukan air sebagai suplemen mereka.

3.      Penyimpanan Cadangan Makanan

Selain bertugas mencari makan, akar juga berfungsi sebagai cadangan makanan dan air. Tanaman yang dapat menyimpan cadangan makanan pada akar isalnya wortel, ubi jalar, dan bengkuang. Akar yang mampu menyimpan sejumlah besar air misalnya akar-akar dari tanaman gurun (higrofit). Akar tanaman higrofit bahkan ada yang mampu menyimpan lebih dari 70 kg air dalam jaringannya.

4.      Melakukan Fotosintesis

Bukan hanya daun yang memiliki klorofil, tetapi akar juga memiliki klorofil dan dapat melakukan fotosintesis. Tanaman-tanaman seperti anggrek epifit dan akar pohon bakau mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat. Kemampuan tanaman-tanaman tersebut juga merupakan salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang tidak bisa dilupakan.

5.      Fungsi Respirasi

Pada tanaman beringin akar dapat digunakan sebagai respirasi. Selain beringi juga ada akar tanaman tembakau dan tanaman lain yang hidup di akar. Akar yang termodifikasi fungsinya sebagai alat respirasi disebut pneumatophores. Struktur sel dan jaringan penyusun akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.

6.      Gerakan Tanaman

Gerak tanaman selain tumbuh ke atas, akar juga dapat berkembang sebagai gerak tanaman. Melalui mekanisme gerak tropisme seperti geotropisme, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar membantu tanaman untuk menemukan air dan hara dalam tanah. Fungsi akar bagi tanaman ini menunjang metabolisme tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

7.      Fungsi Reproduksi

Ada sebagaian tanaman yang tumbuh bereproduksi menggunakan akar. Seperti tumbuhan paku, yumbuhan ini tumbuh dengan tunas akar. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma, tanaman memperbanyak dirinya, melakukan duplikasi, dan berkembang biak.

Baca Juga:

Metagenesis Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Tumbuhan Paku – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh

Demikian Pembahasan yang menarik mengenai pengertian dan fungsi akar pada tumbuhan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.