Freeze Panes Excel – Cara Menggunakan dan Membekukan

Posted on

Freeze Panes Excel – Apakah kalian sudah mengetahui caranya menggunakan Freeze Panes pada excel? Jika belum, mari belajar dan simak penjelasan cara mengetahui dan cara menggunakan Freeze Panes pada excel dibawah ini gaes!

Freeze Panes Excel
Freeze Panes Excel

Apa Fungsi Freeze Panes?

Salah satu fitur yang terdapat pada Microsoft Excel, yaitu freeze panes. Fitur ini berfungsi untuk membekukan sebuah row atau baris dan coloumn dalam worksheet atau lembar kerja pada excel. Pada suatu pekerjaan yang memakai program excel, membekukan baris atau coloumn ini bertujuan untuk menjaga agar worksheet tetap terlihat ketika penggunanya sedang melakukan scroll secara vertikal atau juga horizontal.

Fitur ini biasanya digunakan untuk membekukan header atau judul kolom didalam tabel yang banyak sekali parameternya agar header tetap bisa terlihat walaupun penggunanya sedang melakukan scroll.

Intinya jika fitur Freeze Panes ini aktif maka ketika kamu melakukan scrolling atau menggeser lembar kerja pada excel maka posisi baris dan atau kolom excel tidak bergeser atau tetap terkunci pada halaman excel tersebut.

Kelebihan Fitur Freeze Panes

Kamu bisa menggunakan freeze panes excel untuk melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Bisa membekukan atau mengunci baris pertama pada worksheet di Ms.excel.
  • Bisa membekukan atau mengunci kolom pertama pada worksheet di Ms.excel.
  • Bisa membekukan atau mengunci lebih dari satu baris pada Ms.excel.
  • Bisa membekukan atau mengunci lebih dari satu kolom pada Ms.excel.
  • Bisa embekukan atau Mengunci kolom dan baris secara bersamaan.

Cara Menggunakan Freeze Panes

Ada beberapa tipe freeze panes didalam Excel yang dapat kamu gunakan sebagai berikut:

1. Freeze Top Row

Tipe freeze panes ini berfungsi untuk menjaga top row agar tetap dapat terlihat ketika kamu sedang melakukan scroll. Cara menggunakannya terdapat beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan, sebagai berikut:

  • Klik bagian mana saja atau sembarang cell pada worksheet yang akan kamu freeze.
    klik bagian mana saja pada worksheet
    klik bagian mana saja pada worksheet
  • Kemudian klik freeze top row pada bagian menu View > Freeze Panes > Freeze Panes Top Row. Kamu akan mendapatkan hasilnya seperti gambar di bawah ini.
    Klik freeze top row
    Klik freeze top row

Kamu bisa melihat seperti gambar diatas, row paling atas masih bisa kamu lihat walaupun sedang melakukan scroll ke bawah dan pada row 7 sampai dengan row 2 tidak dapat dilihat.

2. Freeze First Coloumn

Berikutnya yaitu fitur freeze first coloumn, berfungsi untuk menjaga kolom pertama agar tetap terlihat walaupun kamu sedang melakukan scroll. Cara menggunakannya terdapat beberapa langkah-langkah yang harus kamu lakukan, sebagai berikut:

  • Sama seperti tipe sebelumnya, kamu tinggal klik pada sembarang cell workseet yang akan kamu freeze. Seperti gambar dibawah ini.
    klik bagian sembarang cell
    klik bagian sembarang cell
  • Kemudian kamu klik freeze first coloumn pada bagian menu view > freeze panes > freeze first coloumn. Maka kamu akan melihat hasil seperti berikut ini,
    klik freeze first coloumn
    klik freeze first coloumn

Bisa kamu lihat pada gambar diatas. Ketika kamu melakukan scroll ke kanan, maka pada kolom B, C, dan D tidak bisa terlihat. Tetapi kolom A tetap bisa kamu lihat.

3. Freeze Panes

Freeze panes merupakan fitur yang berfungsi untuk menjaga baris dan kolom tertentu agar tetap dapat terlihat walaupun kamu sedang melakukan scroll. Untuk lebih jelasnya.Pada langkah ini, kamu bisa melakukan freeze top row dan firs coloumn secara bersamaan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan di bawah ini.

  • Pertama kamu klik pada bagian bawah dan bagian sebelah kanan row juga coloumn yang ingin kamu freeze. Untuk melakukan fitur freeze pada top row dan first coloumn secara bersamaan, kamu bisa klik pada bagian cell B2 dan jangan bagian cell yang lainnya. Silahkan lihat gambar di bawah ini.
    klik cel B2
    klik cel B2
  • Kemudian, kamu klik freeze panes pada bagian tab menu view > freeze panes > freeze panes. Lalu kamu akan melihat hasilnya sebagai berikut :
    klik freeze panes
    klik freeze panes

Bisa di lihat pada gambar atas, kamu bisa melihat bahwa row 1 dan kolom A tetap bisa terlihat ketika kamu sedang melakukan scroll ke bawah dan kearah kanan sekaligus.

Lalu Bagaimana Cara Menghilangkan Freeze Panes?

Jika kamu sudah tidak memerlukan lagi atau terjadi sebuah kesalahan pada posisi ketika melakukan Freeze Panes ini, kamu dapat menonaktifkan atau unfreeze fitur ini dengan memilih pada bagian menu Unfreeze Panes atau klik View > Group Window > Freeze Panes dan pilih Unfreeze Panes, lihat contoh pada gambar berikut ini.

Unfreeze Panes
Unfreeze Panes

Perlu diketahui! Pada fitur Unfreeze Panes ini hanya akan muncul ketika fitur Freeze Panes pada Ms.excel sedang kamu aktifkan.

Demikian pembahasan mengenai Freeze Panes Excel – Cara Menggunakan dan Membekukan (Baris & Kolom), semoga bisa bermanfaat untuk kalian setelah membaca artikel ini.

Artikel Terkait :

Freeze Panes Excel – Cara Menggunakan dan Membekukan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung