Freelance Adalah

Posted on

Freelance Adalah – Beberapa bulan yang lalu terdapat sebuah iklan dengan slogan “Kerja! Gak harus Ngantor”. Slogan tersebut sebenarnya dapat disematkan pada pekerjaan freelance yang biasanya bekerja di rumah, kafe, atau di titik-titik pertemuan lainnya.

Freelance Adalah

Para pekerja freelance umumnya tidak terikat dengan kontrak serta lokasi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Mereka umumnya dapat bekerja dimanapun, kapanpun semaunya asal pekerjaan yang diberikan selesai sesuai dengan deadline yang ditentukan.

Jadi, sebenarnya apa sih Freelance dan juga Freelancer itu? Dalam ulasan kali ini kita akan menjabarkan tentang Freelance beserta dengan hal-hal terkait di dalamnya.

Freelance Adalah?

Freelance sering diartikan sebagai pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang dikerjakan secara mandiri serta tidak terikat dengan kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan sebuah instansi.

Seseorang yang melaksanakan atau melakukan pekerjaan ini disebut sebagai Freelancer. Pekerjaan ini dapat dikerjakan secara full time ataupun part time. Bahkan seorang Freelancer dapat melakukan pekerjaannya kapanpun dan dimanapun, seperti di rumah, cafe dan lainnya.

Sebagian dari seorang Freelancer melakukan profesi ini diluar dari pekerjaan atau profesi utamanya. Akan tetapi, sebagian besar dari orang yang berprofesi sebagai freelancer ini menjadikan pekerjaan ini sebagai profesi utamanya.

Syarat – Syarat Untuk Menjadi Freelancer

Untuk menjadi seorang Freelancer itu bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi jika kita baru saja menjadi seorang Freelancer. Seseorang yang hendak terjun ke bidang ini harus memiliki portofolio yang menarik bagi para clientnya. 

Setidaknya kita harus memenuhi terlebih dahulu beberapa persyaratan untuk menjadi seorang Freelancer, yaitu sebagai berikut :

1. Memiliki Keahlian dan juga Pengalaman Tertentu

Freelance bukanlah profesi atau wadah untuk para ‘pengangguran’ yang tidak memiliki keahlian ataupun pengalaman tertentu. Tetapi, seorang Freelancer yang sukses yaitu mereka yang memiliki keahlian serta pengalaman tertentu dalam suatu bidang.

Ketika mereka sudah memutuskan untuk terjun ke dalam dunia Freelance, tentunya keahlian mereka sudah jelas dan juga teruji, ataupun dapat diartikan tidak belajar dari awal.

2. Mempunyai Kemampuan Untuk Memanajemen Waktu

Seorang freelancer juga berprofesi sebagai bos bagi dirinya sendiri. Artinya, walaupun pekerjaan yang dilakukan bebas, namun tetap saja mereka harus mampu untuk manajemen waktu agar pekerjaannya dapat diselesaikan sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

3. Memiliki Komitmen dan juga Profesionalitas Kerja

Tanggung jawab serta Profesionalitas terhadap pekerjaan, menjadi hal yang wajib untuk dimiliki oleh seorang freelancer. Sebab, para Freelancer jarang bertemu secara langsung dengan para clientnya.

Kalaupun iya, mungkin hanya di awal saja atau di beberapa momen tertentu. Sehingga, kita jangan sampai memberikan kekecewaan kepada client kita dengan mengabaikan pekerjaan yang sudah diberikan.

Karena semua client tentunya tidak mau tahu tentang kendala yang sedang dihadapi oleh para pekerjanya. Baik itu masalah pribadi, keluarga dan lain sebagainya, yang penting bagi mereka bahwa pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

4. Fasilitas Pendukung Lainnya

Salah satu yang menjadi kekurangan dari seorang Freelancer yaitu kurangnya fasilitas pendukung. Oleh karena itu, mau tidak mau mereka harus memberikan modal sendiri untuk peralatan yang digunakan.

Misalnya seperti komputer, koneksi internet, fasilitas pendukung lainnya adalah cemilan yang dijadikan sebagai teman saat sudah mulai mengerjakan sebuah proyek agar tidak mengantuk.

Baca Juga :
Analisis SWOT
Penyebab Pengangguran
Komponen Pendapatan Nasional

Cara Kerja Dari Seorang Freelancer

Terdapat beberapa unit bisnis atau instansi yang lebih suka untuk memberikan pekerjaan kepada freelancer daripada merekrut karyawan baru. Umumnya, mereka membuka lowongan pekerjaan ini melalui sebuah media sosial atau situs web lain seperti sribulancer, projects.co.id, dll.

Untuk menggunakan situs web ini, kamu dapat mendaftarkan diri sebagai pekerja atau freelancer. Nah, setelah itu client akan memposting pekerjaan dengan mengisi judul, kategori, uraian pekerjaan serta gaji yang diberikan.

Kemudian para freelancer akan melamar pada pekerjaan yang disediakan dengan cara melampirkan portofolio mereka dan lain sebagainya. Setelah itu, Client dapat memilih siapa yang akan diterima untuk menjadi pegawai Freelancer-nya.

Setelah client memperoleh freelancer yang sesuai, pada tahap yang selanjutnya akan terjadi nego yang meliputi detail pekerjaan, bidding harga dan lain sebagainya.

Pihak-pihak di situs web hanya berfungsi sebagai pihak ketiga yang menghubungkan client dengan Freelancer. Client akan memberikan sejumlah uang kepada freelancer apabila pekerjaan yang diberikan selesai dengan waktu tertentu.

Dengan cara ini, maka semua pihak akan memperoleh manfaat serta kemungkinan terjadinya kasus penipuan sangat rendah atau biaya proyek tidak dibayarkan.

Macam – Macam Pekerjaan Freelance

Banyak yang menganggap bahwa pekerjaan Freelance itu tidak memberikan keuntungan yang besar. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab sampai saat ini masih banyak yang mencari pekerjaan Freelance ini, yaitu diantaranya adalah :

1. Penulis

Jika Anda merasa mempunyai bakat menulis, maka jangan sia-siakan hal itu begitu saja. Karena menulis adalah salah satu pekerjaan paruh waktu yang paling dibutuhkan sekaligus yang sangat diminati.

Apabila Anda merasa dapat mengungkapkan apa yang Anda ketahui dengan mengatur kata-kata, maka cobalah untuk menjadi penulis lepas.

2. Pemandu Wisata

Apabila Anda belajar di perguruan tinggi pariwisata, pekerjaan lepas sebagai pemandu wisata di agen perjalanan atau di berbagai tempat wisata adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda bukan lulusan departemen pariwisata? Maka, tidak apa-apa

Jika Anda menyukai aktivis perjalanan dan memiliki wawasan yang komprehensif tentang dunia pariwisata, Anda dapat mencoba untuk melamar sebagai pemandu wisata.

3. Proofreader

Apakah Anda merasa, bahwa diri Anda cukup teliti dalam bidang mengedit atau mengoreksi kertas? Ada beberapa media atau penerbit yang membutuhkan korektor freelance! Pekerjaan Anda hanya meninjau dan memperbaiki teks untuk pemanfaatan bahasa.

tugas tersebut dilakukan dengan cara menentukan apakah ada kesalahan ejaan, apakah sudah sesuai dengan EYD, dan sebagainya. Oleh karena itu, pekerjaan ini membutuhkan akurasi dan tinjauan ke depan yang tinggi.

F.A.Q

Apa itu Freelance?

Freelance sering diartikan sebagai pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang dikerjakan secara mandiri serta tidak terikat dengan kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan sebuah instansi.

Keuntungan dari seorang pekerja Freelance adalah?

1. Pekerjaan yang dilakukan biasanya sesuatu yang disukai.
2. Seorang freelancer dapat menjadwalkan waktu untuk pekerjaannya baik di pagi hari, di sore hari atau bahkan di malam hari.
3. Pekerja lepas juga bisa melakukan pekerjaan mereka di mana saja dan kapan saja tanpa harus pergi ke kantor.
4. Seorang freelancer dapat memperoleh lebih banyak uang, tentunya hal ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan serta jumlah tugas yang diselesaikan.

Pekerja Paruh Waktu disebut sebagai?

Seseorang yang berprofesi sebagai pekerja paruh waktu disebut juga sebagai Freelancer.

Nah, sekian dari artikel singkat tentang seluk beluk dari dunia Freelance. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua.