Filsafat Pancasila

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini akan menyampaikan pembahasan artikel tentang Filsafat Pancasila sebagai dasar negara – meliputi dari pengertian, bentuk, sikap, fungsi, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Filsafat Pancasila – Adalah hal yang memiliki sistem dengan pemahaman pada nilai-nilai inti luhur sebagai budaya bangsa Indonesia darei cakupan elemen dan budaya yang berasal dalam budaya masyarakat Indonesia.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Filsafat Pancasila Adalah

Filsafat-Pancasila

Filsafat Pancasila adalah sebuah hasil dari pemikiran yag terdalam yang dianggap sebagai unit norma dan nilai yang terdapat pada pancasila dan dianggap paling benar dengan kebijaksanaan dalam kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila juga sebagai filosofi yang dapat diartikan sebagai cara hidup dengan kegiatan yang praktis, yang penggunaan nya sebagai nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman pada perluasan dari keunggulan ideologi yang berkembang.

Pancasila berarti memiliki fungsi sebagai pedoman pada diri manusia untuk sikap dan perilaku dengan tindakan dalam kehidupan sehari-hari baik di masyarakat maupun di negara.

Hal ini juga sebagai pertimbangan jiwa yang mendalam sebagai sistem dasar negara dengan memabentuk kesatuan Republik Indonesia yang akan timbul pada perselisihan dan permusuhan pada negara indoneisa.

Baca Juga: Nilai Nilai Demokrasi

Susunan Filsafat Pancasila

Sebagai pemahaman pancasila dapat membenarkan dalam komposisi dan peraturan yang harus ditempatkan pada moralitas manusia.

Berikut beberapa susunan yang terdapat dalam filsafat pancasila diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pancasila didasarkan pada susunan dalam tawaran yang dapat memperbesarnya ketahan negara.
  • Didasarkan pada tawaran pertama dan didasarkan pada dan menjiwai perintah ketiga, empat dan lima.
  • Didasarkan pada sikap yang menembus dengan jiwa dari kedaulatan.
  • Didasarkan pada hak dan yang dapat menjiwainya.

Baca Juga: Perjanjian Linggarjati 

Tujuan Filsafat Pancasila

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa tujuan dari filsafat yang terdapat dala pancasila diantaranya adalah.

  • Untuk dapat menciptakan bangsa yang taast dan bertakwa kepada Allah SWT.
  • Menjadi jiwa yang dapat memelihara keadilan sosial.
  • Menjadi bangsa dengan membentuk hak asasi manusia pada pancasila.
  • Mnciptakan bangsa yang demokrasi.
  • Menjadi negara yang bersifat nasionalisme.

Baca Juga:  Nilai Pendidikan Karakter

Fungsi Filsafat Pancasila

Pembahasan di atas maka di sini juga kami akan menyampaikan beberapa fungsi dari filsafat pancasila adalah.

1. Membentuk jiwa yang demokarasi

Hal ini adalah sikap yang memiliki sebagai “jiwa bangsa” atau “jiwa rakyat” sehingga masyarakat Indonesia dapat memainkan peran penting dalam kehidupan sejak kelahiran kemerdekaan Indonesia.

2. Membentuk kepribadian bangsa Indonesia

Membentuk kepribadian bangsa Indonesia adalah salah satu sifat dalam pancasila sebagai kepribadian bangsa yang akan bertindak sebagai kepribadian yang memanifestasikan sikap spiritual dalam bentuk kepribadian Indonesia.

3. Membentuk kehidupan bangsa Indonesia

Membentuk kehidupan bangsa Indonesia adalah sebagai cara hidup dengan panduan dalam kehidupan sehari-hari dengan menunjukan perilaku dan mengandaikan norma-norma pada masyarakat.

4. Membentuk cita-cita dan tujuan

Membentuk cita-cita dan tujuan adalah salah satu bentuk yang disimpulkan dalam idealisme bangsa yang harus dapat disimpulkan dalam pembukaan UUD 1945 dengan tujuan mencapai cita-cita bangsa adil dan makmur.

Baca Juga: Strategi Nasional

Cabang Cabang Filsafat

Metafisik – adalah sebuah hal yang mencakup ontologi dengan keragaman realitas tentang proses realitas dari suatu bangsa.

Epistemologi – adalah salah satu bentuk dari diskusi sebagai pertanyaan tentang sifat dan pengetahuan bangsa.

Metodologi – adalah salahsatu sifat yang berkaitan dengan pertanyaan tentang metode dalam sains.

Logika – adalah salah satu sifat yang dapat membahas masalah dalam pemikiran yang benar.

Objek Filsafat

Obyek material filsafat – adalah sebuah objek yang mencakup sebuah sifat material dalam kebutuhan manusia dengan pandangan hidup .

Objek Formal Filsafat – adalah salah satu objek yang menerangkan tentang permasalahan material.

Baca Juga: Sifat Kedaulatan

5 Contoh Filsafat Pancasila

Pembahasan di atas disini juga kami akan menyampaikan beberapa contoh dalam sifat filsafat pancasila diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Penegakan demokrasi

Penegakan demokrasi adalah sebuah sikap yang mencerminkan peraturan terhadap sebuah misi yang kebijaksanaan dengan mencerminkan bagaimana Indonesia akan terkait dalam demokrasi Pancasila.

Sehingga pancasila akan menunjukkan bahwa bersifat sosial terdapat keseimbangan dalam kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.

2. Memihak dan membela negara

Memihak dan membela negara adalah salah satu sifat dalamn memberjuang untuk mempertaruhkan nyawa mereka di Indonesia. Inperjuangan dan pertahankan generasi penerus bangsa dengan cakupan dari filsafat Pancasila.

Sehingga penerapan pada pertahanan nasional dengan generasi muda saat ini akan memilih produk buatan indonesia yang akan miudah untuk di dapatkan.

3. Menegakkan keadilan

Menegakkan keadilan adalah sebuah sifat dengan peraturan yang mencakup sebagai keadilan sosial dengan penegakan keadilan di masyarakat.

Dengan demikian keadilan akan selalu menempatkan dan dadpat berlaku untuk semua bidang kehidupan, yang hubungannya dengan kewajiban terhadap hukum negara.

Baca Juga: Contoh Hukum Adat

4. Pertahankan toleransi

Pertahankan toleransi adalah salah satu sifat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari antara individu dan kelompok yang dapat mengatakan kehidupan sosial akan berinteraksi pada orang lain.

5. Menjaga keharmonisan agama

Menjaga keharmonisan agama adalah salah satu sifat yang wajib mengikuti agama yang bisa dipercaya sehingga dapat mematuhi dan dapat melaksanakan perintah agamanya.

Demikianlah sobat pembahasan dari kami materi tentang, Filsafat Pancasila, semoga pembahasan kmi ini dapat berguna dan mudah di pahami, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:  Contoh Nasionalisme