Fauna Peralihan

Posted on

Fauna Peralihan – Kembali lagi dengan kami di rumus.co.id kali ini penulis akan mengulas kembali seputaran ilmu Biologi di mana materi yang akan kami bahas adalah pengertian, ciri ciri, dan contoh fauna peralihan.

Nah sobat dalam Sebuah wilayah merupakan persebaran fauna sebagian besar memiliki kondisi dan lingkungan yang tropis dan iklim yang sedang, karena dalam lingkunganm ini sangat lah cukup untuk persebaran Fauna sehingga hal tersebut memiliki jenis dan ciri khas yang berbeda.

Supaya lebih mudah di pahami penulis menyarankan marilah simak Pembahasan dibawah ini yang akan kami jelaskan secara detail :

Pengertian Fauna Peralihan

Fauna Peralihan Merupakan salah satu jenis fauna yang memiliki tipe daerah Peralihan atau yang berpindah-pindah, sehingga keberdaan fauna ini dibatasi oleh suhu cuaca sehingga fauna ini sulit untuk berkembang biak.

Hal ini memiliki jumlah cukup banyak keberadaannya sehingga dapat dikatakan sebagai fauna dalam persebarannya bergantung pada suhu iklim, karena Fauna perlihan dapat ditemukan di beberapa lokasi yang terpisah – pisah seperti pada tempat – tempat wisata seperti Asia dan Australia.

Baca Juga : Fauna Australis

Contoh Fauna Peralihan Beserta Gambar

Fauna tipe peralihan tidak banyak menempati di wilayah dalam sekepulauan beberapa pulau kecil di perairan laut yang dalam, sehingga sebanyak fauna ini berada pada kawasan Asia dan Australia.

Dari penjelasan diatas maka terdapat pula beberapa jenis dan contoh hewan fauna peralihan yang banyak di temukan pada wilayah ini adalah sebagai berikut :

  • Anoa
Gambar Fauna Anoa
Gambar Fauna Anoa

Anoa merupakan salah satu jenis hewanyang berupa kerbau tetapi memiliki badanyang kerdil, Hewan merupakan hewan endemik di yang terdapat di Sulawesi sehingga Anoa dapat di bedakan menjadi adalah

  • Anoa dataran rendah
  • Anoa gunung atau Bubalus quarlesi
  • Babi Rusa
Gambar Fauna Babi Rusa
Gambar Fauna Babi Rusa

Babi Rusa merupakan salah satu jenis hewan endemik yang terdapat di wilayah Sulawesi karena hewan ini memiliki taring yang mencuat hingga menyerupai tanduk dan dapat digunakan sebagai memcari makanan liar, dan hewan ini juga memiliki cula yang melengkung ke bagian atas. 

  • Krabuku
Gambar Fauna Krabuku
Gambar Fauna Krabuku

Krabuku merupakan salah satu jenis hewan yang lebih mirip seperti kuskus dari di bandingan kera dan memiliki kepalanya yang mirip burung hantu hingga disebut sebagai kera hantu. 

  • Rangkong Sulawesi 
Gambar Fauna Rangkong
Gambar Fauna Rangkong

Rangkong Sulawesi merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki mulut yang panjang dan ada tanduk dikepalanya, hewan ini sangat jarang sekali di temukan keberadaannya karena hewan ini banyak di cari para pencinta burung.

  • Burung Maleo
Gambar Fauna Burung Maleo
Gambar Fauna Burung Maleo

Burung Maleo merupakan salah satu jenis hewan yang menyerupai seperti ayah hutan, dan hewan ini hanya terdapat di Sulawesi. 

  • Komodo
Gambar Fauna Komodo
Gambar Fauna Komodo

Komodo merupakan salah satu jenis binatang purba dan sebagai hewan pemakan daging yang sampai sekarang masih banyak bertahan hidup dan hanya terdapat di pulau Komodo, yaitu di wilayah Nusa Tenggara Barat. 

Baca Juga : Fauna Oriental

Ciri Ciri Fauna Peralihan

Sekepulauan fauna peralihan banyak menempati di wilayah pada iklim tropis atau pada perairan laut yang dalam, sehingga jenis hewan yang terdapat pada kawasan sangat lah langkah keberadaannya. Sehingga terdapat beberapa ciri pada fauna peralihan adalah :

  • Hewannya endemic, hewan yang hanya ada di wilayah Indonesia
  • Hewan mirip dengan tipe pada fauna Australia
  • Terdapat hewan yang langka
  • Hewan purba yang mampu bertahan hidup dan mampu berkembang biak.
  • Terdapat berbagai jenis reptil.

Persebaran yang terdapat pada fauna peralihan memang sangat banyak memiliki bentuk dan karakter hewan yang berbeda-beda, karena sebagian besar banyak memiliki dalam lingkungan yang tropis sehingga untuk persebarannya memiliki hambatan iklim yang ada di lingkungan ini mengalammi perubahan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat kami simpulkan bahwa fauna peralihan ini adalah jenis fauna yang banyak memiliki tipe dan karakter yang sama pada jenis fauna yang lainnya, sehingga keberdaan fauna ini sulit untuk berkembang biak.

Hal tersebut dikarena kan pertukaran iklim yang tidak teratur dengan demikian persebaran hewan tersebut telah banyak perbedaan yang terkandung dalam lingkunganm ini .

Nah itulah sobat beberapa penjelasan dan ciri ciri sekaligus contoh gambar dari fauna peralihan yang dapat kami sampaikan dalam artikel kami kali ini, semoga dengan adanya artikel pelajaran Boilogi ini kita lebih mudah mengenal jenis – jenis fauna yang ada di dunia.

Dan semoga Informasi ini bisa kita jadikan ilmu pengetahuan kita terhadap fauna peralihan yang ada di lingkungan sekitar kita dan kita tetap menjaga keindahan dan melestarikan fauna fauna tersebu, Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga : Fauna Asiatis