Fauna Oriental

Posted on

Fauna Oriental – Halo sobat kembali lagi dengan kami di rumus.co.id di sini penulis masih akan membahas seputaran ilmu Biologi di mana materi pokok yang akan kami bahas adalah pengertian, ciri ciri, sejarah, dan contoh fauna oriental beserta gambarnya

Sebuah wilayah dengan persebaran fauna sebagian besar memiliki kondisi lingkungan tropis dan iklim yang sedang, karena kondisi lingkungan wilayah australia cukup mencolok untuk persebaran Fauna sehingga hal tersebut memiliki jenis dan ciri khas yang berbeda.

Untuk lebih mudah memahammi nya simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Fauna Oriental

Fauna-Oriental

Fauna oriental adalah salah satu kawasan yang terbesar di kawasan benua india, sehingga pada kawasan tersebut terdapat hutan yang iklim nya tropis.

Sebagian besar pada kawasan ini terdapat beberapa jenis fauna yang mampu bertahan hidup, karena lingkungan yang sangat kaya akan keindahan alamnya.

Fauna oriental telah di dominasi kan dengan berbagai jenis fauna yang terdapat dikawasan tersebut sehingga membentuk sebagian besar menjadi lahan yang sangat cocok perkembangan dari beberap jenis fauna yang berkembang biak pada kawasan iklim tropis pasada oriental ini.

Dari beberapa jenis fauna yang terdapat adalah seperti gajah, orang utan, gibon, bekantan, monyet, badak bercula satu, komodo, tapir, anoa dan masih banyak lagi.

Sehingga jenis hewan tersebut bisajuga kita temukan dibeberapa daerah meliputi pada Benua Asia dan pulau-pulau seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, bahkan sebagian besar terdapat pada hutan tropis.

Baca Juga : Fauna Peralihan

Contoh Fauna Oriental Beserta Gambar

Fauna Oriental yang terdapat pada lingkungan ini cukup banyak jenis dan bervariasi nya sehingga banyak terdapat beberapa jenis fauna.

Beberapa contoh dan beserta gambar fauna yang hidup di wilayah Oriental adalah sebagai berikut :

  • Harimau
Gambar Fauna Harimau
Gambar Fauna Harimau

Harimau adalah salah satujenis hewan yang buas dan memakan daging-dagingan, hewan ini termasuk jenis hewan mamalia dan memiliki corak warna yang indah.

  • Monyet
Gambar Fauna Monyet
Gambar Fauna Monyet

Monyet adalah hewan mamalia sehingga keberadaan hewan ini sangat banyak di temukan keberadaannya, monyet memiliki ekor yang panjang dan dapat memanjat pada ketinggian dan melompat ke tempat-tempat tinggi.

  • Menjangan
Gambar Fauna Menjangan
Gambar Fauna Menjangan

Menjangan adalah salah satu jenis hewan mamalia dan bentuk nya juga menyerupai seperti rusa dan kaming, hewan inti terdapat pada iklim tropis dan memakan rumput.

  • Antelop
Gambar Fauna Antelop
Gambar Fauna Antelop

Antelop adalah salah satu jenis hewan yang menyerupai seperti rusa dan kambing terdapat juga tanduk yang panjang, antelop ini jenis hewan mamalia yang mekana rumput.

  • Tapir
Gambar Fauna Tapir
Gambar Fauna Tapir

Tapir adalah salah satu jenis hewan yang memiliki dua warna di antara nya hitam putih, tapir ini juga jenis hewan mamalia yang memakan rumput dan semut-semut kecil. Bentuk tapir ini menyerupai seperti babi hutan.

  • Komodo
Gambar Fauna Komodo
Gambar Fauna Komodo

Komodo adalah salah satu jenis hewan pemangsa hewan-hewan kecil, komodo ini juga memiliki hidung yang tajam berfungsi sebagai mencium bauk amis terhadaphewan magsaan nya

Nah dari beberapa jenis dan gambar hewan yang terdapat pada fauna Orienta ini kita jadi tahu bahwa setiap wilayah memiliki ciri dan bentuk fauna yang berbeda-beda.

Baca Juga : Fauna Australis

Ciri Ciri Fauna Oriental

Dari beberapa jenis hewan yang berada di wilayah bagian barat Indonesia ini sangat banyaksekali keberadaannya pada wilayah – wilayah lain, maka Fauna Oriental ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki beberapa ciri spesies mamalia berukuran yang sangat besar
  • Memiliki berbagai macam jenis hewan yang berkembang biak pada habitatnya
  • Memiliki warna dan bentuk yang menarik di bandingkan dengan spesies di wilayah lain

Sejarah Fauna Oriental

Pada tahun 1855 perbedaan besar fauna di beberapa daerah selat lombok Utara, melewati selat makasar dan Philipina selatan telah menemukan perbedaan hewan di beberapa daerah tersebut. Hewan yang terdapat mirip dengan hewan-hewan Asia sedangkan di selat lombok melewati selat makasar dan Philipina Selatan.

Nah sobat mungkin beberapa penjelasan di atas tentang Fauna Oriental penulis dapat menyimpulkan bahwa di setiap benua memiliki berbagai macam jenis fauna, sehingga jenis fauna tersebut dapat berkembang biak pada habitatnya masing-masing sesuai dengan iklimyang terdapat pada suatu wilaya.

Demikian lah sobat Penjelasan yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini semoga dengan adanya materi tentang ilmu biologi ini bisa memberikan informasi dan menambahnya wawasan kita, dan semoga bisa memberikan manfaat dan berguna untuk kita semua terutama untukpenulis sendiri. Terima Kasih

Baca Juga : Fauna Asiatis

Related posts: