Fakta Dan Opini

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin seringkali kita mendengar dengan ungkapan atau kalimat namun kita belum mengerti tentang ungkapan tersebut. Nah sobat dalam artikel kami kali, kami akan membahas pengertian Fakta dan Opini. Namun tidak semua di antara kita mengeti tentang sebuah informasi yang terkandung dalam ungkapan sebuah fakta dan berita penulisan terhadap sesuatu yang di bahas tentang opini.

Supaya kita mengetahui informasi tentang perbedaan dari pembahasan pokok dari makalah kami ini, simak lah penjelasan di bawah ini secara detil :

Baca Juga : Konjungsi Korelatif

Pengertian Fakta

Fakta-Dan-Opini
Fakta-Dan-Opini

Fakta merupakan sebuah pernyataan memiliki bentuk dan yang menampilkan situasi yang akurat tentang sebuah masalah atau kejadian, Karena hal yang demikian bisa dikatakan kebenaran dalam sebuah fakta yang sudah teruji.

Sementara ada juga yang berpendapat bahwa Fakta adalah Salah satu ungkapan yang menyatakan tentang sebuah persoalan atau keadaan yang pernah terjadi dan yang sedang terjadi.

Pengertian Opini

Opini merupakan sebuah pernyataan tentang suatu ide dan pikiran serta pendapat yang bersifat tidak objektif, sehingga belum di sahkan tentang kebenarannya.

Maka hal yang demikian tidak dapat memastikan bahwa hal tersebut benar benar ada dan sudah terjadi, meskipun kalimat opini bukan merupakan fakta, akan tetapi hal ini dapat dibuktikan dalam kebenarannya maka opini menjadi sebuah fakta.

Ciri Ciri Fakta dan Opini

Fakta dan opini memiliki beberapa ciri berikut ini ciri-ciri fakta dan opini :

FAKTAOPINI
Sudah teruji tentang kebenaran nya di depan serta bersifat objektif.Belum teruji tentang kebenaran nya dan masih bersifat subjektif.
Memiliki data yang akurat atau pendukung kebenarannya.Tidak memiliki data pendukung karena bukti yang akurat.
Pernah dilihat oleh manusia serta telah dilakukan pengujian dan pemastian pada tempat umum.Merupakan peristiwa yang belum terjadi, karena merupakan suatu pendapat saja
kalimat Bersifat objektifKebenarannya kalimat belum dapat dibuktikan
Pernyataan merupakan sumber dari peristiwa yang nyata, atau pengamatanPernyataan memiliki sumber dari saran atau gagasan pribadi
Pada umumnya pendapat dari setiap orang yang samaPendapat setiap orang memiliki berbedaan
Kalimat Bersifat pastiData tersebut kurang akurat
Memiliki Data akuratKalimat Bersifat subjektif

Dari beberapa ciri di atas kita dapat menentukan sebuah kalimat atau pun berita tersebut apakah termasuk sebuah fakta, atau opini. Karena kalimat tersebut masuk dari ciri dari sebuah kalimat.

Baca Juga : Kalimat Majemuk Campuran

Perbedaan Fakta dengan Opini

Dari beberapa pengertian di atas maka dini terdapat pula perbedaannya antara lain adalah :

  1. Fakta merupakan suatu peristiwa dan insiden yang dapat dibuktikan tentang kebenarannya.
  2. Sedangkan opini adalah salah satu pendapat tentang sebuah pernyataan dari seorang yang belum dapat dibuktikan tentang kebenarannya, dan tidak adanya data yang teruji sehingga belum akurat.

Persamaan Fakta Dan Opini

Dalam sebuah berita atau yang berhubungan dengan sebuah informasi telah terjadi sebuah peristiwa yang berhubungan, karena aktivitas yang sehari-hari nya biasanya mengharapkan tanggapan dari kalangan publik terhadap informasi.

Pada informasi yang berdasarkan sebuah peristiwa atau tentang kejadian yang yang sedang populer di kalangan masyarakat yang berdasarkan dari berita atau informasi seperti.

Misalnya:

  • Informasi Fakta kecelakaan yang terjadi di bandar lampung menyebabkan banyak korban jiwa dan sebagian kendaraan rusak.
  • Informasi Opini Penyebab terjadi nya kecelakaan diduga supir mengantuk.

Baca Juga : Kalimat Efektif

Contoh Kalimat Fakta Dan Opini

Berdasarkan sebuah informasi yang akurat biasanya dalam penulisan terdapat beberapa contoh dari penulisan yang menyangkut perkataan fakta dan opini, karena akan akan terbentuk perbedaannya.

Di bawah ini terdapat contoh dan informasi tentang kalimat fakta dan opini :

Contoh Kalimat Fakta

A. Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa.
B. Bumi memiliki satelit alami yang dikenal dengan sebutan Bulan.
C. Ibu kota Negara Indonesia adalah Jakarta, kota yang terletak di Pulau Jawa
D. Matahari adalah pusat tata surya dan setiap planet bergerak mengelilinginya.
E. Soekarno adalah presiden pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Contoh Kalimat Opini

A. Ketika musim hujan, sebaiknya kita selalu mengamati pergerakan tinggi air sungai atau bendungan yang ada di sekitar tempat tinggal kita.
B. Soekarno adalah sosok yang patut di contoh dalam hal perjuangannya merebut kemerdekaan Indonesia.
C. Masyarakat lereng gunung Merapi harus selalu berhati-hati dengan aktivitas gunung yang kerap berubah.
D. Saat hujan turun, aku selalu menunggu katak yang keluar ke halaman rumahku.
E. Jika pengamanan diatur dengan baik maka tidak akan ada insiden narapidana melarikan diri dari lapas.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Fakta dan Opini adalah sebagai dasaran bagi suatu pendapat tentang seseorang yang mengemukakan terlebih dahulu, kemudian baru mengemukakan tentang suatu berpendapat.

Bahkan sebaliknya dari hal tersebut juga berfungsi untuk memperjelas adanya suatu pendapat dari seseorang yang berpendapat kemudian baru dapat di sertakan kalimat yang akurat tentang kebenarannya.

Demikianlah penjelasan dari artikel kami tentang fakta dan opini, semoga bisa memberikan wawasan untuk kita semua dan semoga bermanfaat. Terima Kasih

Fakta Dan Opini Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung