Energi Potensial : Pengertian, Rumus, Jenis, dan Contoh

Posted on

Energi Potensial – Adalah energi yang memperngaruhi suatu benda karna posisi benda tersebut, Berikut akan menjelaskan secara lengkap mengenai energi potensial yang meliputi dengan rumus dan pengertianya beserta je nis dan contoh energi potensial. Untuk lebih jelasnya sima pembahasan dibawah ini

Energi potensial
Energi potensial

Pengertian Energi Potensial

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki benda akibat adanya pengaruh tempat atau pengaruh kedudukan dari benda tersebut.

Energi potensial disebut juga dengan energi diam sebab benda yang dalam keadaan diam bis memiliki energi. Apabila benda tersebut bergerak, maka benda itu mengalami perubahan energi potensial yang menjadi energi gerak. Energi potensial mempunyai beberapa bentuk diantaranya yaitu : energi potensial gravitasi, energi potensial pegas, dan lain – lain.

Energi potensial yaitu energi yang memperngaruhi suatu benda karna posisi (ketinggian) benda tersebut yang kecenderungan itu menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan oleh energi potensial tersebut. Satuan SI untuk mengukur usaha dan energi yaity Joule (simbol J). Sebutan “energi potensial” pertama kali dikemukakan seorang teknik dan fisikawan yang berkebangsaan Skotlandia, William Rankine.

Pendapat lain Tentang Energi potensial yaitu sifat dari sistem, bukan benda

Sebuah sistem merupakan kumpulan dari benda atau partikel saling berinteraksi melalui gaya. Satuan dari Energi Potensial yaitu sama dengan Usaha dan Energi kinetic. Di dalam suatu sistem, ada dikenal dengan istilah tenaga potensial dan tenaga kinetik dan ini dikenal dalam sistem konservatif. Tenaga potensial merupakan tenaga yang belum dikeluarkan dan masih tersimpan.

Secara Umum Energi potensial yaitu energi yang dimiliki suatu benda sebab mempunyai ketinggian tertentu dari tanah. Energi potensial ada karena adanya gravitasi bumi.

Energi potensial elastis

energi potensial elastis
energi potensial elastis

Energi potensial elastis yaitu energi potensial dari benda elastis

Contohnya yaitu busur panah yang mengalami perubahan bentuk sebab adanya tekanan atau kompresi. Akibatnya yaitu ditimbulkannya gaya yang akan berusaha untuk mengembalikan pada bentuk benda tersebut ke bentuk awalnya. Jika tekanan/renggangan dilepas, maka energi akan berpindah menjadi sebuah energi kinetik.

Rumus Energi potensial

Energi potensial ada disebabka adanya gravitasi bumi. Energi potensial bisa dirumuskan sebagai berikut

Ep = m × g × h

Keterangan:

Ep adalah Energi potensial (J)
m adalah massa benda (kg)
g adalah percepatan gravitasi (m/s2)
h adalah tinggi benda dari permukaan tanah (meter)

Jika mengangkat benda bermassa m yang awalnya setinggi yi sampai benda setinggi yf maka benda berpindah sejauh Δr=yf−yi. Besar gaya luar minimal yang dibutuhkan untuk mengangkat benda yaitu sebesar F=mg. Sehingga besar usaha W

dapat dinyatakan sebagai berikut.

W =F × Δr
W = mgΔr
W = mgyf – mgyi

Contoh Energi Potensial

Contoh sederhana yang muda dari energi ini adalah jika seseorang membawa suatu batu ke atas bukit kemudian meletakkannya di sana, batu itu akan mendapat energi potensial gravitasi. Jika meregangkan suatu pegas, kita bisa mengatakan bahwa pegas akan membesar & memanjang itu memiliki arti bahwa pegas mendapatkan energi potensial elastik.

contoh energi potensial
contoh energi potensial

Berbagai jenis energi bisa dikelompokkan sebagai energi potensial. Untuk tiap bentuk energi dihubungkan dengan suatu jenis pada gaya tertentu dan juga bekerja terhadap sifat fisik tertentu suatu materi (seperti misalnya massa, muatan, elastisitas, suhu, dll).

Energi potensial gravitasi dihubungkan pada gaya gravitasi yang bekerja pada massa benda energi potensial elastik pada gaya elastik yang bekerja terhadap elastisitas objek yang berubah bentuk

Contoh Soal Energi Potensial

Hitunglah energi yang dibutuhkan untuk mengangkat suatu beban 5 kg yang setinggi 2 meter

Jawab

U = mgh
=5×10×2
=100 J

Demikianlah pembahasan mengenai energi potensial, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :