Ekosistem Darat

Posted on

Ekosistem Darat – Bumi merupakan salah satu planet yang termasuk kedalam daftar sistem tata surya yang dijadikan sebagai tempat hunian dari berbagai jenis makhluk hidup, seperti hewan, tumbuhan bahkan manusia.

Tak hanya makhluk hidup saja, tetapi bumi juga meliputi lingkungan serta beberapa komponen yang terdapat didalamnya. Istilah yang mengacu terhadap interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan bersama dengan komponen di dalamnya adalah Ekosistem.

Ekosistem Darat

Ekosistem dibagi menjadi beberapa kategori, dan salah satunya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu Ekosistem Darat.

Definisi Ekosistem Darat

Ekosistem darat atau disebut juga sebagai Terestrial merupakan sebuah ekosistem yang faktor lingkungannya lebih dikuasai oleh wilayah daratan. Jadi, Ekosistem dapat dikatakan sebagai interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya terjadi di darat.

Terrestrial Ecosystems ini merupakan salah satu Terestrial yang memiliki cakupan wilayah sangat luas yang disebut sebagai Bioma.

Sifat bioma itu sendiri sangat dipengaruhi dengan adanya iklim, sedangkan iklim itu sendiri dipengaruhi dengan adanya posisi geografis yang berada di garis lintang serta ketinggian dari permukaan laut.

Baca Juga : Ekosistem Adalah

Kriteria Dari Terrestrial Ecosystems

Dibawah ini terdapat beberapa kriteria dari Ekosistem Darat yang dapat membedakannya dengan jenis ekosistem lainnya, diantaranya adalah :

  1. Sebuah ekosistem yang memiliki lingkungan fisik dalam bentuk daratan.
  2. Memiliki struktur vegetasi dominan skala besar.
  3. Jenis-jenis tumbuhan dan hewan yang ada disesuaikan dengan lingkungan dan wilayah daratan.

Macam – Macam Ekosistem Darat

Ekosistem Darat

Didunia ini terdapat banyak sekali jenis-jenis dari ekosistem darat yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Bioma Tundra

Tundra merupakan salah satu bioma dari tempat terhambatnya pertumbuhan pohon yang memiliki suhu lingkungan sekitar yang sangat rendah atau dingin.

Secara umum, tundra terbagi menjadi dua bentuk, yaitu tundra Arktik yang artinya bioma Tundra yang berada di wilayah kutub utara. Sedangkan, untuk tundra Alpin adalah sebuah bioma tundra yang berada di wilayah puncak pegunungan/\.

Kriteria Dari Bioma Tundra :

  • Mengalami musim dingin yang sangat panjang, bisa mencapai 9 bulan.
  • Pada musim dingin, cahaya sinar matahari sangat sedikit, sehingga tampak sangat gelap
  • Hanya mengalami musim panas selama 3 bulan.
  • Di musim panas, tanaman seperti rumput dan pepohonan sudah mulai tumbuh dan berkembang.
  • Salju yang menutupi tanah akan mencair jika musim panas berlangsung.
  • Terdapat flora yang sangat unik, yaitu lumut sphagnum dan lichen “rusa”, tumbuhan willow, birch dan juga tanaman biji pendek, yang mempunyai waktu pengembangan yang sangat singkat, yaitu hanya membutuhkan waktu 2 bulan.
  • Terdapat fauna yang unik, yaitu muskoxem atau bison berambut tebal, rusa kutub atau caribou, rubah dan juga ptarmigan batu.

2. Bioma Sabana

Sabana merupakan sebuah bioma padang rumput yang diselingi dengan pepohonan rindang. Bioma ini berada di wilayah yang memiliki iklim tropis, misalnya seperti di daerah Australia Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kenya (Afrika) dan masih banyak lagi.

Secara umum, Bioma Sabana terbagi atas dua jenis yaitu Bioma Sabana Murni yaitu wilayah sabana yang hanya dipenuhi dengan satu jenis pohon saja. Sedangkan, Bioma Sabana Campuran merupakan wilayah sabana yang ditumbuhi dengan beberapa jenis pohon.

Baca Juga : Ekosistem Sawah

Kriteria Dari Bioma Sabana :

  • Bioma ini terletak di wilayah tropis yang memiliki curah hujan sedang yaitu antara 90 dan 150 cm / tahun.
  • Wilayah yang memiliki bioma ini terletak di NTT, NTB, Amerika Utara, dan juga Kenya.
  • Tumbuhan yang tumbuh pada bioma sabana adalah rumput, coryphautan, akasia, kayu putih dan masih banyak lagi.
  • Macam – macam hewan yang ada dalam sabana adalah macan tutul, gajah, rayap, rusa dan masih banyak lagi.

3. Bioma Gurun

Gurun merupakan sebuah padang pasir yang sangat luas dan tandus karena curah hujan yang sangat rendah di daerah tersebut, misalnya seperti Gurun Gobi yang berada di Asia dan Gurun Sahara yang berada di Afrika.

Kriteria Dari Bioma Gurun :

  • Mempunyai curah hujan yang sangat sedikit, yaitu pertahunnya kurang dari 25 cm.
  • Mempunyai kondisi tanah yang sangat tandus dan tidak bisa mengandung air.
  • Tumbuhan yang bisa hidup diwilayah ini adalah Kaktus.
  • Mempunyai tingkat penguapan yang sangat tinggi.
  • Wilayah ini memiliki tingkat kelembaban yang sangat minim.
  • Terdapat perbedaan suhu yang terbilang sangat ekstrem di malam serta siang hari. Pada siang hari suhu diderah ini bisa mencapai 60° C, sedangkan untuk suhu di malam hari bisa mencapai 0° C.

4. Bioma Hutan Gugur

Hutan gugur biasanya dapat ditemui di wilayah yang terdiri dari empat musim yaitu musim dingin, panas, semi serta musim gugur. Bioma ini berada di wilayah Amerika Serikat bagian timur, Asia Timur, Chili, serta wilayah Eropa Barat.

Kriteria Dari Bioma Hutan Gugur :

  1. Memiliki tingkat curah hujan yang merata di seluruh wilayahnya yaitu antara 75 – 100 cm/tahunnya.
  2. Terdiri dari empat musim, yaitu panas, dingin, gugur, serta semi.
  3. Air yang terdapat pada bioma ini akan membeku jika musim dingin sudah menyerang.
  4. Tumbuhan yang ada pada bioma ini tidak melakukan proses fotosintesis ketika musim dingin sedang terjadi, sebab tidak bisa menyerap air dengan baik.
  5. Di tempati oleh beberapa hewan yang meakukan hibernasi ketika musim dingin tiba.
  6. Bioma ini terletak di daerah yang memiliki iklim sub tropis, yaitu berada di 23,5° garis lintang utara atau garis lintang selatan.

5. Bioma Taiga

Bioma taiga juga dapat disebut sebagai hutan boreal, dimana bioma ini berada di diantara wilayah yang memiliki iklim tropis dengan wilayah yang mempunyai iklim kutub.

Tidak hanya itu saja, Bioma Taiga juga bisa tumbuh didaerah yang mempunyai iklim dingin. Wilayah-wilayah tersebut seperti Rusia, Amerika Utara, Semenanjung Skandinavia, dan juga Alaska.

Kriteria Dari Bioma Taiga :

  • Berada di daerah yang beriklim subtropis dan kutub.
  • Adanya perbedaan suhu yang sangat signifikan antara musim panas dengan musim dingin.
  • Pertumbuhan tanaman hanya terjadi di musim panas saja, yaitu berlangsung dari 3 hingga 6 bulan.
  • Adanya flora yang sifatnya homogen atau seragam tumbuh diwilayah ini.
  • Tanaman yang mendominasi wilayah ini adalah tanaman yang memiliki bentuk daun runcing seperti jaru (tanaman jarum) yang terlihat hijau di sepanjang tahun.
  • Terdapat beberapa hewan khas yang tinggal diwilayah ini seperti serigala, burung, beruang hitam, lumut dan bahkan lynx.

Baca Juga : Simbiosis Mutualisme Beserta Contoh, Pengertian, dan Gambar

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan

Ekosistem darat atau disebut juga sebagai Terestrial merupakan sebuah ekosistem yang faktor lingkungannya lebih dikuasai oleh wilayah daratan.

Komponen apa saja yang ada diwilayah Ekosistem Darat?

1. Komponen biotik, merupakan salah satu komponen yang terdiri dari makhluk hidup.
2. Komponen abiotik, merupakan salah satu komponen yang terdiri dari benda mati.

Apa yang dimaksud dengan Bioma Hutan Hujan Tropis?

Hutan hujan tropis merupakan salah satu jenis bioma yang berada di wilayah beriklim tropis, namun memiliki curah hujan yang tinggi. Tingkat curah hujan pada kawasan ini bisa mencapai 1200 mm atau lebih / tahunnya.

Demikianlah pembahasan dari ulasan kali ini, semoga menjadi wawasan baru bagi para pembaca.