Ekonomi Internasional

Posted on

Ekonomi Internasional – Kehidupan ekonomi tampaknya sudah sangat erat dengan unsur-unsur dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kehidupan ekonomi sangat erat dengan semua jenis interaksi manusia.

Ekonomi Internasional

Karena dunia ekonomi memang menjadi objek yang sangat spesifik dari suatu kegiatan yang pasti dilakukan oleh manusia. Umumnya, dunia ekonomi dapat dilakukan dalam lingkungan terkecil hingga dunia ekonomi internasional, yang pastinya memiliki ketentuan yang sangat rumit.

Untuk membahas lebih jauh lagi tentang kehidupan Ekonomi Internasional, yuk simak penjelasan dibawah ini mengenai pengertian dari Ekonomi Internasional beserta hal-hal di dalamnya.

Definisi Ekonomi Internasional

Ekonomi internasional adalah industri yang membahas, meneliti dan juga menganalisis transaksi serta berbagai konflik yang muncul di dalam International Economy itu sendiri dalam studinya. Salah satunya adalah kegiatan ekspor dan juga impor.

Tidak hanya itu, tetapi juga masalah komersial, keuangan dan mata uang serta organisasi bisnis pemerintah / non-pemerintah yang menjaga hubungan interaksi antar negara termasuk dalam International Economy.

Definisi International Economy Secara Ilmiah dan Praktis

Merujuk pada definisi dari International Economy yang ada di atas, definisi dari International Economy ini dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut :

  • Dari Segi Ilmiah, International Economy adalah bagian dari cabang studi ekonomi yang diterapkan pada kegiatan ekonomi antar negara atau antar bangsa.
  • Dari Segi Praktisnya, International Economy mencakup segala kegiatan ekonomi yang terjadi antara negara, bangsa serta antara individu dari satu negara ke negara lain.

Ruang Lingkup International Economy

Dibawah ini terdapat ruang lingkup dari International Economy yang bisa dijadikan sebagai pembagian berdasarkan dengan sifat – sifat tertentu, yaitu sebagai berikut :

  1. Teori serta kebijaksanaan di dalam bidang perdagangan Nasional.
  2. Teori dan juga kebijaksanaan di dalam bidang keuangan serta moneter dunia Internasional
  3. Pembentukan organisasi dan unit Internasional untuk kerja sama ekonomi.
  4. Dibentuknya perusahaan – perusahaan Multinasional.

Baca Juga :
Teori Perdagangan Internasional
Kerjasama Internasional
Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Faktor Pengaruh Ekonomi Internasional

Secara umum, faktor-faktor di bawah ini dipercayai dapat menjadi pendorong bagi suatu negara untuk mendirikan kegiatan International Economy, yaitu sebagai berikut :

  • Adanya keinginan untuk mendapatkan keuntungan untuk meningkatkan pendapatan pemerintah dan juga negara.
  • Memiliki keterampilan IPTEK untuk mengelola sumber daya.
  • Memiliki kelebihan produk atau barang di dalam negeri sehingga sangat tepat jika melaksanakan International Economy.
  • Terdapat perbedaan dalam bidang SDA, tenaga kerja, bea cukai serta iklim suatu negara, sehingga produk yang dihasilkan antara satu negara dan negara lain berbeda.
  • Adanya era globalisasi di mana setiap negara tidak dapat hidup untuk dirinya sendiri tanpa mendapatkan bantuan dari negara lain.
  • Mempunyai kesamaan selera untuk suatu barang atau jasa yang memang sedang menjadi trend pada masanya.
  • Adanya keinginan untuk membuka peluang kerja sama serta hubungan diplomatik dengan orang-orang dari negara lain.

Tujuan Dari Ekonomi Internasional

Tujuan utama dari International Economy adalah untuk dapat meningkatkan kesejahteraan suatu negara dengan lebih baik bagi semua lapisan masyarakat.

Nah, tujuan tersebut umumnya bisa dicapai dengan melaksanakan aktivitas – aktivitas di dalam kegiatan International Economy seperti Impor dan Ekspor, perkreditan, investasi, pengangkutan, asuransi, diplosiasi dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, perbedaan cara maupun sifat yang terdapat dalam perdagangan di International Economy serta aktivitas perdagangan yang dilaksanakan hanya dalam lingkup luar negeri ini diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut :

  • Adanya perbedaan hukum dan aturan penjualan dan pembelian, peraturan bea cukai dan juga uang.
  • Memiliki kebiasaan, hobi, musim, iklim, dan juga kondisi pasar lokal yang berbeda.
  • Adanya perbedaan dalam kondisi serta suasana politik, sosial-budaya, ekonomi dan juga budaya.

Peran Indonesia Dalam Ekonomi Internasional

Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN yang termasuk kedalam G-20 (grup 20). Dalam grup ini terdiri dari 19 negara yang ditambahkan dengan Uni Eropa yang mengendalikan 75% dari International Economy.

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang stabil setiap tahunnya telah menjadikan negara ini sebagai salah satu dari kekuatan ekonomi dunia. Keberhasilan Indonesia dalam perjalanannya menuju Economy Global Power tidak bisa dipisahkan dari modal pembangunan Indonesia.

Indonesia merupakan negara dengan modal pembangunan yang sangat lengkap, hal ini didasari dengan SDA yang melimpah, SDM yang berkualitas tinggi, iklim demokrasi yang stabil, serta lokasi geografis yang sangat strategis.

F.A.Q

Ekonomi Internasional adalah?

Ekonomi internasional adalah ekonomi yang membahas efek saling ketergantungan antar negara yang ada di dunia, baik dalam hal perdagangan internasional maupun pada pasar kredit internasional.

Manfaat dari adanya kegiatan Ekonomi Internasional ini yaitu?

1. Untuk meningkatkan serta menambah pendapatan dalam suatu negara.
2. Berupaya untuk menjaga kestabilan harga produk yang ada di dalam negeri.
3. Meningkatkan kesempatan kerja dalam suatu negara.
4. Bertujuan untuk mempercepat proses pembangunan nasional.

Tujuan dari adanya Ekonomi Internasional adalah?

Tujuan utama dari Ekonomi Internasional adalah untuk dapat meningkatkan kesejahteraan suatu negara dengan lebih baik bagi semua lapisan masyarakat.

Sekian informasi singkat dari pembahasan yang ada diatas, semoga ulasan kali ini membantu kita semua untuk memahami International Economy.