Ekonomi Adalah

Posted on

Ekonomi Adalah – Istilah ekonomi ini tidak pernah lepas dari kehidupan kita baik itu di lingkungan bermasyarakat, saat menempuh pendidikan atau bahkan dalam kehidupan bernegara sekali pun.

Ekonomi Adalah

Namun, masih banyak diantara kita yang sudah memahami tentang Ekonomi namun sulit untuk mendefinisikannya. Untuk itu, Rumus.co.id akan menjabarkan mengenai Ekonomi secara lengkap dan terperinci.

Oleh sebab itu, mari kita simak ulasan yang disampaikan dalam pembahasan dibawah ini, yukk…

Ekonomi Adalah?

Ekonomi adalah sebuah cabang ilmu sosial yang didalamnya membahas tentang kegiatan yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan tersebut berhubungan erat dengan kegiatan Produksi (Menghasilkan), Distribusi (Memasarkan) dan Konsumsi (Penggunaan).

Ada juga yang mengungkapkan bahwa Ekonomi merupakan semua hal yang berkaitan dengan daya dan juga upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari guna menuju taraf hidup yang makmur.

Secara bahasa, kata Ekonomi diambil dari bahasa Yunani dan terdiri dari dua kata yaitu kata “Oikos” artinya keluarga atau rumah tangga, sedangkan “Nomos” artinya peraturan atau hukum.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ekonomi merupakan suatu peraturan dalam rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Definisi Dari Ekonomi Menurut Para Ahli

Tidak hanya definisi dari Economic yang ada diatas saja, tetapi juga terdapat beberapa para ahli yang mengungkapkan definisi dari Economic, yaitu sebagai berikut :

1. Aristoteles

Economic merupakan cabang ilmu yang dipakai dengan dua jalan yaitu dapat digunakan dan juga dapat ditukar dengan sebuah barang, sehingga dapat disimpulkan bahwa ekonomi memiliki dua nilai, yaitu pertukaran dan penggunaan.

2. Robbins

Economic adalah ilmu yang membahas tentang perilaku atau tingkah laku manusia sebagai hubungan yang berkaitan antara tujuan dan juga ketersediaan sumber daya guna mewujudkannya.

3. Abraham Maslow

Economic adalah bidang ilmiah yang dapat memecahkan masalah kehidupan manusia dengan menggabungkan semua sumber daya ekonomi yang tersedia berdasarkan teori dan juga prinsip yang ada di dalam sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

4. Von Neumann dan Morgenstern

Economic adalah cabang ilmu pengetahuan, yang sangat disayangkan jika tidak diperlakukan secara non-ilmiah, karena semua karakter sudah harus berurusan dengan solusi yang berbeda sehingga mereka dapat menyelesaikan semua masalah yang mendesak saat itu.

5. Jack Hirshleifer

Economic adalah sebuah ilmu pengetahuan yang membahas tentang pilihan untuk membuat keputusan pada setiap ukuran, atau studi ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi ketika keputusan berbeda dibuat tentang orang yang mencoba untuk saling mempengaruhi.

6. Alfred Marshall

Economic adalah studi yang membahas bagaimana orang hidup, bergerak, dan juga berpikir dalam konteks sehari-hari.

Baca Juga :
Sistem Ekonomi – Pengertian, Ciri Ciri/Macam Macam dan fungsi
Pertumbuhan Ekonomi – Pengertian, Teori dan Faktor Yang Mempengaruhi
Pembangunan Ekonomi – Pengertian, Tujuan dan Perencanaan

Prinsip – Prinsip Dalam Economic

Dalam ilmu ekonomi ada beberapa prinsip yang menjadi dasarnya. Sehubungan dengan pemahaman ekonomi di atas, prinsip-prinsip ekonomi berikut adalah :

1. Prinsip Produksi

Memahami prinsip produksi di dalam ekonomi yaitu bahwa ekonomi memainkan peran dalam pengadaan produk, baik barang maupun jasa. Proses produksi ini memerlukan biaya dan juga upaya dalam implementasinya.

Kegiatan tersebut tentunya akan membuka lapangan kerja dan juga menghasilkan produk tertentu.

2. Prinsip Distribusi

Memahami prinsip distribusi dalam ekonomi adalah distribusi atau kegiatan pemasaran produk kepada para konsumen.

Kegiatan ini lebih dikenal juga dengan penjualan yang mana harus dilakukan dengan perhitungan waktu yang sangat baik sehingga produk yang dikirim akan tiba tepat waktu di toko-toko yang dituju.

Misalnya, seperti mengirimkan buah dan juga sayuran dari para petani ke para penjual yang ada di pasar. Proses penjualan ini berlangsung saat fajar sehingga kualitas buah dan juga sayuran tetap baik ketika konsumen hendak membelinya.

3. Prinsip Konsumsi

Memahami prinsip konsumsi dalam dunia ekonomi mencakup semua kegiatan yang menggunakan produk yang dilakukan oleh orang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Misalnya, pemilik rumah membeli batu bata untuk mengganti sirap yang rusak. Tujuannya agar atap rumah tidak menetes saat hujan dan menjadi terasa nyaman.

Motif – Motif Economic

Economic Motives adalah alasan yang ditujukan seseorang guna melakukan aktivitas ekonomi. Berikut ini merupakan beberapa motif yang terjadi dalam ilmu ekonomi secara umum, yaitu :

  • Motif untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Alasan ini biasanya dilakukan oleh konsumen, seperti membeli kebutuhan dasar manusia (nasi, lauk dan juga pauk).
  • Alasan untuk mendapatkan keuntungan. Ini dilakukan oleh vendor, misalnya dengan menjual kebutuhan dasar manusia untuk memperoleh keuntungan.
  • Motif penghargaan.
  • Alasan untuk memperoleh kekuasaan atau wewenang.
  • Motif sosial atau saling tolong-menolong.

Namun, secara umum, setidaknya terdapat dua jenis motif atau alasan ekonomi yang dilakukan oleh manusia, diantaranya adalah :

1. Berdasarkan Dengan Asalnya

  1. Motif Intrinsik, merupakan sebuah dorongan yang berasal dari dalam dirinya sendiri guna melakukan aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti seseorang membeli makanan untuk mengatasi rasa laparnya.
  2. Motif Ekstrinsik, merupakan dorongan yang datang dari luar diri manusia itu sendiri atau adanya pengaruh dari luar untuk melakukan aktivitas ekonomi. Seperti seseorang yang membeli rumah sebab melihat tetangganya membeli rumah baru.

2. Berdasarkan Dengan Pertimbangan Ekonomi

  1. Motive for Survival, merupakan sebuah dorongan yang berasal dari dalam dirinya sendiri guna berusaha untuk mempertahankan hidupnya sehingga mereka mau melakukan berbagai macam hal. Seperti pergi bekerja agar memperoleh uang untuk membeli sebuah makanan.
  2. Motive for Profit, merupakan keinginan seseorang untuk memperoleh keuntungan dari berbagai macam aktivitas ekonomi yang dilakukan. Umumnya alasan ini dilakukan oleh para pedagang atau produsen. Seperti menjual suatu produk ke orang lain dengan upaya untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut.
  3. Motives for Awarding, merupakan sebuah dorongan yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri guna melakukan berbagai macam aktivitas ekonomi dengan tujuan untuk memperoleh penghargaan, baik itu karena keahlian ataupun karena jasa yang dilakukannya.

F.A.Q

Kegiatan Ekonomi yaitu?

Aktivitas atau Kegiatan ekonomi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Umumnya, aktivitas ekonomi ini mencakup kegiatan konsumsi, produksi dan juga penjualan (distribusi).

Apa saja tujuan dari Ekonomi?

Secara umum, tujuan dari adanya kegiatan ekonomi yaitu untuk memenuhi berbagai macam keperluan manusia dalam hidupnya, baik itu keperluan primer, sekunder dan juga tersier. 

Ilmu Ekonomi adalah?

Ekonomi adalah sebuah cabang ilmu sosial yang didalamnya membahas tentang kegiatan yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan tersebut berhubungan erat dengan kegiatan Produksi (Menghasilkan), Distribusi (Memasarkan) dan Konsumsi (Penggunaan).

Sekian ulasan dalam pembahasan kali ini, semoga membantu pembaca untuk memahaminya.