Ekologi Adalah

Posted on

Ekologi Adalah – Di dalam kehidupan sehari-hari, mungkin istilah yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga Anda atau bahkan Anda sering menggunakan kata Ekologi ini di dalam sebuah kalimat.

Ekologi Adalah

Namun apakah Anda sudah mengetahui tentang apa itu Ekologi yang sebenarnya? Jika kalian belum mengetahui tentang istilah tersebut, yuk simak penjabaran yang akan Rumus.co.id berikan untuk kalian.

Ekologi Adalah?

Ekologi (Ecology) adalah ilmu yang meneliti hubungan timbal balik yang terjadi antara organisme dengan lingkungannya.

Namun, secara etimologis, istilah Ecology berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu Oikos (habitat) dan juga Logos (ilmu). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ecology merupakan cabang ilmu yang meneliti interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Definisi dari Ekologi Menurut Para Ahli

Tidak hanya pengertian dari Ecology secara umum dan bahasa saja, tetapi terdapat beberapa para ahli yang mengungkapkan definisi dari Ecology, yaitu sebagai berikut :

  • C.J. Krebs, Ecology merupakan sebuah cabang ilmu yang meneliti interaksi yang berperan untuk menentukan distribusi dan juga frekuensi pada organisme.
  • Ernst Haeckel, Ecology merupakan sebuah ilmu global yang membahas tentang hubungan antara organisme dengan lingkungannya.
  • C Elton, Ecology merupakan sebuah studi yang membahas tentang kehidupan alam sekitar secara ilmiah atau dapat disingkat sebagai studi sejarah alam.
  • G. Tyler Miller, Ecology merupakan sebuah studi yang didalamnya membahas tentang keterkaitan antara organisme yang satu dengan organisme lain dan juga lingkungannya.
  • E. P. Odum, Ecology merupakan sebuah studi yang menjabarkan tentang struktur dan juga fungsi alam “Study of the structure and function of nature”.

Baca Juga :
Pendekatan Geografi : Spasial, Ekologi, Regional dan Contohnya
Bioma Sabana
Kingdom Protista – Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh

Jenis – Jenis Dari Ecology

Pada dasarnya, istilah Ecology digunakan di berbagai bidang kehidupan manusia. Ada beberapa jenis Ecology berdasarkan dengan konsep Ecologynya, yaitu :

  1. Human Ecology : Merupakan sebuah cabang dari ilmu ecology yang mempelajari tentang keadaan dari lingkungan hidup yang ada disekitar manusia.
  2. Plant Ecology : Merupakan sebuah cabang dari ilmu ecology yang didalamnya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tumbuhan sebagai organisme.
  3. Animal Ecology : Merupakan sebuah cabang dari ilmu ecology yang didalamnya mempelajari tentang hewan sebagai suatu organisme dengan mengabaikan manusia dan tanaman.
  4. Habitat Ecology : Merupakan sebuah cabang dari ilmu ecology yang didalamnya hanya terfokus untuk mempelajari dan juga membahas tentang sifat dari suatu habitat.
  5. Population Ecology : Merupakan sebuah cabang dari ilmu Ecology yang hanya terfokus untuk mempelajari tentang hubungan yang terjadi antara jumlah individu, kelompok organisme, serta faktor penentu dari besar kecilnya populasi dan juga penyebarannya.
  6. Social Ecology : Merupakan sebuah cabang dari ilmu Ecology yang didalamnya hanya terfokus untuk mempelajari tentang hubungan yang terjadi antara manusia dengan lingkungan serta teknologi.
  7. Space Ecology : Merupakan sebuah cabang ilmu Ecology yang hanya terfokus mempelajari tentang ekosistem yang dapat mendukung kehidupan manusia selama perjalanan ruang angkasa.
  8. Language Ecology : Merupakan sebuah cabang ilmu Ecology yang hanya terfokus untuk mempelajari dan juga menyelidiki tentang hubungan yang terjadi antara bahasa dengan kehidupan manusia.

Aspek dan juga Prinsip Ecology

Dalam mempelajari hubungan yang terjadi antara makhluk hidup dan juga lingkungannya, tentunya terdapat beberapa aspek serta prinsip yang harus dipertimbangkan. Berikut adalah aspek dan prinsip Ecology, yaitu :

1. Aspek Utama pada Ekologi

Pada dasarnya terdapat beberapa aspek penting yang digunakan untuk mempelajari ilmu ecology yaitu diantaranya adalah :

  • Aspek studi yang membahas mengenai interaksi antara organisme atau kelompok organisme dengan lingkungannya.
  • Aspek studi yang membahas mengenai struktur dan juga fungsi alam.

2. Prinsip Utama pada Ekologi

Secara umum terdapat beberapa prinsip utama dalam ilmu Ekologi, yaitu sebagai berikut :

  • Interaction.
  • Interdependence.
  • Diversity.
  • Harmony.
  • Sustainability.

Ruang Lingkup Ecology

Pada dasarnya, Ecology memiliki batasan-batasan pokok pembahasan atau ruang lingkup dari ilmu Ekologi, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Individu, merupakan sebuah unit organisme yang berasal dari jenis atau spesies tertentu. Misalnya seperti seekor gajah, manusia, seekor burung dan lain sebagainya.
  2. Populasi, merupakan sekelompok orang yang sama namun berada di tempat-tempat tertentu dan juga pada waktu tertentu. Misalnya seperti populasi manusia, burung, rumput, dan lain sebagainya.
  3. Komunitas, merupakan sekelompok makhluk hidup yang terdiri dari populasi yang berbeda dan juga berinteraksi satu sama lain di tempat tertentu dan pada waktu tertentu. Misalnya seperti ekosistem padang rumput yang ada di populasi rumput dan lain sebagainya.
  4. Ekosistem, merupakan suatu keadaan di mana terdapat hubungan timbal balik dan juga saling ketergantungan satu sama lain antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Misalnya seperti ekosistem air laut, ekosistem hutan dan lain sebagainya.
  5. Biosfer, merupakan tingkat tertinggi dalam suatu organisasi biologis di mana terdapat semua kehidupan di bumi dan terdapat interaksi yang terjadi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.

F.A.Q

Apa itu Ekologi secara bahasa?

Istilah Ecology berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu Oikos (habitat) dan juga Logos (ilmu). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ecology merupakan cabang ilmu yang meneliti interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Manfaat dari Ekologi?

1. Jadi lebih mengenal beragam Hayati.
2. Bisa lebih mengenal perilaku dari setiap makhluk hidup.
3. Dapat mengetahui bagaimana peran manusia di dalam lingkungan.
4. Untuk mencari solusi dari masalah yang terjadi dalam bidang pertanian.

Perbedaan Ekologi dengan Ekosistem yaitu?

Ekosistem sering diartikan sebagai komunitas biologis beserta dengan lingkungan fisiknya. Sedangkan, Ekologi adalah studi yang digunakan untuk mempelajari ekosistem dan juga skala yang berada di bawah level ekosistem, termasuk individu, populasi serta masyarakat.

Sekian lah informasi singkat yang Rumus.co.id sampaikan dalam ulasan kali ini, semoga membantu yaaa. Terimakasih

Related posts: