Drop Down List Excel – Cara Membuat, Edit dan Hapus (+Gambar)

Posted on

Drop Down List Excel – Pembahasan materi kali ini adalah cara membuat, mengedit dan menghapus pilihan input data pada bentuk dropdown list atau combo box di lembar kerja excel dengan sangat mudah menggunakan fitur data validation.

Fitur Data validation excel berfungsi untuk membatasi isi pada sebuah sel didalam lembar kerja atau worksheet excel. Sehingga kalian akan terhindar dari kesalahan input atau entry data ketika akan memasukkan nilai pada sebuah sel excel.

Selain berfungsi untuk membatasi isi sel sebuah nilai atau rentang nilai tertentu, kalian juga dapat membatasi isi sebuah sel dengan sejumlah nilai angka seperti tanggal, waktu dan juga nilai teks yang akan kalian tentukan.

Kemudian itu berguna untuk mempermudah input datanya, nilai-nilai tersebut bisa kalian tampilkan pada bentuk pilihan dropdown list sehingga akan jauh lebih mudah melakukan entry data.

Sebelum masuk kedalam materi yang akan dibahas, pembahasan dibawah ini akan menjelaskan cara membuat, mengedit dan menghapus Drop Down List pada Excel dengan Data Validation. Silahkan kalian simak materi dibawah ini secara lengkap gengs!

Drop Down List Excel
Drop Down List Excel

Cara Membuat DropDown List Excel

Berikut langkah-langkah cara membuat menu dropdown list dengan sangat mudah dibawah ini:

  1. Pada worksheet baru, buatlah sebuah list atau daftar yang akan kalian tampilkan menu drop down list. Daftar atau list yang kalian buat harus berada pada satu row atau satu kolom tanpa ada cell kosong. Sebagai contoh, disini akan menampilkan list atau daftar untuk data atau kategori kumpulan rumus-rumus pendidikan: Rumus Fisika, Rumus Matematika, Rumus Kimia, Rumus Statistik, Rumus Biologi, dan Rumus Bahasa Inggris.

    Cara membuat Dropdown List Exel
    Cara membuat Dropdown List Exel
  2. Kemudian kalian blok daftar entri yang akan dibuat, lalu klik kanan, dan pilih Define Name.

    klik kanan dan pilih define name
    klik kanan dan pilih define name
  3. Pada bagian Name beri nama untuk list tersebut kemudian klik OK, secara default berisikan dengan item list paling atas. Pada contoh di atas, disini akan diganti Name “Kumpulan_Rumus.co.id” dengan “Materi_Rumus.co.id”. Pastikan bahwa nama yang kalian isikan pada Name box tidak mengandung spasi. Sebagai ganti spasinya yaitu kalian harus menggunakan underscore “_”.

    ubah name dan klik ok
    ubah name dan klik ok
  4. Berikutnya klik atau aktifkan cell dimana kalian akan menaruh drop down list.
  5. Lalu klik Data > Data Validation. Setelah itu akan muncul jendela baru Data Validation.

    klik data vallidation
    klik data vallidation
  6. Pada menu settings tab bagian Allow, lalu ubah Any value dengan memilih bagian List. Jika kalian ingin membuat drop down lain seperti Date, Time, dan drop down lainnya, kalian hanya perlu mengganti pilihan pada bagian Allow box saja.

    pilih bagian list
    pilih bagian list
  7. Pada bagian Source, ketikan tanda atau symbol (=) dan diikuti dengan nama list yang kalian buat pada langkah ke-3. Sebagai contoh, =Materi_Rumus.co.id

    ketikan pada bagian source
    ketikan pada bagian source
  8. Ceklis pada bagian Ignore_blank dan In-cell dropdown pada bagian tersebut.
  9. Selanjutnya klik tab Input Message. Jika kalian ingin menampilkan pesan pop up, ceklis pada “Show input message when cell is selected”, lalu isikan “Title dan Input Message” kemudian klik OK. Namun jika tidak ingin menampilkan pesan pop up hilangkan saja ceklisnya.

    klik bagian input message
    klik bagian input message
  10. Lalu klik bagian Error Alert. Jika kalian ingin menampilkan alert ketika memasukkan data yang invalid, ceklis pada “Show error alert after invalid data is entered”. Namun jika tidak hilangkan saja ceklis tersebut.

    klik bagian error alert
    klik bagian error alert
  11. Plih Ok dan Selesai! Jika langkah kalian sudah benar, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

    klik ok dan selesai!

Cara Lainnya

Atau jika kalian ingin menggunakan cara lainnya yaitu, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini!

  1. Langkah pertama buat nama atau list pada workseet, contohnya disini “Materi Rumus.co.id” dan pada bagian samping akan kita gunakan untuk membuat DropDown List. Lihat gambar dibawah ini!

    cara dropdown list
    cara dropdown list
  2. Kemudian klik atau blok bagian yang akan kalian buat dropdown list, lalu pilih Data > Data Validation seperti cara diatas.

    klik bagian data vallidation
    klik bagian data vallidation
  3. Pada menu Settings, di bagian Allow pilih list. Kemudian pada bagian Source, kalian isikan nama dropdown list sesuai dengan keinginan. Contohnya seperti ini “Rumus_Fisika;Rumus_Kimia;Rumus_Statistik” jangan ada spasi dan gunakan undeskor (_) sebagai gantinya.

    tuliskan pada bagian source
  4. Kemudian pada bagian “Input Message” dan “Error Alert” hilangkan saja ceklisnya, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Lalu klik OK
  5. Jika kalian sudah mengikuti langkah dengan benar, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini!

    hasil dropdown list
    hasil dropdown list

Cara Menghapus Dropdown List

  1. Langkah pertama klik pada bagian dropdown list yang akan kalian hapus.

    klik bagian dropdown list
    klik bagian dropdown list
  2. Lalu klik pada bagian Data > Data Validation.
  3. Ceklis pada kotak “Apply these changes to all other cells with the same settings”, jika akan menghapus semua dropdown list yang isinya sama pada lembar kerja Excel kalian.

    klik ceklis
    klik ceklis
  4. Kemudian klik tombol “Clear All” untuk menghapus.

    klik clear all
    klik clear all
  5. Selanjutnya klik OK dan Selesai!

Cara Edit Dropdown List

Jika kalian ingin mengedit dropdown list, seperti akan menambah atau mengurangi pilihan pada dropdown list. Silahkan ikuti caranya dibawah ini!

  1. Klik pada bagian dropdown list kalian.

    klik pada bagian dropdown list
    klik pada bagian dropdown list
  2. Lalu klik pada bagian Data > Data Validation.
  3. Pada bagian Settings akan menampilkan sebuah dropdown list yang telah kalian buat. Buatlah perubahan yang kalian inginkan. Jika sudah ceklis pada bagian kotak “Apply these changes to all other cells with the same settings”, untuk menyimpan perubahan kalian.

    lihat gambar diatas!
    lihat gambar diatas!
  4. Klik OK dan lihat hasilnya dibawah ini gaes!

    edit dropdown list
    edit dropdown list
  5. Selesai!

Demikian penjelasan mengenai cara membuat, mengedit dan menghapus Drop Down List Excel dengan data validation, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :